PERBANDINGAN SK DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2006 DENGAN KI DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, CAKUPAN ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN DAN ILMU KESASTRAAN

Aan Sugiantomas, Asep Jejen Jaelani, Lucy Evelin Pujiastuti

Sari


Judul penelitian ini adalah Perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X Dilihat dari Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Cakupan Ilmu Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan dan Ilmu Kesastraan. Rumusan masalah: 1) bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X?; 2) bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran dalam KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X (wajib)?; 3) bagaimana perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X?; 4) bagaimana perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa?; 5) bagaimana perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan?; 6) bagaimana perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kesastraan? Tujuan: 1) ingin mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X; 2) ingin mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran dalam KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X (wajib); 3) ingin mengetahui perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X; 4) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa; 5) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan; 6) ingin mengetahui perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013
mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kesastraan. Metode: deskriptif kualitatif. Simpulan: taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X lebih mendominasi kedalam ranah kognitif jenjang pemahaman (C2), selanjutnya ranah psikomotor jenjang meniru (P3), dan ranah afektif jenjang penerimaan (A1); taksonomi tujuan pembelajaran dalam KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X (wajib) lebih mendominasi kedalam ranah kognitif jenjang penerapan (C3), selanjutnya ranah afektif jenjang karakterisasi nilai (A5), dan ranah psikomotor jenjang membiasakan (P4); perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X ternyata sama-sama mendominasi kedalam ranah kognitif, namun perbedaannnya terletak pada jenjang ranah kognitif tersebut, dalam SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mendominasi kedalam ranah kognitif jenjang pemahaman (C2) sedangkan dalam KI dan KD pada standar isi kurikulum 2013 mendominasi kedalam ranah kognitif jenjang penerapan (C3); perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa yang lebih mendominasi adalah ilmu keterampilan menulis, sedangkan dalam KI dan KD yang lebih mendominasi adalah ilmu keterampilan berbicara (berbicara resmi dan tidak resmi) dan menulis (menulis narasi, eksposisi, deskripsi, dan argumentasi); perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan yang lebih mendominasi adalah ilmu kebahasaan semantik (jenis makna), sedangkan dalam KI dan KD yang lebih mendominasi adalah fonologi (bunyi segmental dan suprasegmental), morfologi (kata), sintaksis (kalimat), semantik (jenis makna, relasi makna, dan majas); perbandingan SK dan KD pada standar isi kurikulum 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X dilihat dari cakupan ilmu kesastraan yang lebih mendominasi adalah ilmu kesastraan prosa fiksi, sedangkan dalam KI dan KD yang mendominasi adalah puisi, prosa fiksi, dan drama, hampir semua ilmu kesastraan sama rata dapat terrealisasi dalam KI dan KD SMA Kelas X (wajib), namun kedudukan ilmu kesastraan di sini adalah hanya untuk menunjang siswa dalam memperoleh dan menyampaikan informasi melalui teks-teks yang terdapat dalam KI dan KD SMA Kelas X, artinya teks sastra tersebut bukan teks wajib yang harus dipelajari atau dipahami oleh siswa, melainkan teks-teks wajib yang seharusnya dipelajari dan dipahami oleh siswa yakni teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Kata kunci : perbandingan, kurikulum 2006, kurikulum 2013, bahasa Indonesia SMA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: AKAPRES.

Ahyadi, Didi. (2006). Linguistik Umum. Kuningan. Universitas Kuningan.

Chaer, Abdul. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2009). Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam dan Palupi, A.R. Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan

Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian dalam Taksosomi Bloom [online], 25 halaman.

Tersedia:http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/id/mode/405.html [13 Januari 2015]

Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Heryadi. Dedi. (2013). Mengenal Kurikulum 2013: Modul Seminar Kurikulum 2013. Kuningan. Universitas Kuningan.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

IKAPI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia.

J.Waluyo, Herman. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, Engkos dan Hermawan, Wawan. (2012). Bahasa Indonesia (Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal). Bandung: CV. Thursina.

Mudyahardjo, Redja. (2011). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutiadi , Ahmad Dedi. (2011). Menyimak & Pengajarannya. Kuningan: Universitas Kuningan.

Muzamiroh, Mida Latifatul. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kata Pena.

Nuraliyah, Ely. (2012). Analisis SK dan KD pada Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Berdasarkan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, dan Ilmu Kesastraan (Sebuah Analisis Isi SK dan KD Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis). Kuningan: Universitas Kuningan (Skripsi).

Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Pateda, Mansoer. (1994). Linguistik (Sebuah Pengantar). Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Pendidikan (Stimulus Pendidik Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramlan. (1987). Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

. (1997). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskrptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

. (2005). Semantik. Yogyakarta: CV. Karyono.

Rosiana, Rina. (2014). Cakupan Ilmu Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, dan Ilmu Kesastraan dalam KI dan KD pada Standar isi SMA Kelas X Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Wajib dan Peminatan. Kuningan: Universitas Kuningan (Skripsi).

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Sudrajat, Akhmad. (2015). Permendikbud Kurikulum[online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/07-a-salinan permendikbud-no-69-th-2013-ttg-ttg-kd-dan-struktur-kurikulum-sma-ma.pdf [10 Desember 2014].

.(2015). Permendikbud Kurikulum [online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/01-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-54-tahun-2013-ttg-skl.pdf [10Desember 2014].

Sugiantomas, Aan. (2012). Kajian Prosa Fiksi (Materi Perkuliahan) Kuningan: Unviersitas Kuningan.

. (2013). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Universitas Kuninngan.

. (2012). Kajian Prosa Fiksi dan Drama (Materi perkuliahan) Kuningan: Universitas Kuningan.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara (Sebagai Suatu Keterampilan) Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2009). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2009). Pengajaran Morfologi. Bandung: Angkasa.

TIM Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Departemen Pendidikan Nasional.

Ullmann, Stephen. (2012). Pengantar Semantik. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Utari, Ratno. .Taksonomi Bloom Bagaimana Cara Menggunakannya dalam Taksonomi Bloom [online], 13 halaman. Tersedia: http://bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachement.html [13 Januari 2015].

Wellek, Rene. (1989). Teori dan Kesusastraan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wigunawan, Kemis. (2014). Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Sekabupaten Kuningan dalam Menjabarkan SK/KD Dilihat dari Ilmu Kebahasaan




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v10i1.1033

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats