PEBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DARI CERITA PENDEK “PISPPOT” KARYA HAMSAD RANGKUTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY DAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 3 KUNINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ajat Sudrajat, Ade Irma

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek tergolong rendah. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebegai berikut. 1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015? 2)Bagaimana hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015? 3)Adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif, dengan menggunakan teknik studi pustaka, observasi, proses belajar mengajar, dan tes. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 kuningan , dilakukan uji t. Hasil analisis diperoleh simpulan bahwa : 1) hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerit pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015, baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 73,58, dapat dikategorikan baik. 2) hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerita pendek “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015, cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 67,94, dapat dikategorikan cukup. 3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur kompleks dari cerpen “Pispot” karya Hamsad Rangkuti dengan menggunakan metode two stay two stray dan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS SMANegeri 3 Kuningan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perbedaan dengan uji t yang menyatakan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) hasil t tabel (2,000) < t hitung (2,45). Jadi hipotesis diterima.
Kata Kunci:perbedaan, hasil belajar, teks prosedur kompleks, two stay two stray, inkuiri


References


Arikunto, Suharsimi.(2000).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

__________________.(2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswan Zain dan saiful Bahri Djamarah.(2013).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

BSE.(2013).Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ensiklopedi Sastra Indonesia.(2009). Bandung: Titian Ilmu.

Heryadi, Dedi.(2009).Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi

_____________.(2010).Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Pustaka Billah

Huda, Miftahul.(2013).Model-model pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kosasih.(2014).Jenis-jenis Teks. Bandung : Marga Hayu Permai.

Mahsun.(2014).Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan.(2010).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rangkuti, Hamsad.(2003). Bibir Dalam Pispot. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Rusman.(2012).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina.(2008).Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Grup.

_____________.(2010).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugianto Mas, Aan.(2012).Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: FKIP Universitas Kuningan.

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus.(2009).Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zabadi, Fairul.dkk. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

http://manggamudaku.blogspot.com/2012/12/kelebihan-dan-kekurangan-model-model_7852.html (Diakses tanggal 12 Maret 2015, pukul 11.00 WIB).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v10i1.1029



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]