PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXAMPLE NONEXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ajat Sudrajat, LInda Dwi Oktaviyani

Abstract


Judul penelitian ini adalah Perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexamplepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode problem based learning ?, 2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode example nonexample ?, 3) Adakah perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexample pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015?. Metode: quasi eksperiment atau eksperimen semu. Simpulan: 1)Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode problem based learningtermasuk kategori baik, hal ini dibuktikan dengan memperoleh nilai rata-rata 79,47 dengan jarak interval 71 – 85. Jadi hipotesis diterima. 2) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode example nonexampletermasuk kategori cukup, hal ini dibuktikan dengan memperoleh nilai rata-rata 65,87 dengan jarak interval 41 – 70. Jadi hipotesis diterima. 3) Terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexamplepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (5,686) > t daf (1,67), maka Hi diterima.
Kata kunci : perbedaan, kemampuan menulis karangan narasi, penerapan metode PBL dan example nonexample, dan siswa kelas VII


References


Abbas, Muhamad. (2000). Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadidan Prasetya. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia.

Arifin. (2002). Kajian Analisis Paragraf. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Damayanti, Nina. (2007). Analisis Pragmatik Wacana. Bandung : Pustaka Setia.

Dzamarah dan Zain. 2000. Strategi Pembelajaran di Kelas. Bandung. Permadi.

Hasanah. (2007). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi. Semarang.

Hasani. (2005). Panduan Menulis Untuk Pemula. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Heryadi, Dedi. (2009). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Ibrahim dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Kerap, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Mulyasa. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Nurgana, Endi. (1985). Statistika untuk Penelitian. Bandung. CV Permadi.

Nurhasanah. (2007). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung : Pustaka Setia.

Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Semi. (2003). Paragraf (Alur pikiran dan kepaduannya dalam bahasa Indonesia). Yogyakarta : Andi Offset.

Sugiono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung : Alfhabeta.

Surakhman, Winarno. (2008). Statistik untuk Penelitian. Surabaya : Kartika.

Suryanto. (2007). Karangan dalam Bahasa Indonesia. Surabaya : Indah.

Tarigan. Djago. (2008). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Umaedi. (2002). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1022



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]