KESADARAN FONOLOGI PADA ANAK USIA 3 TAHUN

ASTI RAMADHANI ENDAH LESTARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran fonologi pada anak usia 3 tahun. Kesadaran fonologi merupakan salah satu keterampilan penting dalam kegiatan persiapan belajar membaca bagi anak usia dini. Responden dalam penelitian ini adalah tiga orang anak usia tiga tahun yang terdiri atas dua perempuan dan satu laki-laki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan uji kerja. Uji kerja terhadap responden dilakukan dengan menggunakan pedoman uji kerja yang diadaptasi dari PAST (Phonological Awareness Skill Test) yang dikembangkan oleh GRRC (Green River Regional Education Center), Kentucky, Amerika Serikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 3 tahun sudah memiliki kesadaran fonologi yang baik pada tingkatan pemenggalan kalimat, pengenalan bunyi berima, produksi bunyi berima, dan penggabungan suku kata. Kata kunci : kesadaran fonologi, anak usia dini, fonologi

References


Copple & Bredekamp. (2012). Developmentally Appropriate Practice. In Early Childhood

FON ; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018

ISSN Elektronik : 2614-7718 | 66

ISSN Cetak : 2086-0609

Programs, Serving Children from Birth through Age 8. Washington, DC. National Association for the Education of Young Children. Dardjowidjoyo, Soenjono, 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Duranovic, Mirela, Mensur Huseinbasic, dan Sanela Tinjak . 2012. Development of Phonological Awareness and Letter Knowledge in Bosnian Preschool Children . International Journal of Linguistics, vol. 4, no.2 Kuhl, P., Conboy, B., 2008. Phonetic learning as a pathway to language: New data and native language magnet theory expanded (NLM- e). Philosophical Transactions B, 363: 979-1000

Peppoloni, Diana dan Emanuele Bonesso. 2017. Training Phonological Awareness in Children through Pedagogical Technologies: An App for Learning Italian as a Foreign Language. International Journal of Linguistics, Vol. 9, No. 2 hal. 30-56 Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Scarborough , 2008, Developing Early Literacy Report of the National Early Literacy Pane I-A Scientific Synthesis of Early Literacy Development and Implications for Intervention, (http://lincs. ed. gov/ publications/ pdf/ Nelp Report. Pdf). Traxler, Matthew. 2011. Introduction to Psycholinguitics. New Yorks; Willey

Trehearne, Miriam. 2003. Comprehensive Literacy Resource for Kindergarten Teachers. Canada: ETA hand2mind




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v12i1.1521



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]