ANALISIS KONJUNGSI KOORDINATIF DAN KONJUNGSI SUBORDINATIF PADA NOVEL “GURITA DAVID” KARYA WILLY W.

Ahmad Dedi Mutiadi, Didin Syamsudin

Sari


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Ada berapa dan bagaimanakah penggunaan konjungsi koordinatif pada novel “Gurita David” karya Willy W? 2) Ada berapa dan bagaimanakah penggunaan konjungsi subordinatif pada novel “Gurita David” karya Willy W?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analitis. Teknik pemerolehan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah novel “Gurita David” Karya Willy W, maka berdasarkan analisis yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa 1) ternyata ada 1194 konjungsi koordinatif yang digunakan dan dari 1194 konjungsi koordinatif yang digunakan pada kalimat-kalimat yang ada di novel “Gurita David” karya Willy W ada 253 penggunaan konjungsi koordinatif yang tidak tepat dengan perincian sebagai berikut. Penggunaan konjungsi koordinatif dan (mengandung hubungan makna penjumlahan) 160 pemakaian dan penggunaan konjungsi tetapi (mengandung hubungan makna pertentangan) 93 pemakaian. Jadi frekuensi ketidaktepatan penggunaan konjungsi koordinatif mencapai 21.2 %, 2) ternyata ada 2838 konjungsi subordinatif yang digunakan dan dari 2838 konjungsi subrdinatif yang digunakan pada kalimat-kalimat yang ada di novel “Gurita David” karya Willy W ada satu penggunaan konjungsi subordinatif yang tidak tepat yaitu konjungsi subordinatif yang (mengandung hubungan makna penerang). Jadi, frekuensi ketidaktepatan penggunaan konjungsi koordinatif mencapai 0.04 %.
Kata kunci : konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, novel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsuka, Nirwan Ahmad. (2001). Kata, Waktu: Esai-Esai Gunawan Muhamad 1960-2001. Jakarta: Pusat Data dan Analisa Tempo.

Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta. Cunandar, Dadang. (2009). Skripsi Teknik Persuasi dalam Teks Pidato Soekarno di Depan Mahasiswa, pemuda, dan Pelajar. Kuningan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi. Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengembangan Kemampuan Menulis Sastra. Buku 3.

Jakarta: Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen Depdiknas

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Fuziara Desie. (2010). Skripsi Unsur-unsur Intrinsik Kumpulan Cerpen “Sampah Bulan Desember” Karya Hamsad Rangkuti Sebagai Upaya pemilihan Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Kuningan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Puspill-Bandung.

Sudewa, Ari. (2011). Bahasa dan Sastra. Powered by WordPress.com. http://arisudev. wordpress. com/. 5

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kleden, Ignas. (2004). Sastra Indonesia dalam Enam Pertanyaan. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Martiningtyas, Nining. (2011). Teori,Soal Pembahasan STATISTIKA. Jakarta PT Prestasi Pustakaraya.

Munsyi, Alif Danya. (2005). Bahasa Menunjukan Bangsa. Jakarta: Percetakan Grafika Madri Yuana..

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v4i1.169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats