IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP AL-ISLAH SURABAYA SELAMA COVID-19

Fakky Fahrisal Nur, Mochammad Ilyas Junjunan, Mohammad Dliyaul Muflihin, Muh. Syaukin Muttaqin

Abstract


Abstract

In 2020 the Indonesian ministry of education and culture decided to implement online learning activities in Indonesia, initially offline learning activities were changed to online learning activities due to avoid the spread of the COVID-19 pandemic. The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of e-learning on students' learning motivation in schools in learning activities. This type of research uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 8th-grade students at SMP Al-Islah Surabaya. A total of 55 students participated as research respondents. The results showed that the implementation of e-learning had a positive effect on students' learning motivation at Al-Islah Junior High School Surabaya. This shows evidence that the existence of learning that innovates because of the pressure of the situation still gives hope to educational institutions to continue to improve the quality and service of education to the community under any conditions. The limitation of this study is that it has a sample that is not large enough, so the results of the study cannot be fully generalized. And the opportunity for further research is to increase the research sample and develop research variables that become factors of student learning motivation such as the availability of information technology and teacher creativity innovation.

 

Keywords: e-learning; COVID-19; learning motivation

 

 

Abstrak

Pada tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memutuskan untuk memberlakukan kegiatan belajar mengajar secara daring di Indonesia, pada awalnya kegiatan belajar mengajar bersifat luring diubah menjadi secara daring dikarenakan untuk menghindari penyebaran pandemic COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran secara e-learning terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa kelas 8 di SMP Al-Islah Surabaya. Sebanyak 55 siswa berpartisipasi menjadi responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran e-learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islah Surabaya. Hal ini menunjukkan bukti bahwa keberadaan pembelajaran yang berinovasi karena desakan keadaan masih memberikan harapan kepada lembaga pendidikan untuk tetap meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dalam kondisi apapun. Keterbatasan penelitian ini adalah memiliki sampel yang tidak cukup besar, sehingga hasil penelitian belum bisa sepenuhnya di generalisasi. Dan peluang bagi penelitian selanjutnya adalah memperbanyak sampel penelitian dan mengembangkan variabel penelitian yang menjadi faktor motivasi belajar siswa seperti ketersediaan teknologi informasi dan inovasi kreativitas guru.

 Kata kunci: e-learning; COVID-19; motivasi belajar


Keywords


E-learning; COVID-19; Motivasi Belajar; e-learning; COVID-19; learning motivation

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/RDJE.V1I1.7659

Alfinanda Rizqi, A., Yumansayah, & Mayasari, S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 06(No. 2), 14.

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225.

Anfas. (2020). Pengaruh Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan, 21(1), 18–27.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 880–989. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I3.476

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.445

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.669

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.89

Firdaus, A. aulia. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Kebijakan Pendidikan di Indonesia: Antara Idealisme dan Realitas. UAD Press.

Fuad, Moch., & Ghufron, A. (2014). Pengembangan E-Learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran di Jurusan Tkj SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 28–39.

Hardianti, N., & Marpaung, M. P. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Speaking Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 22(1), 46–57.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462.

Ningsih, D. M. R. (2020). Pengaruh Metode Kuliah Online terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, 21(2), 104–110. https://doi.org/10.33830/JP.V21I2.840.2020

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioner Karanganyar. J+PLUS UNESA, 6(2), 1–12.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502.

Safitri, N., Murbojono, R., & Syamsuruzal. (2015). Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan materi menganalisis peluang usaha kelas xi smk. Tekno-Pedagogi, 5(1), 64–81.

Santosa, P. (2015). Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Azzagrafika.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematikaal, 3(2), 40–54.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.5530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287