PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPS MATERI FLORA DAN FAUNA

Yati Rohyati

Abstract


Abstract: Metode pembelajaran IPS yang disajikan guru merupakan suatu sistem pembelajaran
yang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok aktif mencari,
menggali, dan menemukan konsep dari isi materi pelajaran IPS. Selain itu, dalam proses
pembelajaran harus bisa memberikan pengalaman belajar yang mendalam seperti memberikan
kesempatan peserta didik untuk melakukan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, sehingga peserta
didik dapat menemukan sendiri berbagai konsep dari pelajaran IPS yang dapat berimplikasi pada
peningkatan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1)
Bagaimanakah peranan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS di kelas VII-A SMP
Negeri 3 Kuningan? 2) Apakah melalui metode mind mapping dapat meningkatkan partisipasi dan
pemahaman materi pembelajaran IPS di kelas VII-A SMP Negeri 3 Kuningan?. Jenis penelitian ini
termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan penelitian yang berupa tindakan
untuk mengadakan perbaikan dari situasi atau kondisi. Penelitian ini mencoba untuk meningkatkan
proses pembelajaran yang menarik karena peserta didik memperoleh pengalaman langsung,
sehingga menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kesan-kesan
tentang hal-hal yang dipelajarinya. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi, peneliti bekerjasama
dengan guru selaku kolabolator agar kegiatan observasi lebih mudah, teliti, dan objektif. Dalam
penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru. Desain Penelitian yang dikembangkan di sini
mengacu pada penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) atau classroom action resaerch, setiap putaran siklus dari penelitian tindakan meliputi
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melalui
metode mind mapping dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik sehingga suasana
belajar lebih menyenangkan. Peserta didik lebih aktif dan tidak cepat bosan dalam mengikuti
proses pembelajaran. Hal itu terlihat pada saat proses pembelajaran aktivitas peserta didik
meningkat. Aktivitas peserta didik pada siklus kedua semakin meningkat dan proses pembelajaran
terlaksana semakin baik. 2) Pembelajaran dengan metode mind mapping dapat meningkatkan
penguasaan materi IPS di SMP Negeri 3 Kuningan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan
meningkatnya partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Data membuktikan bahwa terjadi
peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar peserta didik di setiap akhir siklus. Prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS sebagai berikut. nilai rata-rata sebelum tindakan 69,14
setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata siklus I menjadi 78,34 dan pada siklus II nilai rata-rata
menjadi 81,74. Adapun jumlah siswa yang mencapai batas tuntas minimal (>=75) sebelum
tindakan 71,43%), yang tuntas pada siklus I sebesar 85,71%) kemudian yang tuntas pada siklus II
sebesar 100%.
Kata-kata kunci : metode mind mapping, flora dan fauna

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Etin Solihatin. 2009. Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching

and Learning (terjemahan). Bandung: MLC.

Herdian. 2009. Model pembelajaran Mind mapping. Makalah.

Numan Somantri, M. 2001. Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widodo, Rachmad. 2009. Model Pembelajaran Mind Mapping. Makalah.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan

Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Http://escaeva.com, 2011. Mind Mapping.Makalah.

Http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29/model-pembelajaran-mind-mapping/




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287