NILAI PSIKIS DALAM NOVEL BAIT SURAU KARYA RAKHA WAHYU (sebagai upaya alternatif pemilihan bahan ajar Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 di SMA)
Abstract
Judul penelitian ini adalah Nilai Psikis dalam novel Bait Surau karya Rakha Wahyu (sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013). Rumusan Masalah: 1) apakah tema yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 2) bagaimana tokoh dan perwatakan yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 3) bagaimana konflik yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 4) apakah amanat yang terkandung dalam Novel, “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 5) bagaimana nilai psikis yang ada dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu?; 6) apakah Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu dapat dijadikan sebagai upaya alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA?; Tujuan: ingin mengetahui apakah tema yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, bagaimana tokoh dan perwatakan yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, bagaimana konflik yang terkandung dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, apakah amanat yang terkandung dalam Novel “Bait Surau” karya Rakha Wahyu, dan bagaimana nilai psikis yang ada dalam Novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu, serta ingin mengetahui apakah dapat dijadikan sebagai upaya alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Simpulan: nilai psikis dalam novel“Bait Surau” karya Rakha Wahyu dapat dijadikan sebagai upaya alternatif pemilihan bahan ajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA kelas XII dilihat dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta psikologi perkembangan.
Kata kunci: nilai psikis, bahan ajar, kurikulum 2013
References
Alwisol (2009) Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Dharma, dkk . Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Hadi, dkk (2009) Psikologi Kepribadian. Surabaya: Bumi Aksara
Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Hidayat, Dede (2011) Psikologi Kepribadian dan Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kementrian dan Kebudayaan. (2013). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian dan Pendidikan Kebudayaan.
Kosasih,E (2008) Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca
Majid, Abdul (2013) Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mar’at, Samsunuwiyati (2013) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.
Marliany, Rosleny (2010) Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muis, Saludin (2009) Kenali Kepribadian Anda dan permasalahannya dari sudut pandang Teori Psikoanalisa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prastowo,Andi (2013) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riyanto, Yatim (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rusyana, Yus. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung : Gunung Larang
Sugiantomas, Aan (2002) Langkah Awal Menuju Apresisi Sastra Indonesia. Kuningan: Universitas Kuningan.
Sugiantomas, Aan (2008) Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: Universitas Kuningan.
Sugiantomas, Aan (2012) Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan : Universitas Kuningan.
Syamsuddin dan Damaianti, Vismaia S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyu,Rakha (2012) Bait Surau. Jakarta: Two Synergy Publisher.
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.