PEBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DARI CERITA PENDEK “PISPPOT” KARYA HAMSAD RANGKUTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY DAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 3 KUNINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek tergolong rendah. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebegai berikut. 1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015? 2)Bagaimana hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015? 3)Adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif, dengan menggunakan teknik studi pustaka, observasi, proses belajar mengajar, dan tes. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 kuningan , dilakukan uji t. Hasil analisis diperoleh simpulan bahwa : 1) hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerit pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015, baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 73,58, dapat dikategorikan baik. 2) hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015, cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 67,94, dapat dikategorikan cukup. 3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerpen “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMANegeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perbedaan dengan uji t yang menyatakan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) hasil t tabel (2,000) < t hitung (2,45). Jadi hipotesis diterima.
Kata Kunci:perbedaan, hasil belajar, teks prosedur kompleks, two stay two stray, inkuiri
References
Arikunto, Suharsimi.(2000).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
__________________.(2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswan Zain dan saiful Bahri Djamarah.(2013).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
BSE.(2013).Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ensiklopedi Sastra Indonesia.(2009). Bandung: Titian Ilmu.
Heryadi, Dedi.(2009).Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi
_____________.(2010).Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Pustaka Billah
Huda, Miftahul.(2013).Model-model pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kosasih.(2014).Jenis-jenis Teks. Bandung : Marga Hayu Permai.
Mahsun.(2014).Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan.(2010).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rangkuti, Hamsad.(2003). Bibir Dalam Pispot. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Rusman.(2012).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina.(2008).Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Grup.
_____________.(2010).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugianto Mas, Aan.(2012).Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: FKIP Universitas Kuningan.
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus.(2009).Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zabadi, Fairul.dkk. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
http://manggamudaku.blogspot.com/2012/12/kelebihan-dan-kekurangan-model-model_7852.html (Diakses tanggal 12 Maret 2015, pukul 11.00 WIB).
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.