PENINGKATAN MINAT BACA MURID SEKOLAH DASAR MELALUI CERITA RAKYAT TORAJA DALAM BENTUK KOMIK DENGAN MEMANFAATKAN ANAK SEBAGAI TOKOH CERITA

Febriany Betteng Palondongan, Nadila Ridwan, Nurhalizah Nurhalizah

Sari


Peningkatan Minat Baca Murid Sekolah Dasar Melalui Cerita Rakyat Toraja dalam Bentuk Komik dengan Memanfaatkan Anak sebagai Tokoh Cerita. Kemampuan membaca murid Sekolah Dasar dari beberapa penelitian menunjukkan hasil yang rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan PIRLS (Progress in Internasional Reading Literacy Study) tahun 2011 menunjukkan minat baca murid Sekolah Dasar di Indonesia menduduki peringkat 41 dari 45 negara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak melalui cerita rakyat Toraja dalam bentuk media komik, serta dapat menumbuhkan karakter anak melalui alur cerita yang ada dalam komik. Penelitian ini didesain dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek murid Sekolah Dasar kelas V di Rantepao,Toraja Utara dan objek penelitian ini adalah cerita rakyat dalam bentuk komik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi serta dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media komik, hasil pretest dan posttest, menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05) . Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media komik berpengaruh dalam meningkatkan minat baca murid.

Kata Kunci: cerita rakyat, komik, minat baca.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiyani, Novita. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Kelas V SD. Jember: Universitas Jember.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Lebang, Junus Bunga. 2006. Ulelean Parena Toraya. Toraja: Siayoka.

Mullis , Ina V.S, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Kathleen T. Drucker. 2012. PIRLS 2011 International Results in Reading. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center,Lynch School of Education, Boston College.

Najah, Naqib. 2014. Suku Toraja Fanatisme Filosofi Leluhur.Makassar: Arus Timur.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, Hari. 2008. Membangun Minat Baca Anak Usia Dini melalui Penyediaan Buku Bergambar. Universitas Negeri Malang.

Sugihastuti. 2015. Sastra Anak: Teori dan Apresiasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tang, M. R., Jufri, dan Sultan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Cerita Fiksi Berbasis Wacana Budaya di Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran, 22 (2): 169-175.

Tang, M. R. dan Sultan. 2015. Pengembangan Model Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Literasi Pirls Untuk Meningkatkan Penalaran Kritis Murid Sekolah Dasar.Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakary.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Statistik