HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA PBSI TENTANG PROFESI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PBSI DI UNIVERSITAS KUNINGAN

Ifah Hanifah

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah baik dan tidak baiknya persepsi dan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan, serta adakah hubungannya diantara kedua variabel tersebut. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut (1) Bagaimana persepsi mahasiswa PBSI terhadap profesi guru?, (2) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan?, (3) Adakah hubungan antara persepsi mahasiswa PBSI tentang profesi guru dengan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa PBSI tentang profesi guru dengan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatankuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitucara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam populasi tersebut. Instrumen yang digunakan angket berbentuk skala likert dengan 4 option yang terdiri dari 37 pernyataan. Kemudian penulis melakukan analisis data menggunakan prosentase dan koefisien korelasi. Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada hubungan antara persepsi mahasiswa PBSI tentang profesi guru dengan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan”.
Berdasarkan penelitian, hasil uji statistik variabel X (Persepsi Mahasiswa PBSI tentang Profesi Guru) Terdapat 39 mahasiswa (52,7%) yang memiliki persepsi baik dan terdapat 34 mahasiswa (45,9%) yang memiliki persepsi tidak baik. Hasil uji statistik variabel Y (Prestasi Belajar) terdapat 40 mahasiswa (54,1%) memiliki prestasi baik dan ada 34 mahasiswa (45,9%) yang memiliki prestasi tidak baik. Nilai koefisien korelasi p=0,970 maka p<α dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan persepsi yang baik dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan.
Kata kunci: persepsi, profesi dan prestasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustianty. (2008). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi. Pada http:/www.duniapsikologi.com diunggah pada tanggal 25 desember 2012.

Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (1984). Pendidikan Guru. Bandung : Pustaka Martiana.

Heryadi, Dedi (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill – Bandung.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung persada press.

Kartono, K. (2004). Psikologi Umum. Bandung : Mandar.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution, S. (1982). Metode Research. Bandung : Jemmars. Notoatmodjo, S. (2003). Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta:Rineka Cipta.

Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Poerwadarminto. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta cv.

Sulistiyowati. (2008). Hubungan Antara Persepsi Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jakarta.

Syah. (2005). Motivasi Belajar. pada http://androskripsi.blogspot.com, diunggah pada tanggal 25 desember 2012.

Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.184

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



Jurnal Indeks

Aplikasi pendukung

View My Stats