DEVELOPMENT OF BIOGRAPHY TEXT LEARNING MODULE FOR STRENGTHENING THE LITERACY OF CLASS X STUDENTS MAN 2 JEMBER
Abstract
This study aims to develop a learning module for biographical texts designed to improve the literacy of students in class X MAN 2 Jember. The research method used is Research and Development (R&D), with the stages of needs analysis, module design, expert validation, field trials, and evaluation. This module is structured with a literacy-based approach that integrates interactive elements, such as discussion, reflective writing, and value analysis of biographical figures. The results of the study show that this module is feasible to use based on the validation of linguists, materials, and media, with a high average score on linguistics, material suitability, and design aspects. The modules developed are able to increase student involvement in learning, strengthen critical thinking skills, and connect learning of biographical texts with daily life. Thus, this module can be an effective and relevant learning tool to strengthen students' literacy.
References
Agustina, R. T., Puspita, Y., & Murniviyanti, L. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X. Kode : Jurnal Bahasa, 12(3), 147–158. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i3.48687
Daely, B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menyusun Resensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 304–311.
Hermansyah, H., Hartono, R., Syafri, F., & ... (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dalam Pembelajaran Teks Biografi. … Pascasarjana …, 379–383.
Maryati, I. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1454. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3779
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Suece, I. N., & Dewi, J. B. A. S. P. (2023). Kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimodal Di Kelas X Sma N 2 Bangli. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 5(1), 21–29.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12053
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Aisah, B., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh penggunaan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap pembelajaran kelas V SDN Demangan 2 Bangkalan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 47–59.
Apriliani, Hermawan, & Heryanto. (2019). Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. JPGSD, 4(II), 273–283 Journal of Universitas Indraprasta Pgri.
Asmayanti, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Ihya Ulumuddin Tahun Pelajaran 2019/2020. (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Dissa, N. I., Ruswandi, H., & Arie, R. (2017). Metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.
Fitriyani, N., & Tussolekha. (2020). Membaca pemahaman mahasiswa menggunakan metode SQ3R untuk menemukan gagasan utama dalam teks deskripsi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 1–5.
Fitriyani, E. R., Damayanti, D. A., Hamdani, N. A., & Hariadi, A. M. (2023). Penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Hasanah, U. (2023). Penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan mengenal negara ASEAN kelas VI SDN Sumberdanti 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(1), 142–146.
Irpan, M., Utami, Y., & Sururuddin, M. (2022). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berbantuan teks cerita terhadap keterampilan membaca pemahaman. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(2).
Munaji, M. (2021). Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui metode SQ3R siswa kelas V SDN 2 Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 126–140.
Nurhayati, S. (2018). Pengaruh teknik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 15(1), 73–90.
Prayoga, A. Pangestu, Dian, N., & Rury, R. (2023). Pengaruh metode strategi Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap keterampilan membaca para siswa. Jurnal Wahana Didaktika Terakreditasi.
Putri, Y. E., Halidjah, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).
Ramadhan, E. H., Dwiyanto, R., & ZA, M. F. (2024). Analisis efektivitas metode SQ3R dalam meningkatkan pemahaman bacaan. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(1), 69–76.
Rizqi Abdul Majid, Arie Rahkmat Riyadi, & Haviz Kurniawan. (2023). Application of the graphic organizer method in improving students’ reading comprehension of narrative text. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 23–34.
Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 38–45.
Setyowati, Y. N. (2019). Pengaruh penggunaan metode SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 80. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5729
Sobri, S. (2017). Strategi belajar SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam upaya peningkatan pemahaman bacaan siswa. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(1), 57–75. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1242
Sri Purwaningsih. (2020). Penggunaan SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat. Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 3(2), 75.
Yola, S. P., Dyah, L., & Arsyi. (2020). Penerapan metode SQ3R berbasis daring untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 29–38, 2020.
Copyright (c) 2025 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.