UPAYA PENGUATAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KINERJA SEKOLAH DI WILAYAH GUGUS I DAN II KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

Sri Khotami

Abstract


Tugas pengawas madya menurut Permendikbud nomor 15 Tahun 2018 tentang
Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah antara lain
melaksanakan penilaian kinerja Guru dan/atau Kepala Sekolah, melaksanakan evaluasi
hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan, melaksanakan
pembimbingan dan pelatihan profesional bagi Guru dan Kepala Sekolah.
Berdasarkan hasil evaluasi yang pengawas lakukan terhadap 12 sekolah binaan,
hasilnya adalah masih rendahnya kinerja kepala sekolah dalam menjalankan fungsi
manajerial. Untuk itu pentingnya pengawas mengadakan workshop manajemen berbasis
sekolah sebagai upaya Penguatan Kompetensi Manajerial terhadap pelaksanaan
supervisi dan kinerja sekolah di Wilayah Gugus Binaan I dan II Kecamatan Gayungan
Surabaya.
Penelitian dilakukan di 12 Sekolah Dasar di wilayah gugus binaan I dan II
Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Dengan mengadakan workshop yang diikuti
secara bersama dari unsur Kepala Sekolah, Guru, Staf Administrasi (Laboran), Komite
Sekolah dan Pengawas sebagai nara sumber.
Prosedur penelitian dilakukan melalui dua Siklus dari tiap siklus terdapat tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sehingga bisa dihasilkan suatu bentuk
data sebagai bukti hasil pelaksanaan workshop untuk penelitian tindakan sekolah ini.
Secara keseluruhan penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa daya
serap terhadap materi MBS pada siklus I dari 15 % menjadi 75,75% pada siklus II,
sedangkan tingkat daya serap terhadap peranan masing-masing dalam MBS pada siklus 1
dari 27.28% menjadi 69.70% pada siklus II.
Kata Kunci : kompetensi manajerial, supervisi, kinerja sekolah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Mulyasa, 2014. Manajemen Berbasis

Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Bandung

Nana Sudjana, Http:come to csr 23.

Identifikasi Kepengawasan

Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah.Refika

Adirama.Bandung

Panduan penyusunan rencana kerja

sekolah dasar (SD), Rencana kerja

Madrasah Ibtidiah (MI).

Decentralized Basic Education 1,

Management and Governance

Edisi Juli 2008. Puskur Balitbang,

Azhar, lalu Muhammad.

Proses Belajar Mengajar

Pendidikan. Jakarta Usaha Nasion

Penyusunan Rencana Kerja SD/MI

kerjasama menteri koordinator

bidang kesejahteraan rakyat RI,

DBEI Jawa Timur Depdiknas,

Departemen Agama, USAID dari

Rakyat Amerika, DBE

Management and Governance.

Perumusan RKS DBEI jawa

Timur, Maret 2008.

Permendikbud No 15 Tahun 2018 tentang

Pemenuhan Beban Kerja Guru,

Kepala Sekolah, dan Pengawas

Sekolah antara lain melaksanakan

penilaian kinerja Guru dan/atau

Kepala Sekolah, melaksanakan

evaluasi hasil pelaksanaan

program pengawasan pada sekolah

binaan, melaksanakan

pembimbingan dan pelatihan

profesional bagi Guru dan Kepala

Sekolah

Sri Khotami dan Purmiasih, 2008. Hasil

penilaian kinerja kepala sekolah di

Kec. Gubeng, Tambaksari,

Wonokromo, Rungkut, dan

Wonocolo Surabaya berdasarkan

peraturan Walikota Surabaya No.

Tahun 2007. Surabaya, Dinas

Pendidikan Kota Surabaya

Supari Muslim, 2007. Implementasi MBS.

Makalah yang disajikan dalam

penyusunan karya ilmiah bagi

guru-guru di Tuban, 14 Juli 2006.

Tita Lestari dan Aris Budiyono, 2008.

Merencanakan dan Melaksanakan

Penelitian Tindakan Sekolah.

Direktorat Jenderal Peningkatan

Mutu Pendidik dan Tenaga

Kependidikan, Direktorat Tenaga

Kependidikan Departemen

Pendidikan Nasional .




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i1.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287