HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA PBSI TENTANG PROFESI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PBSI DI UNIVERSITAS KUNINGAN
Abstract
Berdasarkan penelitian, hasil uji statistik variabel X (Persepsi Mahasiswa PBSI tentang Profesi Guru) Terdapat 39 mahasiswa (52,7%) yang memiliki persepsi baik dan terdapat 34 mahasiswa (45,9%) yang memiliki persepsi tidak baik. Hasil uji statistik variabel Y (Prestasi Belajar) terdapat 40 mahasiswa (54,1%) memiliki prestasi baik dan ada 34 mahasiswa (45,9%) yang memiliki prestasi tidak baik. Nilai koefisien korelasi p=0,970 maka p<α dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan persepsi yang baik dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan.
Kata kunci: persepsi, profesi dan prestasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustianty. (2008). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi. Pada http:/www.duniapsikologi.com diunggah pada tanggal 25 desember 2012.
Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (1984). Pendidikan Guru. Bandung : Pustaka Martiana.
Heryadi, Dedi (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill – Bandung.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung persada press.
Kartono, K. (2004). Psikologi Umum. Bandung : Mandar.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution, S. (1982). Metode Research. Bandung : Jemmars. Notoatmodjo, S. (2003). Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta:Rineka Cipta.
Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Poerwadarminto. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta cv.
Sulistiyowati. (2008). Hubungan Antara Persepsi Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jakarta.
Syah. (2005). Motivasi Belajar. pada http://androskripsi.blogspot.com, diunggah pada tanggal 25 desember 2012.
Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.184
Copyright (c)
Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan
Pos. 45513 | [email protected]