KESADARAN FONOLOGI PADA ANAK USIA 3 TAHUN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran fonologi pada anak usia 3 tahun. Kesadaran fonologi merupakan salah satu keterampilan penting dalam kegiatan persiapan belajar membaca bagi anak usia dini. Responden dalam penelitian ini adalah tiga orang anak usia tiga tahun yang terdiri atas dua perempuan dan satu laki-laki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan uji kerja. Uji kerja terhadap responden dilakukan dengan menggunakan pedoman uji kerja yang diadaptasi dari PAST (Phonological Awareness Skill Test) yang dikembangkan oleh GRRC (Green River Regional Education Center), Kentucky, Amerika Serikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 3 tahun sudah memiliki kesadaran fonologi yang baik pada tingkatan pemenggalan kalimat, pengenalan bunyi berima, produksi bunyi berima, dan penggabungan suku kata. Kata kunci : kesadaran fonologi, anak usia dini, fonologiReferensi
Copple & Bredekamp. (2012). Developmentally Appropriate Practice. In Early Childhood
FON ; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018
ISSN Elektronik : 2614-7718 | 66
ISSN Cetak : 2086-0609
Programs, Serving Children from Birth through Age 8. Washington, DC. National Association for the Education of Young Children. Dardjowidjoyo, Soenjono, 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Duranovic, Mirela, Mensur Huseinbasic, dan Sanela Tinjak . 2012. Development of Phonological Awareness and Letter Knowledge in Bosnian Preschool Children . International Journal of Linguistics, vol. 4, no.2 Kuhl, P., Conboy, B., 2008. Phonetic learning as a pathway to language: New data and native language magnet theory expanded (NLM- e). Philosophical Transactions B, 363: 979-1000
Peppoloni, Diana dan Emanuele Bonesso. 2017. Training Phonological Awareness in Children through Pedagogical Technologies: An App for Learning Italian as a Foreign Language. International Journal of Linguistics, Vol. 9, No. 2 hal. 30-56 Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Scarborough , 2008, Developing Early Literacy Report of the National Early Literacy Pane I-A Scientific Synthesis of Early Literacy Development and Implications for Intervention, (http://lincs. ed. gov/ publications/ pdf/ Nelp Report. Pdf). Traxler, Matthew. 2011. Introduction to Psycholinguitics. New Yorks; Willey
Trehearne, Miriam. 2003. Comprehensive Literacy Resource for Kindergarten Teachers. Canada: ETA hand2mind
Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.