PERBANDINGAN SK DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2006 DENGAN KI DAN KD PADA STANDAR ISI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, CAKUPAN KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN DAN ILMU KESASTRAAN

Aan Sugiantomas, Asep Jejen Jaelani, Ria Handayani

Abstract


Judul penelitian ini adalah Perbandingan SK dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Dilihat dari Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Cakupan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan dan Ilmu Kesastraan. Rumusan masalah : 1) bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI?; 2) bagaimana taksonomi tujuan pembelajaran pada KI dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib?; 3) bagaimana perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI?; 4) bagaimana perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI dilihat dari cakupan Keterampilan Berbahasa?; 5) bagaimana perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI dilihat dari cakupan Ilmu Kebahasaan?; 6) bagaimana perbandingan SKKD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KIKD dalam Standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI dilihat dari cakupan ilmu kesastraan?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI, 2) mengetahui taksonomi tujuan pembelajaran pada KI dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib, 3) mengetahui perbandingan taksonomi tujuan pembelajaran pada SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI, 4) mengetahui perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib dilihat dari cakupan keterampilan berbahasa, 5) mengetahui perbandingan SK dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan, 6) mengetahui perbandingan SK
dan KD dalam Standar Isi Kurikulum 2006 dengan KI dan KD pada Standar Isi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib dilihat dari cakupan ilmu kesastraan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Simpulan dalam penelitian ini yaitu taksonomi tujuan pembelajaran yang terdapat dalam SKKD Kurikulum 2006 ternyata lebih mendominasi pada ranah kognitif jenjang pemahaman (C2). Sedangkan Taksonomi Tujuan Pembelajaran yang terdapat dalam KIKD Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI (wajib), ternyata lebih mendominasi pada ranah kognitif jenjang penerapan (C3). Maka dari itu, jika dibandingkan Taksonomi Tujuan Pembelajaran yang terdapat dala SKKD Kurikulum 2006 dengan KIKD Kurikulum 2013 ternyata sama-sama mendominasi kedalam ranah Kognitif, yang membedakan hanyalah jenjangnya saja. Cakupan keterampilan berbahasa dalam SKKD dan KIKD mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI yang lebih mendominasi adalah keterampilan berbahasa berbicara dan menulis. Cakupan ilmu kebahasaan dalam SKKD mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI yang lebih mendominasi adalah semantik, sementara KIKD mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib semua cakupan ilmu kebahasaan terealisasikan secara merata. Cakupan ilmu kesastraan dalam SKKD mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI dan KIKD mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI wajib, lebih dominan pada kesastraan drama (film/drama).
Kata kunci : perbandingan, taksonomi tujuan pembelajaran, keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, ilmu kesastraan, mata pelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI, standar isi kurikulum 2006, standar isi kurikulum 2013.


References


Ahyadi, Didi. (2011). Linguistik Umum. Kuningan. Universitas Kuningan.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia.

Jakarta: AKAPRES.

Chaer, Abdul .(2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

__________ .(2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta:Rineka

Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

IKAPI.(2009). Undang-Undang Republik Indonesia tentang SISDIKNAS (Sistem

Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia.

J.Waluyo, Herman. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. (1984). Tata Bahasa Indonesia.Jakarta: Nusa Indah.

Kosasih, Engkos dan Hermawan, Wawan. (2012). Bahasa Indonesia (Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal). Bandung: CV. Thursina.

Mulyasa, E. (2011).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja.

Muslich, Masnur. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutiadi , Ahmad Dedi. (2012). Menyimak&Pengajarannya. Kuningan:

Universitas Kuningan.

Muzamiroh, Mida Latifatul. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kata Pena.

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BEFE-Yogyakarta.

Pateda, Mansoer. (1994). Linguistik (SebuahPengantar). Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Pendidikan (Stimulus Pendidik Bercorak Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.

Ramlan. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

. (2009). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskrptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Sugiantomas, Aan. (2011). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Universitas Kuningan.

. (2012). Kajian Prosa Fiksi (Materi Perkuliahan) Kuningan: Universitas Kuningan.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2009). Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

TIM Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa

Departemen Pendidikan Nasional

Ullmann, Stephen. (2012). Pengantar Semantik. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Nuraliyah, Ely. (2012). “Analisis Sk Dan Kd Pada Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Berdasarkan Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, Dan Ilmu Kesastraan (Sebuah Analisis Isi SK dan KD Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis)”. Skripsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Wigunawa, Kemis. (2014). Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Sekabupaten Kuningan Dalam Menjabarkan SK/KD Dilihat Dari Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan Indonesia. Skripsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Wulan, Sri. (2014). Cakupan Ilmu Keterampilan Bebahasa, Ilmu Kebahasaan dan Ilmu Kesastraan dalam KI serta KD Pada Standar Isi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Wajib dan Peminatan. Skirpsi pada FKIP Universitas Kuningan: tidak diterbitkan.

Gunawan, Imam dan Palupi, A.R. (2014).“Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian” dalam Taksosomi Bloom [online], 25 halaman.

Tersedia: http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/id/mode/405.html [13 Januari 2015]

P

Sudrajat, Akhmad. (2014). Permendikbud Kurikulum [online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/07-a-salinan-permendikbud-no-69-th-2013-ttg-ttg-kd-dan-struktur-kurikulum-sma-ma.pdf [10 Desember 2014]

. (2014). Permendikbud Kurikulum [online].Tersedia:http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/01-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-54-tahun-2013-ttg-skl.pdf [10 Desember 2014]

Utari, Ratno.(2014). “Takosonomi Bloom Bagaimana Cara Menggunakannya” dalam Taksonomi Bloom [online], 13 halaman.Tersedia: http://bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachement.html [13 Januari 2015]




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v10i1.1035



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]