FAKTOR PENETAPAN STRATEGI PENENTU RUTE BARU PADA PERUM DAMRI DI PALANGKA RAYA

Sri Winarsih, Abdul Djalil, Rinto Alexandro, Fendy Hariatam

Abstract


Abstract

The approach and type of research used in this research is a qualitative approach. The presence of the researcher is used as a benchmark to understand the case being studied. The research location is in Perum Damri Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut km. 7.5 Province of Central Kalimantan. The source of data in this study is about the determining factors for determining the route. The data collection procedure used is observation, interview and documentation. Data analysis used is data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data by using triangulation. In carrying out something that has been planned there must be factors that influence these activities. Determination has several objectives so that a company can carry out its activities properly. Based on the research results, it can be concluded that there are 4 factors determining the strategy for determining the new route, namely: There are 4 (four) determining the strategy for determining the new route in the Marketing Mix, namely: a. Product (Product), b. Promotion (Promotion), c. Price and d. Place and 4 factors for determining the new route 1. There are requests and recommendations from the community and local government. 2. Analysis of population density and potential public interest from cities of origin and destination that will use mass public transportation (buses) 3. Analysis of the type of service (ac or non-ac), characteristics of the community of prospective service users, as well as analyzing competitors 4. Considering proper road conditions or not to be traversed by mass transportation (bus) by prioritizing the safety aspect of the journey on the route to be traversed.

Keywords: Strategy Determination Factors, Route Determinants,perum damri


Abstrak

Pendekatan dan jenis penelitian yang di gunakan dalam penelititan ini yaitu pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti yang digunakan sebagai tolak ukur untuk memahami kasus yang di teliti. Lokasi penelitian yaitu di Perum Damri Palangka Raya jalan tjilik riwut km. 7.5 Provinsi Kalimantan Tengah. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tentang faktor-faktor penentu penetapan rute. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawacara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan tringulasi.  Dalam menjalankan sesuatu yang telah di rencanakan pasti ada faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut. Penetapan memiliki beberapa tujuan agar suatu perusahaan dapat menjalankan kegiatannya dengan baik.  Berdasarkan pada hasil penelitian, maka dapat di simpulkan bahwa ada 4 faktor penetapan strategi penentuan rute baru yaitu : Ada 4 (empat) Penetapan strategi Penentuan Rute baru dalam Marketing Mix yaitu : a. Produk (Product), b. Promosi (Promotion), c. Harga (Price) dan d. tempat (Place) da nada 4 faktor – faktor penetapan rute baru 1. Adanya permintaan serta rekomendasi dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat. 2. Analisa kepadatan penduduk dan potensi animo masyarakat dari kota asal dan tujuan yang akan  mengunakan angkutan umum massal (bus) 3. Analisa jenis pelayanan (ac atau non ac), karakteristik masyarakat calon penguna jasa, serta menganalisa kompetitor 4. Mempertimbangakan kondisi jalan layak atau tidak untuk dilalui angkutan massal (bus) dengan mengutamakan aspek keselamatan perjalanan di dalam rute yang akan dilalui.

Kata Kunci: Faktor Penetapan Strategi, Penentu Rute, perum damri


Keywords


Strategy Determination Factors; Route Determinants; perum damri; Faktor Penetapan Strategi; Penentu Rute;

Full Text:

PDF

References


Esterberg dalam Sugiyono (2013). Teknik Wawancara. Bandung

Esterberg dalam Sugiyono (2013).Teknik Analisis Data. Bandung

David. (2004). Keunggulan biaya pada pembuatan produk.

Iskandar., Aprillianita, P.Y., Sani, M., Irawan, R., Hamidah, S.(2018). Kinerja Pemasaran Pada Ukm Mebel Di Kabupaten Kuningan. EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 15(1), 46-74. https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1070

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Indeks Media Group.

Media Group Purwanto, I. (2008). Manajemen Strategi. CV Ryama Widya: Bandung

Megasyara, I., Astuti, S.Y., Praja T.S. (2021). Analisis Dampak Perubahan Perilaku Sosial Ekonomi Masyarakat Akibat Covid 19 Di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 18(2), 139-148. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4150

Miles dan Hubermen (Sugiyono, 2015:246): Analisis Data

Porter dalam Rangkuti. (2008). Pengertian Strategi. Bandung

Tjiptono, Fandy (2004). Prinsip-Prinsip Total Quality Servive.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy (1996). Manajemen Jasa.Andi Offset.Yogyakarta

Tjiptono, Fandy (2008).Pengertian Strategi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta

Schendel dan Charles Hofer, Higgins. (1985).Tingkat - tingkat strategi

Sulistyorini, R., Tamin, O.Z. (2008). Kinerja Angkutan Umum Bis Damri Di Bandar Lampung. Jurnal Transfortasi. 8(1), 77-88. https://doi.org/10.26593/jtrans.v8i1.1835.%25p

Sugiyono. (2010). Pengujian Kredibilitas

Sugiyono (20121). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D ), Bandung, CV. Alfabeta

Syaodih N. (2006). Teknik Observasi




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287