KAJIAN VARIASI BAHASA PADA STATUS YANG DIBUAT OLEH PENGGUNA TWITTER YANG BERGABUNG DENGAN AKUN TWITTER SAQINAA MELISA PERIODE JANUARI 2014

Asep Jejen Jaelani, Saqina Melisa

Sari


Bahasa nasional di Indonesia adalah bahasa Indonesia, munculnya variasi bahasa yang digunakan dalam status pengguna twitter ini jelas merusak bahasa nasional. Untuk itu peneliti merasa terdorong untuk melakukan penelitian tentang “Kajian Variasi Bahasa pada Status yang Dibuat oleh Pengguna Twitter yang Bergabung dengan Akun Twitter Saqinaa Melisa Periode Januari 2014”. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan penelitian ini adalah 1) Variasi bahasa apa yang digunakan pada status yang dibuat oleh pengguna twitter yang bergabung dengan akun twitter Saqina Melisa periode Januari 2014? 2) Variasi bahasa apa yang paling banyak digunakan pada status yang dibuat oleh pengguna twitter yang bergabung dengan akun twitter Saqinaa Melisa periode Januari 2014? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pemerolehan data menggunakan studi pustaka, dan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah status yang dibuat oleh pengguna twitter yang bergabung dengan akun twitter Saqinaa Melisa periode Januari 2014 yang berjumlah 477 buah. Sampel yang diambil dalam penelitian ini hanya 114 buah status, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan, yaitu sampel bertujuan atau purposive sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Variasi bahasa yang digunakan pada status yang dibuat oleh pengguna twitter yang bergabung dengan akun twitter Saqinaa Melisa periode Januari 2014 adalah variasi bahasa Slang / Prokem dan Akrolek. 2) Variasi bahasa yang paling banyak digunakan pada status yang dibuat oleh pengguna twitter yang bergabung dengan akun twitter Saqinaa Melisa periode Januari 2014 adalah variasi bahasa Slang / Prokem. Dari 114 status yang dijadikan sampel penelitian, 74 status termasuk kedalam variasi bahasa Slang / Prokem, dan 40 status lainnya termasuk kedalam variasi bahasa akrolek.
Kata kunci : variasi bahasa, akun twitter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyadi, Didi. (2006). Linguistik Umum. Kuningan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie.(2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta.

Ensiklopedi Kebahasaan Indonesia.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PUSBILL – Bandung.

IDE Media Solution. (2011). Sejarah Twitter dan Penemunya Jack Dorsey. (online). Tersedia :http://www.idewp.com/id/sejarah-twitter-dan-penemunya-jack-dorsey - html [8 Juni 2011].

Juniar, Rizal. (2013). Kegunaan Twitter. (online). Tersedia : http://www.rijalj.blogspot.com– html [10 Januari 2013].

Maryani, (2009). Twitter dan Istilah yang Dipergunakan dalam Twitter. (online). Tersedia : http://www.maryani.blogapot.com - html [5 Desember 2009].

Nababan, P.W.J. (1984). Sosiolinguistik Suatu pengantar. Jakarta : PT Gramedia.

Sumarsono, (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta : SABDA (Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v4i1.173

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats