PERBANDINGAN SK DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2006 DENGAN KI DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, CAKUPAN KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN

Aan Sugiantomas, Asep Jejen Jaelani, Ovia Nur Aeniroh

Sari


Judul penelitian ini adalah Perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XII Dilihat dari Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Cakupan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, dan Ilmu Kesastraan. Rumusan Masalah: 1). bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XII? 2). bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran dalam KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XII? 3). bagaimana perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII? 4). bagaimana perbandingan SK dan KD dalam standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa? 5). bagaimana perbandingan SK dan KD dalam standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan? 6). bagaimana perbandingan SK dan KD dalam standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII dilihat dari cakupan ilmu kesastraan?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII, 2) mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran pada KI dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII wajib, 3) mengetahui perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII, 4) mengetahui perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII wajib dilihat dari cakupan keterampilan berbahasa, 5) mengetahui perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII wajib dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan, 6) mengetahui perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII wajib dilihat dari cakupan ilmu kesastraan. Metode: kualilatatif. Simpulan: Taksonomi Tujuan Pembelajaran yang terdapat dalam SKKD Kurikulum 2006 dan KIKD Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XII (wajib), ternyata sama-sama mendominasi kedalam ranah Kognitif. Cakupan keterampilan berbahasa secara merata terdistribusi ke dalam SKKD standar isi kurikulum 2006, sedangkan dalam KI-KI standar isi kurikulum 2013 lebih dominan pada keterampilan Berbicara dan menulis. Cakupan ilmu kebahasaan pada SKKD standar isi kurikulum 2006 didominasi ilmu kebahasaan sintaksis dan semantik, sedangkan dalam KI-KD standar isi kurikulum 2013 dapat didistribusikan ilmu kebahasaan secara merata. Cakupan ilmu kesastraan puisi lebih dominan dalam SK-KD standar isi kurikulum 2006, sedangkan dalam KI-KD didominasi oleh prosa fiksi.
Kata Kunci: Standar Isi Kurikulum 2006, Standar Isi Kurikulum 2013,
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XII


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyadi, Didi. (2011). Linguistik Umum. Kuningan. Universitas Kuningan.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia.

Jakarta: AKAPRES.

Chaer, Abdul .(2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

__________ .(2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta:Rineka

Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

IKAPI.(2009). Undang-Undang Republik Indonesia tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia.

J.Waluyo, Herman. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. (1984). Tata Bahasa Indonesia.Jakarta: Nusa Indah.

Kosasih, Engkos dan Hermawan, Wawan. (2012). Bahasa Indonesia (Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal). Bandung: CV. Thursina.

Mulyasa, E. (2011).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja.

Muslich, Masnur. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutiadi , Ahmad Dedi. (2012). Menyimak&Pengajarannya. Kuningan:

Universitas Kuningan.

Muzamiroh, Mida Latifatul. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kata Pena.

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BEFE-Yogyakarta.

Pateda, Mansoer. (1994). Linguistik (SebuahPengantar). Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Pendidikan (Stimulus Pendidik Bercorak Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.

Ramlan. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

. (2009). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskrptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Sugiantomas, Aan. (2011). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Universitas Kuningan.

. (2012). Kajian Prosa Fiksi (Materi Perkuliahan) Kuningan: Universitas Kuningan.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2009). Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

TIM Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa

Departemen Pendidikan Nasional

Ullmann, Stephen. (2012). Pengantar Semantik. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Nuraliyah, Ely. (2012). Analisis Sk Dan Kd Pada Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Berdasarkan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, Dan Ilmu Kesastraan (Sebuah Analisis Isi SK dan KD Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis). Skripsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Wigunawa, Kemis. (2014). Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Sekabupaten Kuningan Dalam Menjabarkan SK/KD Dilihat Dari Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan Indonesia. Skripsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Kristian, Tia. (2014). Cakupan Ilmu Keterampilan Bebahasa, Ilmu Kebahasaan dan Ilmu Kesastraan dalam KI serta KD Pada Standar Isi SMA Kelas XII Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Wajib dan Peminatan. Skirpsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Gunawan, Imam dan Palupi, A.R. (2014).Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian dalam Taksosomi Bloom [online], 25 halaman.

Tersedia: http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/id/mode/405.html [13 Januari 2015]

Sudrajat, Akhmad. (2014). Permendikbud Kurikulum [online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/07-a-salinan-permendikbud-no-69-th-2013-ttg-ttg-kd-dan-struktur-kurikulum-sma-ma.pdf [10 Desember 2014]

. (2014). Permendikbud Kurikulum [online].Tersedia:http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/01-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-54-tahun-2013-ttg-skl.pdf [10 Desember 2014]

Utari, Ratno.(2014). Takosonomi Bloom Bagaimana Cara Menggunakannya dalam Taksonomi Bloom [online], 13 halaman.Tersedia: http://bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachement.html [13 Januari 2015]




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v10i1.1028

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats