ANALISIS PELAFALAN ANAK USIA 2 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN KOSAKATA DASAR YANG BERKENAAN DENGAN OBJEK-OBJEK DI SEKITARNYA

Ajat Sudrajat, Anah Nurhasanah

Abstract


Penulis merumuskan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pelafalan anak usia 2 (dua) tahun dengan menggunakan kosakata dasar yang berkenaan dengan objek-objek di sekitarnyaâ€. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: studi pustaka, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan hp untuk merekam pelafalan anak. Populasi dalam penelitian ini anak usia 2 tahun yang ada di kelurahan Citangtu sebanyak 6 anak. Dari hasil analisis dapat peneliti simpulkan bahwa pelafalan kosakata dasar yang berkenaan dengan objek-objek di sekitarnya belum fasih dilafalkan anak usia 2 (dua) tahun, karena pada pelafalan tersebut ditemukan tuturan yang belum lengkap berupa penyederhanaan seperti penghilangan satu atau lebih fonem pada awal kata yaitu: fonem /k/; fonem /p/; fonem /m/; fonem /s/; fonem /b/; fonem /d/; fonem /t/; fonem /h/; fonem /l/; fonem /i/; fonem /r/; fonem /j/; fonem /c/; fonem /g/, pada tengah kata yaitu: fonem /h/ dan fonem /n/, pada akhir kata yaitu fonem /k/, pada awal dan tengah kata pada kata /rambut/-/abut/; /mandi/-/adi/; /pergi/-/É™gi/; /bersih/-/É™cih/; /lambat/-/amat/, pada awal dan akhir kata pada kata /adik/-/di/; /tanah/-/ana/, dan pada satu suku kata di awal kata yaitu pada kata /kakek/-/tek/; /leher/-/hen/; /bahu/-hu/; /rambut/-/but/; /mata/-/ta/; /hidung/-/duÅ‹/; /perut/-/lut/; /bibir/-/bil/; /lidah/-/dah/; /paha/-/ta/; /paha/-/ha/; /kaki/-/ti/; /betis/-/tis/; /sana/-/na/; /saya/-/ya/; /kita/-/ta/; /lima/-/ma/; /tiga/-/da/; /makan/-/tan/; /minum/-/num/; /pergi/-/gi/; /lambat/-/bat/; /besar/-/can/; /kenyang/-/ñaÅ‹/; /kecil/-/cin/; /kotor/-/ton/; /banyak/-/ñak/; /muda/-/da/; /hidup/-/dup/; /langit/-/Å‹it/; /bulan/-/lan/. Penggantian fonem yaitu: fonem /k/ menjadi fonem /t/ dan fonem /n/; fonem /r/ menjadi fonem /l/, fonem /n/ dan fonem /Å‹/; fonem /s/ menjadi fonem /n/, fonem /c/ dan fonem /t/; fonem /p/ menjadi fonem /m/, fonem /t/ dan fonem /k/; fonem /a/ menjadi fonem /i/ dan fonem /É™/; fonem /g/ menjadi fonem /d/; fonem /Å‹/ menjadi fonem /n/; fonem /ñ/ menjadi fonem /n/; fonem /j/ menjadi fonem /d/; fonem /m/ menjadi fonem /b/ dan fonem /t/; fonem /b/ menjadi fonem /m/; fonem /l/ menjadi fonem /m//; fonem /n/ menjadi fonem /Å‹/; fonem /h/ menjadi fonem /t/; fonem /t/ menjadi fonem /p/; fonem /d/ menjadi fonem /t/. Penambahan fonem /n/ pada kata /betis/-/É™ntis/; /ini/-/nini/ dan fonem /h/ pada kata /dada/-/dadah/; /sana/-/anah/. Perubahan bunyi kata pada kata /paman/-/tapal/; /leher/ -/helÉ™n/; /bahu/-/pÉ™u/; /dagu/-/gadu/; /dada/-/dagIÅ‹/; /kita/-/pa/; /pergi/-/bedi/; /kenyang/-/Å‹É™nal/.
Kata kunci : pelafalan anak, kosa kata dasar, benda di sekitarnya

References


Ahyadi, Didi dan Ahmad Dedi Mutiadi. (2004). Linguistik Umum. Kuningan: FKIP Universitas Kuningan.

Ahyadi, Didi dan Ahmad Dedi Mutiadi. (2006). Linguistik Umum. Kuningan: FKIP Universitas Kuningan.

Akbar, Reni dan Hawadi. (2006). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Alwi, Hasan, dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhim, Abdul dan Syakir. (2002). Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Jakarta: Gema Insani Press.

Chaer, Abdul. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Aninka billah.

Iskandar. (1988). Pemerolehan Bahasa. Bogor: FKIP Universitas Pakuan Bogor.

Lie, Anita. (2003). 101 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Marsono. (2008). Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muslich, Masnur. (2010). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta, W.J.S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur.(1995). Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago. Dkk. (1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v4i1.172



Copyright (c)



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]