Penggunaan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemempuan Menulis Pada Pembelajaran Wacana Naratif Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014/2015

Sun Suntini

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa, dari keempat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara,membaca  dan menulis), menulis termasuk keterampilan berbahasa yang dianggap paling sulit. Menurut Tarigan (2008 : 22) menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang dan grafik tersebut. Jika kita membaca tentang teori-teori cara menulis memang sepertinya mudah tetapi ketika mulai menulis muncullah berbagai kesulitan diantaranya sulit mengembangkan ide, gagasan atau cara menyampaikan pesan. Hal ini dirasakan oleh semua orang termasuk para  siswa yang sedang belajar menulis. Salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran sinektik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model sinektik untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran wacana naratif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana tahun ajaran 2014/2015? 2).  Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menggunakan model sinektik untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran wacana naratif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana tahun ajaran 2014/2015? 3). Bagaimanakah hasil pembelajaran dengan menggunakan model sinektik untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran wacana naratif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana tahun ajaran 2014/2015?. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu  observasi dan tes. Objek penelitian siswa SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014-2015 sebanyak 29 orang. Setelah dilaksanakan pembelajaran sebanyak tiga siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajran pada siklus I, sebanyak lima siswa mendapatkan nilai di atas 70 dan 24 siswa masih di bawah 70 artinya baru 17, 24% siswa yang memiliki kemampuan menulis wacana naratif. Hasil dari siklus II, mengalami peningkatan sebanyak Sembilan siswa mendapatkan nilai di atas 70, dan 20 siswa masih di bawah 70  artinya  31,03% siswa yang memiliki kemampuan menulis wacana naratif. Hasil dari siklus III, mengalami lagi peningkatan sebanyak 14 siswa mendapatkan nilai di atas 70 dan 15 siswa masih di bawah 70, rata-rata  nilai keseluruhan siswa  70, 79, maka pembelajaran pada siklus III dianggap berhasil. Berdasarkan hasil yang dicapai oleh siswa, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran dengan model sinektik dapat meningkatkan kemampuan menuliswacana naratif  siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014-2015.


References


Anggoro, M.Toha. (2007). Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Borg, W.R.& Gall, M.D. (2002). Educational Research : An Introduction. London : Longman, Inc.

Chaer, Abdul. (2002). Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cummings, Louise. (2010). Pragmatik Klinis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cumming, Louise. (2007). Pragmatik (sebuah perspektif multidisipliner). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dariyo, (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor : Ghalia Indonesia.

Djasasudarma, T.Fatimah. (2012). Wacana dan Pragmatik. Bandung : Refika Aditama.

Djasasudarma, T.Fatimah. .(2010). WACANA (Pemahaman dan Hubungan Antarunsur). Bandung : Aditama.

Hamdani. (2010). Srategi Belajar Mengajar. Bandung :Pustaka Setia.

Heryadi, Dedi. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Tasikmalaya

Hidayat, Deddy N. (2001). Analisis Wacana (Pengantar Analisis Teks Media). Yogyakarta : LkiS Yogyakarta.

Jaelani, Asep Jejen. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Berorientasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi pada Siswa SMP Kelas VII Semester II (Tesis). Cirebon : Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Leech, Geofrey. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta : UI- Press

Lubis, Hamid Hasan. (1991). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung : Angkasa.

Purwanto dkk. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1990). Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.

Purwo, bambang Kaswanti. (1993). PELLBA 6(Analisis Wacana Pengajaran Bahasa) . Jakarta : Kanisius.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1994). PELLBA 7 (Analisis Klausa, Pragmatik Wacana, Pengkomputeran Bahasa). Jakarta : Kanisius.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1984). Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Putra, Nusa. (2012). Research & Development. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rahardi, R.Kunjana. (2005). PRAGMATIK (Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia): Jakarta. Erlangga.

Rahardi, R.Kunjana .(2009). SOSIOPRAGMATIK : Yogyakarta. Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. .(2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Soesilowindradini. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih. (2008). Modul Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suyono. (1990). PRAGMATIK Dasar-Dasar dan Pengajarannya. Malang : YA 3 Malang

Schiffrin, Deborah. (2007). Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tarigan, Hendy Guntur. (2009). Pengajaran pragmatik. Bandung : Angkasa.

Yule, George. (2006). Pragmatik.Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda.

Wati, Mardiana dan A.R.Rizky. (2009). 5 Jam Belajar Cepat Menggunakan Facebook. Bandung : Yrama Widya.

Wahyudin, Dinn dkk.(2008). Modul Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1156



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]