PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Yanto Budhianto

Abstract


Gerakan Literasi merupakan kegiatan yang bersifat partisipatif melibatkan seluruh warga sekolah (peserta didik, Guru, Kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite sekolah, dan orang tua wali murid). Hal ini terkait dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah bahwa Literasi identik dengan aktifitas membaca dan menulis mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat. Literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya (UNESCO, 2003).

Kemampuan Siswa sebagai subjek pembelajar dalam Gerakan Literasi Sekolah diantaranya kemampuan menentukan, mengidentifikasi , menemukan, mengevaluasi, menciptakan Informasi secara terorganisir guna mengkomunikasikannya pada tiap individu untuk berpartisifasi aktif dalam belajar di sekolah dan di masyarakat

Gerakan kolaboratif pembelajaran berbahasa di SDN 1 Kalapagunung ditekankan dalam pengefektifan Literasi dengan mewujudkan pembiasaan membaca peserta didik dalam waktu 15 menit membaca mampu mengarahkan pengembangan belajar pada tahap keterampilan reseptif, produktif maupun responsif Siswa. 

Pembelajaran berbahasa, pada Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan di SDN 1 Kalapagunung bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Literasi tiap peserta didik melalui cara dan teknik pengajaran yang dilaksanakan Guru dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menumbuhkembangkan budaya Literasi di SDN 1 Kalapagunung

 

Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa, Kemampuan Literasi


References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta

Machfudz, Imam. 2000. Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM

Salamun, M. 2002. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Tesis.. Tidak diterbitkan

https://motivatorkreatif.wordpress.com/2016/02/01/10-cara-mengembangkan-budaya-literasi-di-sekolah

Nurhadi, Mulyani Ahmad.,1978. “Pembinaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan”. Berita Perpustakaan Sekolah, 1 (5)

Wijono, 1981. “Bimbingan Membaca”. Berita Perpustakaan Sekolah, (40)




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1550



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]