ANALISIS KARAKTER DAN KONFLIK PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVELâ€SURAT KECIL UNTUK TUHAN†KARYA AGNES DAVONAR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN DI SMP
Abstrak
Purpose of this study 1) To find out who the characters in the novel "Surat Kecil untuk Tuhan†by Agnes Davonar 2) To determine how the main character of the novel "Surat Kecil untuk Tuhan†by Agnes Davonar 3) To find out how the conflict in the novel "Surat Kecil untuk Tuhan" by Agnes Davonar 4) To determine whether the novel "Surat Kecil untuk Tuhan" by Agnes Davonar can be used as learning materials junior. This research method is descriptive analytical research methods. As the implementation is using library research techniques and documentation that is by collecting data about the theories that support this research, and then performed the data classification and then analyze the data that has been classified the next step is to interpret the data analysis according to the purpose of the study is an evaluation of the last checks on the results of data analysis to investigate the truth. From the research that has been done can be summarized as follows. 1) People on the Novel "Surat Kecil untuk Tuhan " by Agnes Davonar Keke as the main character, the father, Chika kak, kak Kiki, Andi, sir Iyus, friends Keke, Prof As with additional figures or figures helper 2) Character Keke figures is a girl who is strong, patient and do not give up 3) conflict that occurred in hardness when Keke must fight against terminal cancer and struggles with sacrifice and patient, 4) Novel "Surat Kecil untuk Tuhan" by Agnes Davonar can be used as an alternative learning materials in junior high, because it meets the criteria for the selection of instructional materials in the literature.
Keyword : character, conflict, prose, alternative materials learningReferensi
Casmana, Nana. 2009. Telaah Nilai Religius pada Novel “ Sang Pemimpi†karya Andrea Hirata Sebagai Acuan Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra Di SMA. Kuningan : UNIKU
Davison, Gerald, C, John M. Neale, Ann M. Kring. 2006. Psikologi Abnormal: Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Davonar, Agnes. 2008. Surat Kecil untuk Tuhan. Jakarta: Inandra Publisher.
Ellis Ormrod, Jeanne. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Fudyartanta,Ki. 2011. Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Furchan, H. Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
_____________. Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Satra. Yogyakarta: BPFE.
Reality, Tim. 2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher
Saeful, Rahmat Pupu. 2005. Psikologi pendidikan. (Materi perkuliahan). Kuningan : UNIKU
Santrock, W, John. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Siswantoro, 2005. Metode Penelitian Sastra : Analisis Psikologis. Surakarta: Muhamadiyah University Press.
Sugianto Mas, Aan. 2008. Kajian Prosa Fiksi & Drama (Materi Perkuliahan). Kuningan : UNIKU
___________.2008. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia (materi perkuliahan). Kuningan : UNIKU
_____________.2011. Apreisasi Drama (materi perkuliahan). Kuningan : UNIKU
Yusuf, Samsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.