PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR ISI PUISI DENGAN TEKNIK MENYIMAK MUSIKALISASI PUISI DAN MENYIMAK PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Asep Jejen Jaelani

Abstract


Perumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2012/2013 dalam memahami unsur isi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono dengan teknik menyimak musikalisasi puisi?2) Bagaimana kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2012/2013 dalam memahami unsur isi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono dengan teknik menyimak pembacaan puisi? 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 1 SMA Negeri 3 Kuningan tahun pelajaran 2013/2014 dalam memahami unsur isi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono antara yang memakai teknik menyimak pembacaan puisi dengan menyimak musikalisasi puisi? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah deskriptif kuantitatif. Teknik pemerolehan data:(studi kepustakaan, observasi dan tes). Populasi:Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3Kuningan tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 133 siswa.Sampel: Dalam penelitian ini68 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Simpulan:1) Kemampuan siswa kelas XI IPS 1 dalam memahami unsur isi puisi dengan teknik menyimak pembacaan puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono berada pada kriteria gagal, karena pemerolehan nilai rata-rata berada pada nilai 48,00 yang berada pada rentan (00 – 40,00). Jadi hipotesis ditolak.2) Kemampuan siswa kelas XI IPS 4 dalam memahami unsur isi puisi dengan teknik menyimak musikalisasi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono berada pada criteria kurang, karena pemerolehan nilai rata-rata berada pada nilai 41,17 yang berada pada rentan (41,00 – 55,00). Jadi hipotesis ditolak.3) Perbedaan kemampuan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 4 SMA Negeri 3 Kuningan tahun ajaran 2013/2014 dalam memahami unsur isi puisi antara teknik menyimak pembacaan puisi dengan menyimak musikalisasi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono. Hasilnya adalah sebagai berikut.(1) Hasil uji perbedaan dengan menggunakan uji t dari kedua kelas tersebut dan dengan kedua teknik memahami unsur isi puisi yang berbeda. Nilai t tabel (dk 66) dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% diperoleh 2,000. Sedangkan nilai t hitung diperoleh -2,30. Ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor pemahaman siswa kelas XI IPS 1 dalam memahami unsur isi puisi dengan teknik menyimak pembacaan puisi dan siswa kelas XI IPS 4 dalam memahami unsur isi puisi dengan teknik menyimak musikalisasi puisi “Pada Suatu Hari Nanti†karya Sapardi Djoko Damono, tidak menunjukan perbedaan atau tidak signifikan. Jadi hipotesis ditolak.
Kata Kunci : unsur isi puisi, pembacaan, musikalisasi, SMA


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aminudin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Djoko Damono, Sapardi. 2004. Hujan Bulan Juni.Jakarta : Grasindo.

Ensiklopedi Sastra Indonesia. Bandung : Angkasa.

Kpin, Ari.2008. Musikalisasi Puisi (Tuntunan dan Pembelajaran).Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Lathief, Sufaat I. 2008. Sastra : Eksistensialisme, Mistisme Religius. Jawa Timur : Pustaka Ilalang.

Heryadi, Dedi 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Heryadi, Dedi 2008. Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Kutha Ratna, Nyoman. 2010. Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mustopo, Habib. Ilmu Budaya Dasar. Surabaya : Usaha Nasional.

Nurasa, Unang. 2011. “Perbedaan Pemahaman Siswa Kelas XI IPS 1, 2 dan 3 SMA Negeri 1 Cigugur tahun ajaran 2010/2011 dalam Memahami Isi Teks Puisi, Pembacaan Puisi, dan Musikalisasi Puisi “Lagu Kerinduan†karya Ajip Rosidi(Skripsi). Kuningan: FKIP Universitas Kuningan.

Sugianto Mas, Aan. 2002. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia. Kuningan : Dapur Sastra.

-------------. 1998. Kajian Prosa Fiksi. Kuningan : PBSI FKIP Universitas Kuningan.

-------------. 2013. Apresiasi Drama. Kuningan : PBSI FKIP Universitas Kuningan.

-------------. 2002. Dialog Tanya Jawab Singkat Menulis 3. Kuningan: PBSI FKIP Universitas Kuningan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zamzam Noor, Acep. 2009. PUISI Catatan : Acep Zamzam Noor.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v2i1.150



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]