PAINTING CANVA SEBAGAI INTEGRASI PENGUATAN LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS MENULIS TEKS PENDEK DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan literasi digital painting Canva dalam mengembangkan kreativitas peserta didik menulis teks pendek mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar dan sejauh manakah hasil penggunaan literasi digital Canva sebagai kreativitas peserta didik dalam menulis teks pendek dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan objek utama yaitu penerapan aplikasi Canva dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya literasi digital. Penelitian ini akan berfokus pada peserta didik kelas V yang nantinya akan menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Data penelitian ini terdiri atas dua kategori utama yang relevan, yaitu implementasi literasi digital dan kemampuan literasi digital setelah diberikan perlakuan. Sumber data penelitian ini akan meliputi hasil wawancara serta dokumentasi pendukung berdasarkan pada hasil observasi yang dilaksanakan. Selanjutnya adalah proses analisis data yang akan dilaksanakan meggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Adapun hasil yang ditemukan adalah 1) penggunaan Canva sebagai media literasi digital painting memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SD ICT Al-Abidin dan peningkatan kreativitas peserta didik, terutama dalam menulis teks pendek; 2) Peserta didik tidak hanya menulis deskripsi tentang hobi mereka, tetapi juga memanfaatkan elemen grafis untuk memperkuat pesan yang ingin mereka sampaikan.
Referensi
Akmal, M. F., Anwar, M., & Eriyani, R. N. (2022). Literasi Digital Pada Pengajaran Bipa Ikat Jerman. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 12(2), 116–126. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/4926
Alakrash, H. M., & Razak, N. A. (2021). Technology-based language learning: Investigation of digital technology and digital literacy. Sustainability (Switzerland), 13(21). https://doi.org/10.3390/su132112304
Albaburrahim, Suyono, S., & Widyartono, D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Kritis melalui Teknologi Literasi Digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15–25. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11728
Amalia, N., & Kemal, I. (2022). Penggunaan Model Learning Start With Question Dalam Menulis Kesimpulan Informasi. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(2), 323–330. https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5782
Anjani, C., Dasar, P., Ainunnasya, R. N., & Maftuh, B. (2023). Menumbuhkan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembuatan canva e-comic dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 770–776.
Aripin, Z., Supriatna, U., & ... (2023). With the advent of chatgpt: how to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats for the field of education and the business world of various disciplines. KRIEZ ACADEMY: Journal …, 1(1). https://kriezacademy.com/index.php/kriezacademy/article/view/6%0Ahttps://kriezacademy.com/index.php/kriezacademy/article/download/6/6
Arwanda, Z., Widianto, D. N., & Pradana, D. D. (2024). Effectiveness of using digital media based on canva application in primary school learning : A Systematic Literature Review Universitas Muhammadiyah Kotabumi. JUPERIM: Jurmal Perkembangan Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 12–22. https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/juperim/article/view/96/20
Astutik, D. W., Rahmawati, D. N., Anggraini, A. E., Sukma, R., & Dewi, I. (2024). Strategi Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. 8(2), 27–36.
Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p137-145
Badrut, Kaswadi, & Setyaningsih, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan menggunakan Digital Canva pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(November 2024), 53–63.
Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65
Baydar, F. (2022). The Role of Educational Leaders in the Development of Students’ Technology Use and Digital Citizenship. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 10(1), 32–46. https://doi.org/10.52380/mojet.2022.10.1.367
Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, A. (2020). The effective components of creativity in digital game-based learning among young children: A case study. Children and Youth Services Review, 116(July), 105227. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105227
Berliana Alvionita Pratiwi, Sumiyadi, S., & Rudi Adi Nugroho. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Proyek untuk Pengembangan Keterampilan Menulis Cerita Pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2998–3009. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035
Budianto, N. W. E., Wuryani, M. T., & Primadoni, A. B. (2024). Peningkatkan Minat Baca Kelas II SD dengan Metode Cerita Bergambar. Journal of Education Research, 5(4), 5528–5536.
Busetto, L., Wick, W., & Gumbinger, C. (2020). How to use and assess qualitative research methods. Neurological Research and Practice, 2(1). https://doi.org/10.1186/s42466-020-00059-z
Chalik, C., & Cahyani, I. (2024). Perancangan Board Game Knowledge Dash Sebagai Media Pendukung Program Literasi dan Numerasi Sekolah Dasar. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visua, 6(2), 149–161.
Crisvin, Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate : Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 05, 8–12.
Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M., Kasnawati, Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Community Development Journal, 4(5), 11158–11167.
Dina Rahmadani, Indah Irgandi, Nur Hafizah, & Ranti Julia. (2024). Kemampuan Menulis Teks Persuasif pada Siswa Kelas IV di SDN 13 Limo Suku Kabupaten Agam. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 24–33. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3822
Dirawan, G. D., Dyah Darma Andayani, & Pertiwi, N. (2023). Peningkatan Literasi Digital pada Santri Pesantren Syeh Hasan Yamani memanfaatkan Aplikasi Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 366–371. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.129
Faidah, N., Usman, H., & Yarmi, G. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(2), 225–233.
Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence : the teacher digital competency ( TDC ) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4
Fariska, D., Samsudin, A., & Rahmawati, F. P. (2023). Digital Literacy Through Let ’ s Read App to Improve the Reading Interest of Elementary. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2
Fazilla, S., Yus, A., & Muthmainnah, M. (2022). Digital Literacy and TPACK ’ s Impact on Preservice Elementary Teachers ’ Ability to Develop Science Learning Tools. Profesi Pendidikan Dasar, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i1.17493
Fitriani, N. D., & B, F. P. R. (2023). Fun Literacy Activities with Nusantara Card for Elementary School Students (Nomor Pisa 2018). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2
Gitama, G. N. D. P., Dewi, W. N., & Suwandi. (2022). Kegiatan Sosial Meningkatkan Kreativitas Anak-Anak Dalam Berkomunikasi Melalui Presentasi Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Universitas Catur Insan Cendekia, 1(3), 1–13.
Grassini, S. (2023). education sciences Shaping the Future of Education : Exploring the Potential and Consequences of AI and ChatGPT in Educational Settings.
Gurning, P., Theodora, E., & Hudiyono, Y. (2024). Developing of Canva-based learning media to increase student creativity and learning outcomes. 10(3), 887–897.
Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching Writing Through Canva Application. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i2.3533
Haleem, A., Javaid, M., Asim, M., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education : A review. Sustainable Operations and Computers, 3(May), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hamidah, I., Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., & Damaianti, S. (2024). Desain Pengembangan Model CR2C (Constructive Responsive Reading Comprehension) Berbasis Literasi Digital Dalam Membaca Pemahaman Di Perguruan Tinggi. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20(1), 193–201.
Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, M., & Napsin, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 539–544. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3782
Huda, A. M., & Rokhman, M. (2021). The Strategy of the Principal in Improving the Quality of Institutional Education. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.142
Imran, Z., Jasia, V. A., & Saputra, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva pada Kelas V UPT SPF SD Negeri Mangasa Pendahuluan. CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7(2).
Islami, A., Nulhakim, L., Dwi, A., & Suhandoko, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. 6(1), 670–680.
Ismail, P. R., Wahyuni, S. S., & Saragih3, J. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Kartu Kata Menggunakan Desain Canva Pada Guru Kelas. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(2), 161–165.
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas Dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v2i2.p67-86
Ismayani, R. M. (2023). Respons Guru Terhadap Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 13(2), 289–295.
Istiq’faroh, N., Suhardi, & Mustadi, A. (2020). Improving elementary school students’ creativity and writing skills through digital comics. Elementary Education Online, 19(2), 426–435. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.689661
Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70
Keshav, M., Julien, L., & Miezel, J. (2024). The Role of Technology in Era 5 . 0 in the Development of Arabic Language in the World of Education The Role of Technology in Era 5 . 0 in the Development of Arabic Language in the World of Education. November.
Kirana, D. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 163–168. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6626
Kristian, R., Nainggolan, I., & Setiyanigtiyas, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Canva Fase E Kelas X di SMA Negeri 3 Medan. 5.
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4876–4886.
Larasati, M. (2022). Empowering Student’S Creative Writing Ability By Using Canva. Journal of English Education Program (JEEP), 9(2), 101. https://doi.org/10.25157/(jeep).v9i2.8548
Liu, Z., Tretyakova, N., Fedorov, V., & Kharakhordina, M. (2020). Digital Literacy and Digital Didactics as the Basis for New Learning Models Development. International Journal of Emerging Technologies in Learning., 4–18.
Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lahat dengan Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar. 4, 1353–1363.
Mahfudhoh, M., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Cerita Digital Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Semantik, 13(1), 103–114. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p103-114
Mahyudin, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Mata Pelajaran PAI & BP Fase C-Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 169–177. https://doi.org/10.53621/jider.v3i4.255
Maulidah, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), 64–70.
Mizkat, E., Dailami, D., & Nasution, M. I. (2024). Upaya Meningkatkan Aspek Keterampilan Berbahasa Siswa SD Melalui Cerita Anak Menggunakan Media Canva. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(2), 286–291. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i2.3180
Mizkat, E., Ramadhan, S., & Mukhaiyar. (2024). Refleksi Berkebinekaan Global pada Cerita Anak “Sepasang Mata” Karya Veronica W. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20, 124–138.
Nassaji, H. (2020). Good qualitative research. Language Teaching Research, 24(4), 427–431. https://doi.org/10.1177/1362168820941288
Nasution, W., Rambe, R. N., & Indonesia, B. (2023). Kegiatan Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 838–848.
Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500–1511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432
Ningsih, F. D., Nisa, A. F., & Bariyah, I. Q. (2024). TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 589–597.
Nurjanah, N., & Muhajir, S. N. (2022). Literasi Digital : Sebuah Kajian Pengabdian kepada Masyarakat. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 110. https://doi.org/10.52434/jpm.v1i3.2247
Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532
Nurul, M. A., Al, W., Sumberan, W., Diana, E., Hasanah, U., Sari, R. P., & Khumairohtus, U. (2024). Pelatihan Canva sebagai Media Penguatan Literasi Digital bagi Siswa MA Nurul Wahid Al Wahyuni Sumberan Besuk Canva Training as a Media for Strengthening Digital Literacy for Students of. Svarga Pena : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4).
Pangrazio, L. (2020). What is digital literacy ? A comparative review of publications across three language contexts. https://doi.org/10.1177/2042753020946291
Park, H., Kim, H. S., Park, H. W., & Park, C. (2021). A Scientometric Study of Digital Literacy , ICT Literacy , Information Literacy, and Media Literacy. 116–138.
Pedroso, J. E., RV S. SULLEZA, Keith Hae Moon C. FRANCISCO, Ayya Jade O. NOMAN, & Chynna Althea V. MARTINEZ. (2023). Unlocking the Power of Canva: Students’ Views on Using the All-In-One Tool for Creativity and Collaboration. Journal of Digital Learning and Distance Education, 2(2), 443–461. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i2.117
Permana, A., Sahmini, M., Abdilah, F., & Shaika, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Sebagai Upaya Pengembangan Pembelajaran Sastra. Semantik, 13(1), 115–132. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p115-132
Pratiwi, S., & Dewi, T. U. (2023). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Literasi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 229–236. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18625
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Radovanović, D., Holst, C., Banerjee Belur, S., Srivastava, R., Vivien Houngbonon, G., Le Quentrec, E., Miliza, J., Winkler, A. S., & Noll, J. (2020). Digital literacy key performance indicators for sustainable development. Social Inclusion, 8(2), 151–167. https://doi.org/10.17645/si.v8i2.2587
Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 178–188. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24928
Ramadhani, E. W., Ngatmini, Kandida, & R.Yusuf Sidiq B. (2024). Penerapan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2), 226–235. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16352
Ratri, T. M. (2024). Urgensi Pedagogik Multiliterasi dalam Membangun Generasi Emas 2045 Yang Berkarakter. 14(1), 110–119.
Rimang, S. S., & Ulviani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia Berbasis ICT di SMP Negeri Bontoramba Kabupaten Jeneponto. 13(2), 363–372.
Rini, E. F. S., & Aldila, F. T. (2023). Practicum Activity: Analysis of Science Process Skills and Students’ Critical Thinking Skills. Integrated Science Education Journal, 4(2), 54–61. https://doi.org/10.37251/isej.v4i2.322
Royani, K., Sukirlan, M., & Nurweni, A. (2024). Canva-Aided Project-Based Learning to Improve Students’ Writing Achievement. International Journal of Current Science Research and Review, 07(05), 2912–2918. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v7-i5-52
Safitri, P. W., & Rahmawati, F. P. (2023). Peer Teaching for Early Reading of Elementary School Students : Classroom Implementation and Challenges. 12(4), 818–825.
Safrizal, S., Nurhafizah, N., Yulia, R., & Husnani, H. (2022). Analysis of Guru Penggerak Programs as Sustainable Professional Development for Teachers. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2135–2142. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.829
Sahmini, M., & Nugraha, V. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Quantum Learning Dengan Hipnosis Sebagai Upaya Penguatan Karakter Unggul. Semantik, 11(2), 257–270. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p257-270
Salsabila, N., & Puji, F. (2024). Strengthening presentation skills through TPACK-based canva media for elementary school students. 7(1), 1–10.
Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva Application for Elementary School Learning Media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4
Sholikhah, O. H., & Pradana, L. N. (2018). Virtual Mathematics Kits (VMK): Mempromosikan Media Digital Dalam Literasi Matematika. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 147–154. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6717
Siradjuddin, S., Safitri, R., Oktaviany, F., Akuntansi, P. S., Negeri, U., Studi, P., Bahasa, P., & Megarezky, U. (2024). Pendampingan Pelatihan Penggunaan Canva dalam Inovasi Baru Pembelajaran Siswa. Abdi samulang : jurnal pengabdian kepada masyarakat, 7215, 77–85.
Sovani, R. D. (2024). Strategi Peningkatan Kompetensi Literasi Bagi Peserta Didik Kelas V MIN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2023 / 2024. ALLIMNA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 03, 51–65.
Suwarto, D. H., Setiawan, B., & Machmiyah, S. (2022). Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools. Electronic Journal of e-Learning, 20(2), 101–111. https://doi.org/10.34190/ejel.20.2.2602
Syafi’ie, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa SMA. Litera, 17(2), 230–242. https://doi.org/10.22460/semantik.v8i2.p34-44
Thohiriyah, T., Rosyidi, M. I., Darmawan, R. I., & ... (2023). Pendampingan Penulisan Konten untuk Promosi Sekolah 3-T di SDS Al-Hasaniyyah. Varia Humanika, 4(2), 82–97. https://journal.unnes.ac.id/sju/vh/article/view/74620%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/vh/article/download/74620/25577
Titiyanti, Y., Anam, S., & Retnaningdyah, P. (2022). Implementing Canva In The Digital Learning Process For Junior High School. Jurnal Education And Development, 10(3), 708–712. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4346
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965
Wijaya, A. S. D., Suhardi, & Mustadi, A. (2019). Aksesbilitas Kemampuan Literasi Media Siswa Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7787
Wumu, A., Mursalin, & Buhungo, T. J. (2023). Effectiveness of Problem-Based Learning Model Assisted by Canva-Oriented Pancasila Student Profiles to Improve Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5892–5898. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4022
Yulianti, Y. (2024). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.28918/ijiee.v4i1.2312
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.