PERBANDINGAN SK DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2006 DENGAN KI DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, CAKUPAN ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN

Aan Sugiantomas, Asep Jejen Jaelani, Ade Hidayat

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah perbandingan hasil analisis isi SK dan KD dengan KI dan KD. Rumusan Masalah:1)bagaimanakah Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX?; 2) bagaimanakah Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX?; 3) bagaimanakah perbandingan Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX?; 4) bagaimanakah cakupan ilmu keterampilan berbahasa dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX?; 5) bagaimanakah perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa?; 6) bagaimanakah cakupan ilmu kebahasaan dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX?; 7) bagaimanakah perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan?; 8) bagaimanakah cakupan ilmu kesastraan dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX?; 9) bagaimanakah perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu kesastraan?Tujuan Penelitian: 1) ingin mengetahui Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX; 2) ingin mengetahui Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX;3) ingin mengetahui perbandingan Taksonomi Tujuan Pembelajaran dalam SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX;4) ingin mengetahui cakupan ilmu keterampilan berbahasa dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX;5) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa;6) ingin mengetahui cakupan ilmu kebahasaan dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX;7) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan;8) ingin mengetahui cakupan ilmu kesastraan dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaSMP Kelas IX; 9) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas IX dilihat dari cakupan ilmu kesastraan.Metode: deskriptif kualitatif. Simpulan: 1) taksonomi tujuan pembelajaran dalam
SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX adalah siswa lebih ditekankan dalam ranah kognitif memahami, selanjutnyapsikomotor organisisi, dan afektif menghayati nilai; 2) taksonomi tujuan pembelajaran dalam KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas IX adalah siswa lebih ditekankan dalam ranah kognitif memahami, selanjutnyaafektif menghayati nilai, dan psikomotor persepsi; 3) perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD kurikulum 2006 dengan KI dan KD kurikulum 2013 adalah SK dan KD kurikulum 2006 urutannya kognitif memahami, psikomotor organisisi, afektif menghayati nilai, KI dan KD kurikulum 2013 urutannya kognitif memahami, afektif menghayati nilai, psikomotor persepsi;4) cakupan ilmu keterampilan berbahasa dalam KI dan KD kurikulum 2013 yang paling banyak dipelajari adalah menulis, selanjutnya berbicara, menyimak, membaca;5) perbandingan SK dan KD kurikulum 2006 dengan KI dan KD kurikulum 2013 dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa adalah SK dan KD kurikulum 2006 berbicara, menulis, membaca, menyimak, sedangkan KI dan KD kurikulum 2013 menulis, berbicara, menyimak, membaca;6) cakupan ilmu kebahasaan dalam KI dan KD kurikulum 2013 yang paling banyak dipelajari adalah semantik, selanjutnya sintaksis, fonologi, morfologi;7) perbandingan SK dan KD kurikulum 2006 dengan KI dan KD kurikulum 2013 dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan adalah SK dan KD kurikulum 2006 urutannya sintaksis, fonologi, semantik, morfologi, sedangkan KI dan KD kurikulum 2013 urutannya semantik, sintaksis, fonologi, morfologi;8) cakupan ilmu kesastraan dalam KI dan KD kurikulum 2013 yang paling banyak dipelajari adalah prosa fiksi dan drama, selanjutnya puisi; 9) perbandingan SK dan KD kurikulum 2006 dengan KI dan KD kurikulum 2013 dilihat dari cakupan ilmu kesastraan adalah SK dan KD kurikulum 2006 urutannya prosa fiksi, drama, puisi, sedangkan KI dan KD kurikulum 2013 urutannya prosa fiksi dan drama, selanjutnya puisi.
Kata kunci: perbandingan, kurikulum 2006, kurikulum 2013.


References


Aftarudin, Pesu. (1990). Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.

Ahyadi, Didi. (2006). Linguistik Umum. Kuningan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Alwi, Hasan dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zaenal dan Tasai, Amran. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: AKADEMIKA PRESINDO.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, Ismet dan Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chaer, Abdul. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2009). Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). KBBI PUSAT BAHASA Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2006). Undang-Undang dan Praturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Guza, Afnil. (2008). Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Asa Mandiri.

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan, Hamid. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Heryadi, Dedi. (2013). Mengenal Kurikulum 2013: Modul Seminar Kurikulum 2013. Kuningan: UNIKU.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdararya.

Imron, Ali. (1996). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir, Sardjan. (1985). Pendidikan Seumur Hidup. Surabaya: Usaha Nasional.

Kadir, Sardjan dan Ma’sum, Umar. (1982). Pendidikan di Negara Sedang Berkembang. Surabaya: Usaha Nasional.

Kridalaksana, Harimurti. (1992). Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Lathief, Supaat I. (2008). Sastra ‘Eksistensialisme-Mistisisme Religius’. Lamongan: Pustaka Ilalang.

Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 ‘Kajian Teoretis dan Praktis’. Bandung: Interes.

Mudyahardjo, Redja, dkk. (1985). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mudyahardjo, Redja. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2013). Penembangan dan Implementasi Kurikulum 2013: Perubahan dan pengembangan Kurikulum 2013 merupakan persoalan penting dan genting. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Baasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutiadi, Ahmad Dedi. (2011). Menyimak & Pengajarannya. Kuningan: Universitas Kuningan.

Nazhary. (1985). Pengorganisasian, Pembinaan, dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dermaga.

Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Pendidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradipto, Dedy. (2007). Belajar Sejati vs Kurikulum Nasional. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdiknas RI. (2012). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Surabaya: Palito Media.

Ramlan. (2009). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskrptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Ramlan. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Rampan, Korrie Layun. (2000). Leksikon Susastra Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rozak Zaidan, Abdul. dkk. (2007). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadikin, Mustofa. (2010). Kumpulan Sastra Indonesia ’Pantun, Puisi Majas, Peribahasa, Kata Mutiara’. Jakarta: Buku Kita.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. (2009). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sidu, La Ode. (2013). Sintaksis Bahasa Indonesia. Kendari: Unhalu Pres.

Soedarso. (2006). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Akhmad. (2011). Kurikulum & Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sugiantomas, Aan. (2011). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Universitas Kuninngan.

Sugiantomas, Aan. (2012). Kajian Prosa Fiksi dan Drama: materi perkuliahan. Kuningan: Universitas Kuningan.

Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, NanaSyaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparlan. (2011). Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsudin dan Damaianti, Vismaia S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Gntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur.(2009). Pengajaran Morfologi. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. (1984). Satera dan Ilmu Sastera. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Tirtahardja, Umar dan Sulo, La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ullmann, Stephen. (2012). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Waluyo, Herman J. (2001). Drama ‘Teori dan Pengajarannya’. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

WS,Hassanudin. (2009). Drama ‘Karya Dua Dimensi’. Bandung: Angkasa.

Yandianto. (2004). Apresiasi Karya Sastra dan Pujangga Indonesia. Bandung: M2S Bandung.

Risniawati, Ratna. (2012). Analisis SK dan KD Pada Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Berdasarkan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, dan Ilmu Kesastraan(Skripsi).Kuningan: PBSI FKIP Uniku.

Ariasdi – LPMP Sumbar. “Bahan Uji Publik Kurikulum 2013”. Tersedia: http://kurikulum2013.kemendikbud.go.id/ (29 Nopember 2012).

Gunawan, Imam dan Palupi, A R. “Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian” dalam Taksonomi Bloom (online), 25 halaman. Tersedia:http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/id/mode405.html(13 Januari 2015).

Hutagalung, Trisnawati, dkk. “Analisis Kebutuhan Kurikulum Multikultural Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Kota Surakarta”.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

ISSN: 1693-623X Vol 1, No 1, 2013 (hal 69-83)

http://jurnal.pasca.uns.ac.id

Utari, Ratni. “Taksonomi Bloom Bagaimana Cara Menggunakannya” dalam Taksonomi Bloom (online), 13 halaman. Tersedia: http://bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachment.html (13 Januari 2015).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1016



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]