PERIMBANGAN SOAL DAN TINGKAT KESULITAN HASIL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA DILIHAT DARI STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (Kajian Hasil Ujian Nasional SMP Negeri 2 Kadugede Tahun Ajaran 2012/2013)

Arip Hidayat

Abstract


Penelitian tentang analisis perimbangan soal dan tingkat kesulitan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari standar kompetensi dan kompetensi dasar memiliki rumusan masalah: (1) Bagaimana perimbangan soal Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari standar kompetensi dan kompetensi dasar pada SMP tahun ajaran 2012/2013?; (2) Bagaimana tingkat kesulitan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari standar kompetensi dan kompetensi dasar pada SMP Negeri 2 Kadugede tahun ajaran 2012/2013?.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perimbangan soal Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari stadar kompetensi dan kompetensi dasar pada SMP tahun ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui tingkat kesulitan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari standar kompetensi dan kompetensi dasar pada SMP Negeri 2 Kadugede tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengolahan data berupa studi pustaka, dan dokumentasi. Populasinya adalah 50 soal pilihan ganda dan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia yang berbentuk lembar jawaban siswa kelas IX dari sekolah SMPN 2 Kadugede tahun ajaran 2012/2013 dan mengambil 50 soal pilihan ganda dan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia yang berbentuk lembar jawaban siswa kelas IX dari sekolah SMPN 2 Kadugede tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 40% sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis data tentang Perimbangan soal dan tingkat kesulitan hasil Ujian Nasional bahasa Indonesia dilihat dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang mendominasi soal Ujian Nasional bahasa Indonesia adalah standar kompetensi membaca sebanyak 50% dan menulis sebanyak 50%. Tingkat kesulitan hasil Ujian Nasional Bahasa Indonesia di SMPN 2 Kadugede yang mendominasi adalah kategori soal sulit yang terdiri dari soal nomor 1, 2, 3, 6, 8, 9, 10, 13, 14, 18, 21, 24 SK membaca, dan soal nomor 27, 28, 30, 33, 40, 44, 49 SK menulis, dan soal tidak sulit yang terdiri dari soal nomor 4, 5, 11, 12, 15, 19, 20, 22, 23 SK membaca, dan soal nomor 29, 34, 35, 42, 43, 45, 46, 47, 48, 50 SK menulis.
Kata kunci : Perimbangan, tingkat kesulitan, soal UN, SK-KD

References


Alisjahbana, S. Takdir. 1982. Tatabahasa Baru Bahasa Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat.

Anwar, Kasful dan Hendra Harmi. (2010). Perencanaan SistemPembelajaran (KTSP). Alfabeta: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitia, Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Badudu, J. S.. 1971. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

BNSP. 2013. Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Sekolah Menengah Kejuruan,

serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: BNSP.

BNSP. 2013. Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: BNSP.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ensiklopedi Sastra Indonesia. 2004. Ensiklopedi Sastra Indonesia. Bandung: Titian Ilmu.

Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.

Keraf, Gorys. 1979. Tatabahasa Indonesia. Jakarta: Arnoldus.

Mulyasa, E.. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2010. Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/ 2013.

Purwanto, M. Ngalim. 1984. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramlan, M.. 2009. Morfologi. Yogyakarta: Karyono.

. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: Karyono.

Rusyan, Tabrani. 1996. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Argita.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiantomas, Aan. 1998. Kajian Prosa Fiksi. Kuningan: STKIP.

. 2008. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Uniku.

. 2008. Kajian Prosa Fiksi dan Drama. Kuningan: Uniku.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J.. 1991. “Teori dan Apresiasi Puisi†. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v2i1.148



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]