ANALISIS SK DAN KD PADA STANDAR ISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA BERDASARKAN KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN (Sebuah Analisis isi SK dan KD Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis)

Aan Sugiantomas, Ely Nuraliyah

Sari


Penelitian tentang analisis SK dan KD pada standar isi mata pelajaran bahasa Indnesia SMA berdasarkan keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan memiliki rumusan masalah: (1) Bagaimana isi SK dan KD pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia tentang keterampilan berbahasa mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis?; (2) Bagaimana cakupan ilmu kebahasaan dalam SK dan KD mendengarkan pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (3) Bagaimana cakupan ilmu kebahasaan dalam SK dan KD berbicara pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (4) Bagaimana cakupan ilmu kebahasaan dalam SK dan KD membaca pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (5) Bagaimana cakupan ilmu kebahasaan dalam SK dan KD menulis pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (6) Bagaimana cakupan ilmu kesastraan dalam SK dan KD mendengarkan pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (7) Bagaimana cakupan ilmu kesastraan dalam SK dan KD berbicara pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (8) Bagaimana cakupan ilmu kesastraan dalam SK dan KD membaca pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (9) Bagaimana cakupan ilmu kesastraan dalam SK dan KD menulis pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia?; (10) Bagaimana cakupan ilmu kebahasaan dan kesastraan dalam keseluruhan SK dan KD pada standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, dengan teknik pengolahan data berupa studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Populasinya adalah standar isi SD, SMP, dan SMA mata pelajaran bahasa Indonesia yang ada di Kabupaten Kuningan yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan mengambil standar isi SMA mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis data tentang analisis SK dan KD pada standar isi mata pelajaran bahasa Indnesia SMA berdasarkan keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan, yang mendominasi pada pembelajaran siswa di kelas X sampai dengan kelas XII adalah Keterampilan Menulis. Dilihat dari Ilmu Kebahasaan, yang mendominasi pada pembelajaran siswa di kelas X sampai dengan kelas XII adalah Ilmu Kebahasaan Semantik. Dilihat dari Ilmu Kesastraan, yang mendominasi pada pembelajaran siswa di kelas X sampai dengan kelas XII adalah Ilmu Kesastraan Prosa Fiksi.
Kata kunci : SK-KD, Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbahasa, Kesastraan, Kebahasaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badudu, J.S. 1984. Pelik-pelik Bahasa ndonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal Jakarta

---------. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

---------. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT BUmi Aksara.

http://www.sarjanaku.com/2011/08/keterampilan-berbahasa.html

http://adeheryawan.blogspot.com/2010/03/pragmatik-dan-keterampilan-berbahasa.html

K.M. Saini & Jakob Sumardjo.1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

--------. 1995. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Muhaimin, dkk. 2009. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

--------. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Natasasmita, Hanapi dkk.1985. Rintisan Bahasa dan Sasatra Indonesia. Bandung: Duta Aksara.

Padopo, Rachmat Djoko. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kriktik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pateda, Mansoer. 1994. Linguistik (Sebuah Pengantar). Bandung: Angkasa.

Ramlan, M. 1997. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta:CV Karyono.

--------. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta:CV Karyono.

Sugianto Mas, Aan. 2008. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia. Kuningan: UNIKU

--------.2006. Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: UNIKU

Sumarjo, Jakob & saini K.M. 1991. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susilo, Muhammad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Tim Penulis Bahasa Indonesia. 1999. Buku Pintar Bahasa Dan Sastra Indonesia. Semarang: PT. BABELAN

Undang-Undang Republik Indonesia tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia.

Welek,Rene dan Austin Warren.1990. Teori Kesusastraan. Jakarta.:Gramedia.

Zaidan, Abdul Rozak. 2000. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v2i1.147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

View My Stats