STRATEGI MENULIS YANG DIGUNAKAN OLEH MAHASISWA DALAM ESAI ARGUMENTATIF

Erwin Oktoma, Dede Rizky Amalia

Abstract


Penelitian ini menganalisis mengenai strategi menulis yang digunakan oleh Mahasiswa dalam menulis esai argumentatif dan mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh para Mahasiswa dalam menulis essay argumentatif berdasarkan teori McLean (2012), ada beberapa strategi menulis yang akan membantu para penulis ataupun para Mahasiswa terutama Mahasiswa perguruan tinggi untuk dapat menyelesaikan tugas menulis mereka dengan baik. Strategi menulis tersebut dibagi menjadi 4 langkah, seperti: menggunakan proses menulis, mengelola waktu, menetapkan tujuan, dan menggunakan sumber pengetahuan yang ada di dalam perguruan tinggi. Metode yang di gunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan analisis data pada mahasiswa/i kelas tiga di satu perguruan tinggi swasta di Kuningan, Jawa Barat, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Para mahasiswa/i menggunakan lebih dari satu strategi penulisan ketika mereka menulis esai argumentatif. Strategi yang digunakan oleh para mahasiswa/i adalah kita dalam proses penulisan, pengelolaan waktu, penetapan tujuan, dan penggunaan beberapa sumber kuliah. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa/i adalah menggunakan strategi proses penulisan 17 (42,5%.) Strategi ini membantu siswa dalam mengatasi keterbatasan penulisan esai argumentatif. Temuan ini juga menunjukkan strategi penulisan lainnya yang digunakan oleh mahasiswa/i, seperti, membaca lebih banyak materi, membuat draf atau garis besar, melakukan penulisan
FON ; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018
ISSN Elektronik : 2614-7718 | 40
ISSN Cetak : 2086-0609
bebas, membuat skuad terdiri dari beberapa kotak untuk mengklasifikasikan setiap struktur esai, dan salah satu mahasiswa/i mengacu pada kegiatan terkait internet lainnya seperti membaca lebih banyak jurnal dan artikel bahasa Inggris. Strategi tersebut digunakan untuk mengatasi kesulitan mahasiswa/i dalam menulis esai argumentatif.
Kata kunci : strategi menulis, esai argumentatif


References


Akhadiah, Sabarti, Maidar Arsyad dan Sakura Ridwan. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alnufaie, M., & Grenfell, M. (2012). EFL students’ writing stratefies in Saudi Arabian ESP writing classes: Perspectives on learning strategies in self-access language learning. Studies in Self-Access Learning Journal, 3(4), 407-422. Retrieved from http://sisaljournal.org, on January 13th, 2017. Asmari, A. R. A. (2013). Investigation of writing strategies, writing apprehension, and writing achievement, among Saudi EFL-major students. International Education Studies, 6(11).

Ayele, Z. A. (2015). Training in metacognitive, affective and social learning strategies of writing: Its effects in improving students’ use of the strategies, the case of Hawassa university students. International Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(7). Bazerman, C. (1985). The informed writer using sources in the diciplines (2nd ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.

Brown, G. (2014). Argumentative esssay. George Brown College: Educational Resources Tutoring and Learning Centre. Retrieved February 19, 2017 from https://www.georgebrown.ca/uploadedFiles/TLC/_documents/Argumentative%20Essays.pdf Burns, A. (1999). Collaborative action research for English language teachers. Cambridge University Press. Burton, J., Quirke, P., Reichmann, C.L., Peyton, J. K. (2009). Reflective writing: A way to lifelong teacher learning. United State of America: TESL-EJ Publications.

Collins, J. L. (2008). Writing strategies. Buffalo: New York. Retrieved from http://gse.buffalo.edu/org/writingstrategies/, on January 22nd, 2017. Calderonello, A. H. & Edwards, B. L. (1986). Roughdrafts: The process of writing. Boston: Houghton Mifflin Company.

FON ; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018

ISSN Elektronik : 2614-7718 | 51

ISSN Cetak : 2086-0609

Celce Murcia Marianne & Olstain Elite. (2000). Discourse and Contex in Language Teaching.a Guide for Language Teachers. Cambridge : Cambridge University Press Creswell, J.W. (2009). Research design qualitative, quantitative, and mixed method approaches (3rded.). London: Sage Publication. Creswell, J.W. (2012). Educational research planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4thed.). Boston: Pearson. Emilia, E. (2011). Pendekatan genre-based dalam pengajaran bahasa Inggris: Petunjuk untuk guru. Bandung: RIZQI Press. Fraenkel, J and Wallen, N. (2009). How to design and evaluate research in education(7th ed.). New York: Mc Graw-Hill. Gunderson, L. 2009. ESL (ELL)literacy instruction: A guidebook to theory and practice (2nd Ed). New York and London: Routledge. Harmer, J. (2007b).The practice of English language teaching (4thed.). Pearson: Longman.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). Methods in educational research: From theory to practice. San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc. McLean, S. (2012). Successful writing. Creative Cummons (licensed). Retrieved February 2, 2017, from: 2012books.lardbucket.org/books/successful-writing/

Mohite, M. (2014). An investigation into the English language writing strategies used by EFL secondary school learners (Dissertation, London Metropolitan University, 2014). Retrieved January 5, 2017 from https://englishagenda.britishcouncil.org/sites/default/files/filefield_paths/an_investigation_into_the_english_language_writing_strategies_v2.pdf

Purdue Online Writing Lab. (2013). Argumentative essay. Retrieved January 5, 2017 from https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/685/05/ Saddler, B. & Andrade, H. (2004). The writing rubric: Intructional rubrics can help students become self-regulated writers. Educational Leadership.

Smith, C., Sadler, R., Davies, L. (2005). Assessment rubrics. GIHE: Griffifth University. Retrieved February 17, 2017 from

FON ; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018

ISSN Elektronik : 2614-7718 | 52

ISSN Cetak : 2086-0609

https://www.griffith.edu.au/__data/assets/pdf_file/0006/245634/Issues-Paper-on-rubrics.pdf Suriasumantri, Jujun S. 1996.Membangun Ilmu dan Teknologi Sejak Dini. Jakarta: Departemen dalam Negri, Direktorat Jendral Pembangunan Daerah.

Tuan, L.T. (2010). Enhancing EFL learners’ writing sklill via journal writing. English Language Teaching, 3(3).

Utami, T. A. A. (2014). Improving the ability in writing descriptive text through brainstorming technique for grade VIII students at SMPN 1 Piyungan (Thesis, Yogyakarta State University, 2014).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v12i1.1519



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]