KEEFEKTIFAN KALIMAT DAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRAMATMULYA TAHUN AJARAN 2012/2013

Ajat Sudrajat, Firman Firman

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa Indonesia tulisyang wajib mematuhi aturan baku berbahasa yang dinyatakan dalam EYD, terutama saat kita dituntut untuk mampu berbahasa dengan baik dan benar dalam forum resmi atau saat menyajikan satu bentuk tulisan ilmiah. Kenyataannya, tidak semua penutur bahasa Indonesia yang mampu berbahasa Indonesia sesuai dengan aturan ejaan. Seseorang seringkali kesulitan jika menuliskan huruf kapital atau huruf kecil dalam tulisannya. Kesulitan lainya dalam menggunakan tanda baca . Kedua permasalahan tersebut, merupakan sebagian kecil contoh permasalahan yang sering dihadapi oleh para penulis terutama penulis pemula. Permasalahan tetrsebut cukup diselesaikan secara manasuka, asalkan kata atau kalimat tersebut dapat dipahami. Kondisi ini mengakibatkan kekacauan dalam pemakaian bahasa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keefektifan kalimat dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013?. 2) Bagaimana pengunaan ejaan dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode deskriptif kuntitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Studi pustaka. 2) Observasi. 3) Tes. 4) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, dan VII E SMP Negeri 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 72 Siswa. Teknik analisis data yaitu dengan cara meminta siswa menulis karangan yang selanjutnya mengumpulkan dan menganalisis keefektifan dan ejaan dalam karangan siswa. Berdasarkan penelitian tentang keefektifan kalimat dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya diperoleh hasil penulisan kalimat efektif banyak ditemukan kesalahan seperti, kesatuan gagasan yang tidak padu sehingga dalam penyampaianya tidak jelas. Selain itu, koherensi dalam kalimat maupun paragraf pun tidak jelas hal ini dikarenakan penempatan kata depan, kata penghubung yang tidak sesuai atau tidak pada tempatnya.Selain itu dalam penulisan ejaan masih mengalami kendala dalam penulisan huruf kapital pada nama, nama tempat, bulan, hari, kota, kabupaten, propinsi dan penggunaan huruf kapital pada pertengahan paragraf.
Kata kunci : kalimat efektif, EYD, karangan siswa

References


Ahyadi, Didi. 2004.â€Linguistik umumâ€. Kuningan: Universitas Kuningan

Depdiknas. 2008. “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilahâ€. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Gloriani, Yusida. 2004. â€Keterampilan Berbahasa (Menulis)â€. Kuningan : Universitas Kuningan

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis data penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Heryadi, Dedi. 2010. “Metode Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: Pusbill

Keraf, Gorys. 1971. â€Komposisiâ€. Jakarta: Nusa Indah

Kuncoro, Mudrajad 2009. “Mahir Menulisâ€. Jakarta: Erlangga

Marahimin, Ismail. â€Menulis Secara Populerâ€. Jakarta: Pustaka Jaya

Pusat bahasa. 2008.â€Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiantomas, Aan. 2002. “Dialog Tanya Jawab Menulis 3â€. Kuningan: STKIP Kuningan

Sugiono. 2011.â€Metode Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta

Wardiah, Ernawati.2008.â€EYD dan Seputar Kebahasaan Indonesiaâ€.Jakarta : Kawan Pustaka




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v2i1.149



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]