PERBEDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG TAHUN AJARAN 2014/2015 DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DAN MEDI TEKS NARASI
Abstrak
Masalah Penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 dalam Ciawigebang pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media teks narasi? 3)Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri dan media teks narasi? Metode: metode eksperimen sungguhan Simpulan: Berdasarkan data dan pengolahan data maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut. 1) Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri, berkategori baik. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata 66 berada pada rentang nilai 60-80. Jadi, hipotesis yang peneliti ajukan, diterima. 2) Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media teks narsi, berkategori cukup. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata 58 berada pada rentang nilai 50-60. Jadi, hipotesis yang peneliti ajukan, diterima. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri dan media teks narasi pada siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dari hasil penghitungan dengan uji t yang menghasilkan t hitung lebih besar daripada t tabel, yaitu t hitung 4,12 > t tabel 1,66. Artinya, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri lebih baik dari pada media teks narasi.
Kata kunci: Perbandingan, menulis cerpen, media gambar seri, dan media teks narasi
Referensi
Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdullah, Wara. 2014. Perbandingan, tema, setting, titik pengisahan cerita pendek karya siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciwaru Kuningan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Aksan, Hermawan. 2011. Proses Kreatif Menulis Cerpen Bandung: Nuansa Cendikia
Djamran, Syaiful Bahari. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Efendi, Irfan. 2012. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cirebon: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.
Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Bandung: Pusbill
Heryadi, Dedi. 2009. Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan Tasikmalaya: Universitas Siliwangi
Semi, Altar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis Bandung: Angkasa
Kementrian dan Kebudayaan Indonesia. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Thahar, harris Effendi. 1999. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa
Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.