Pengunaan Micro Vidio dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi

  • Arip Hidayat
  • Andriyana Andriyana
  • Tifani Kautsar Universitas Kuningan

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan micro video dalam pembelajaran apresiasi puisi di kalangan mahasiswa Universitas Kuningan. Dengan menerapkan metode pre-test post-test control group design, penelitian ini membandingkan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan micro video dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kajian literatur menghasilkan diagram alir yang merangkum langkah-langkah pembelajaran yang efektif, yang kemudian diuji pada kelompok eksperimen. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan apresiasi puisi setelah penggunaan micro video, dengan nilai Z sebesar -3,245 dan signifikansi 0,001. Penemuan ini menegaskan bahwa micro video dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap puisi, menjadikannya alat pembelajaran yang inovatif.

KATA KUNCI: Micro video, pembelajaran, apresiasi puisi, uji Wilcoxon, pendidikan.

The Use of Micro Video in Learning Poetry Appreciation

 

ABSTRACT: This study aims to evaluate the effectiveness of the use of micro video in learning poetry appreciation among students of Kuningan University. By applying the pre-test post-test control group design method, this study compares the learning outcomes between the experimental group that uses micro video and the control group that uses conventional learning methods. The literature review produced a flowchart that summarized the effective learning steps, which was then tested in the experimental group. The results of data analysis using the Wilcoxon Signed-Rank Test showed a significant difference in poetry appreciation ability after the use of micro video, with a Z value of -3.245 and a significance of 0.001. This discovery confirms that micro video can improve students' engagement and understanding of poetry, making it an innovative learning tool.KEYWORDS: Micro video, learning, poetry appreciation, Wilcoxon test, education.

References

Daeng, K., Fitri, S., & Asri, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam materi pembelajaran apresiasi puisi Makassar pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra daerah di Universitas Negeri Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM. https://ojs. unm. ac. id/semnaslemlit/article/view/11532.

Habibi, M., Chandra, C., & Azima, N. F. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi sebagai upaya mewujudkan literasi sastra di sekolah dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(1).

Inderasari, E. (2017). Experiential Learning dalam Kemampuan Apresiasi Puisi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Surakarta. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 23-32.

Liu, S., Chen, Z., Liu, H., & Hu, X. (2019, May). User-video co-attention network for personalized micro-video recommendation. In The world wide web conference (pp. 3020-3026).

Nguyen, P. X., Rogez, G., Fowlkes, C., & Ramanan, D. (2016). The open world of micro-videos. arXiv preprint arXiv:1603.09439.

Ni, Y

Published
2024-10-30