PENERAPAN METODE PENGAJARAN AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN TEKS MELALUI MODEL PjBL DI SEKOLAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam penerapan metode audiovisual dengan model pembelajaran yang berbasis proyek di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data sekunder, yakni berasal dari sebuah video praktik mengajar dari seorang guru yang sedang mengikuti kuliah profesi atau PPG. Hasil penelitian ini ditemukan dua bentuk ujaran terkait dengan penyajian media pembelajaran, dua ujaran penjelasan project yang dilakukan oleh guru, serta dua ujaran terkait dengan pengembangan dan pengarahan guru. Serta ditemukan hasil bahwa terdapat enam tahap pelaksanaan model pembelajaran project-based learning (PjBL) dalam pembelajaran. Tahap pertama yakni Penentuan pertanyaan dasar atau project. Tahap kedua Perencanaan desain project. Tahap ketiga Penyusunan jadwal project. Tahap keempat Penyelasaian project dengan monitoring. Tahap kelima Pengujian hasil project. Serta tahap keenam yakni Evaluasi. Pembelajaran dengan penerapan model PjBL memberikan manfaat kepada siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan memberikat tantangan pada siswa sehinggamereka memperoleh kepuasan dengan menemukan pengetahuan baru bagi dirinya sendiri.
Referensi
Ahsin, M. N. (2013). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Amalia, N., & Yulianingsih, S. (2020). Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Utama Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 149-156.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 154-166.
Elmeida, I. F., & Fitrian, F. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Psikomotorik Penggunaan Metode Demonstrasi dan Metode Audiovisual pada Pembelajaran Mata Kuliah Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 4(1), 55-58.
Fatmawati, F., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1).
Fikri, M. (2017). Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116-128.
Hasanah, U., Rusminto, N. E., & Widodo, M. (2017). Implikatur Percakapan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 1–11.
Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model Project Based Learnıng (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76-83.
Hidayatullah, M. Z., Aminah, A., & Mohzana, M. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa Menulis Teks Rekon dengan Media Audio Visual. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 212-229.
Kayati, A. N. (2020). Struktur Tuturan Adu Mulut Farhat Abas dengan Dewi Persik dalam Acara Hitam Putih. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7046
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Niriza, R., Iing, S., & Agustina, E. S. (2018). Variasi Bahasa dalam Whatsapp Mahasiswa kepada Dosen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(4), 1–7.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Purba, A. A., Sitanggang, A. Y. S., Panjaitan, J., & Tampubolon, R. (2023). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Swasta Pamasta Tanjung Morawa 2022. Jurnal Penelitian Fisikawan, 6(1), 1-14.
Sadiman, AS, Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2014). Media Pendidikan: Pemahaman, Pengembangan, dan Pemanfaatannya . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Salsabila, H., & Hindun, H. (2024). Penerapan Metode Pengajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 4(1), 19-29.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Sifa, A. A., Sutama, I. M., & Suandi, I. N. (2024). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dan Video Editing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Berita pada Siswa Kelas VII B SMP PGRI 1 Denpasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1533-1544.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151-158.
Sulistyo, C., & Supriadi, N. (2021). Penggunaan Metode Konvensional dan Metode Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Bagi Anak Dwi Kewarganegaraan. Sphota: Jurnal Linguistik dan Sastra, 13(1).
Suryani, E., & Subali, B. (2017). Pemanfaatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 158-167.
Wardani, T. D. S., & Pangesti, F. (2023). Optımalısası Pembelajaran Teks Prosedur Kompleks Dalam Bahasa Indonesıa Melaluı Penerapan Project-Based Learnıng Dengan Medıa Audıovısual. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1773- 1788.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 3(1), 1-10.
Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 121-131.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.