KEEFEKTIFAN KALIMAT DAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRAMATMULYA TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa Indonesia tulisyang wajib mematuhi aturan baku berbahasa yang dinyatakan dalam EYD, terutama saat kita dituntut untuk mampu berbahasa dengan baik dan benar dalam forum resmi atau saat menyajikan satu bentuk tulisan ilmiah. Kenyataannya, tidak semua penutur bahasa Indonesia yang mampu berbahasa Indonesia sesuai dengan aturan ejaan. Seseorang seringkali kesulitan jika menuliskan huruf kapital atau huruf kecil dalam tulisannya. Kesulitan lainya dalam menggunakan tanda baca . Kedua permasalahan tersebut, merupakan sebagian kecil contoh permasalahan yang sering dihadapi oleh para penulis terutama penulis pemula. Permasalahan tetrsebut cukup diselesaikan secara manasuka, asalkan kata atau kalimat tersebut dapat dipahami. Kondisi ini mengakibatkan kekacauan dalam pemakaian bahasa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keefektifan kalimat dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013?. 2) Bagaimana pengunaan ejaan dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode deskriptif kuntitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Studi pustaka. 2) Observasi. 3) Tes. 4) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, dan VII E SMP Negeri 1 Kramatmulya tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 72 Siswa. Teknik analisis data yaitu dengan cara meminta siswa menulis karangan yang selanjutnya mengumpulkan dan menganalisis keefektifan dan ejaan dalam karangan siswa. Berdasarkan penelitian tentang keefektifan kalimat dalam karangan siswa kelas VII SMPN 1 Kramatmulya diperoleh hasil penulisan kalimat efektif banyak ditemukan kesalahan seperti, kesatuan gagasan yang tidak padu sehingga dalam penyampaianya tidak jelas. Selain itu, koherensi dalam kalimat maupun paragraf pun tidak jelas hal ini dikarenakan penempatan kata depan, kata penghubung yang tidak sesuai atau tidak pada tempatnya.Selain itu dalam penulisan ejaan masih mengalami kendala dalam penulisan huruf kapital pada nama, nama tempat, bulan, hari, kota, kabupaten, propinsi dan penggunaan huruf kapital pada pertengahan paragraf.Kata kunci : kalimat efektif, EYD, karangan siswa
References
Ahyadi, Didi. 2004.â€Linguistik umumâ€. Kuningan: Universitas Kuningan
Depdiknas. 2008. “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilahâ€. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Gloriani, Yusida. 2004. â€Keterampilan Berbahasa (Menulis)â€. Kuningan : Universitas Kuningan
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis data penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Heryadi, Dedi. 2010. “Metode Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: Pusbill
Keraf, Gorys. 1971. â€Komposisiâ€. Jakarta: Nusa Indah
Kuncoro, Mudrajad 2009. “Mahir Menulisâ€. Jakarta: Erlangga
Marahimin, Ismail. â€Menulis Secara Populerâ€. Jakarta: Pustaka Jaya
Pusat bahasa. 2008.â€Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiantomas, Aan. 2002. “Dialog Tanya Jawab Menulis 3â€. Kuningan: STKIP Kuningan
Sugiono. 2011.â€Metode Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta
Wardiah, Ernawati.2008.â€EYD dan Seputar Kebahasaan Indonesiaâ€.Jakarta : Kawan Pustaka
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.