ANALISIS KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MODERASI GAYA BELAJAR SISWA

Novi Satria Pradja, Nina Tresnawati

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to describe teacher competence, student motivation, student learning styles and student learning outcomes, the effect of teacher competence on student learning outcomes, the effect of student learning motivation on student learning outcomes, the influence of student learning styles on student learning outcomes, moderation student learning styles on the influence of teacher competence on student learning outcomes, moderation of student learning styles on the effect of student motivation on student learning outcomes. This research was conducted because the average odd semester final exam scores for economics subjects can be said to be still low, also considering the importance of student learning outcomes obtained because they are closely related to learning achievement, therefore teachers feel the need to master teacher competence, know student learning styles and arousing student motivation. The research method used is survey method. The research was conducted on students of SMP Negeri 4 Kuningan Regency using a questionnaire instrument. Data analysis will use multiple regression with the help of SPSS 24. The findings of this study: 1) the description of learning outcomes, teacher competence, learning motivation and learning styles are in the high category. 2) teacher competence has a significant effect on student learning outcomes. 3) learning motivation has a significant effect on student learning outcomes. 4) learning styles have a significant effect on student learning outcomes. 5) learning style significantly moderates the influence of teacher competence on student learning outcomes. 6) learning style moderates the influence of learning motivation on student learning outcomes significantly.

Keywords: Teacher competence; learning motivation; learning styles;learning outcomes.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi guru, motivasi belajar siswa, gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa, pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, moderasi gaya belajar siswa pada pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, moderasi gaya belajar siswa pada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan karena melihat rata-rata nilai ujian akhir semester ganjil untuk mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan masih rendah, juga mengingat pentingnya hasil belajar siswayang didapatkan karena erat kaitannyya dengan prestasi belajar, karena itu guru dirasa perlu menguasai kompetensi guru, mengetahui gaya belajar siswa dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri 4 Kabupaten Kuningan dengan menggunakan instrumen angket. Analisis data akan menggunakan regresi multifle dengan bantuan SPSS 24. Temuan penelitian ini:1) gambaran hasil belajar, kompetensi guru, motivasi belajar dan gaya belajar berada pada kategori tinggi. 2) kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.3) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. 4) gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. 5) gaya belajar memoderasi pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa secara signifikan. 6) gaya belajar memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.

 Kata kunci: Kompetensi guru; motivasi belajar; gaya belajar; hasil belajar.


Keywords


Kompetensi guru; motivasi belajar; gaya belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Asmara, Anita. (2015). “Pengaruh Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar, PersepsiSiswa tentang Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum Organisasi.

De Porter, Bobbi. dan Mike Hernacki.(2003). Quantum learning, membiasakan belajar nyaman dan menyenangan. Bandung: Kaifa.

Febrianti, Rahma. (2016). “Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: GaungPersada.

Janie, D.N.A. (2012). Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press (http://ilib.usm.ac.id/sipp/doc/buku/gdl-usm--dyahnirmal-160-1-statisti-n.pdf), pada tanggal 5 April 2017.

Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru : Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Kerlinger, Fred N. (2004). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah university Press

Kurnialita, Diana. (2013). “Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Liatiana, Nani. (2013). “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardapi, Dj. (2008). Teknik Penyusunan Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Misbahuddin & Hasan, Iqbal. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurtilawati, dkk. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 8 Pontianak. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Purwanto, M.N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ragil P, Restu. (2013). “Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Lingkungan Keluargaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor Yang memengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Somantri, Hendi. (2011). Akuntansi SMK Seri A. Bandung: CV Armico.

Sudjana, Nana.(1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi, Jakarta:Rineka Cipta.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijanto. (2012). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Bandung: Grafindo.

Uno, H.B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI No. 14 tahun 2005 : Guru dan Dosen. Diambil dari : (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UUNo142005(Guru%20&%20Dosen).pdf), pada tanggal 26 Maret 2019.

UU RI No. 19 Tahun 2005 : Standar Nasional Pendidikan. Diambil dari : (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP19-2005SNP.pdf), pada tanggal 29 Maret 2019.

UU KEPMENDIKNAS No 45 Tahun 2002: Kurikulum inti Pendidikan. Diambil dari:(http://www.fti.itb.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Kepmendiknas-045-Tahun-2002-tentang-Kurikulum-Inti-PT.pdf.), pada tanggal 21 Mei 2019.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusri. (2013). Statistika Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287