NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA SEBUAH ANALISIS UNSUR TEMA, TOKOH, PERWATAKAN, AMANAT
Abstract
Kata kunci : Unsur intrinsic, nilai pendidikan, novel
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amin Abdullah. (2002)Antara al- Ghazali dan Kant: Filsatat Etika Islam, Penerjemah Hamzah, Bandung: Mizan. Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta; PT. Rineka Cipta
Atmosuwito, Subijantoro. (1987). Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Chamidah dalam http://hadirukiyah2.blogspot.com/2009/09/analisis-unsur-intrinsik-roman.html
Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.
Eagleton, Terry dan Muhammad HJ. Salleh. (1988). Teori Kesusastraan : Satu Pengenalan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Encu Ardiansyah. (2009). Analisis Tema, Tokoh dan Perwatakan. Amat serta Nilai-nilai Didaktis dan Estetika yang Terkandung Dalam Kumpulan Cerpen “Dan Malaikatpun Rukuk†Karya Pengarang Forum Lingkar Pena (FlP). Prodi Bahasa dan Sastra
Indonesia. FKIP. Universitas Kuningan.
Endraswara, Suwardi. (2011a). Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Caps
Esten, Mursal. (1978). Kesusasteraan : Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung : Angkasa
HAMKA. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. (1986). Cetakan keenam belas Jakarta: Bulan Bintang
Mawadah, Ade Husnul. (2012). Bicara Sastra (Analisis Karya Sastra dengan Berbagai Pendekatan). Serang: Dunia Kata
Mahmud, Kusman K. (2011). Pengarang dalam Karya Telaah Terbatas Atas Kehadiran Diri Pramoedya Ananta Toer dalam Fiksi-fiksinya Satu Tinjauan Estetika Sastra. Unpad Jatinangor
Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi Cetak Ulang VIII. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pidarta, Made. (1997). Landasan Kependidikan. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
_________________. (2010a). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Ratna, Nyoman Kutha. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar
_________________. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Cetak Ulang IX. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusyana, Yus. (1988). Bahasa dan Sastra Dalam Gamitan Pendidikan. Bandung; CV. Diponegoro.
Santosa, Wijaya Heru dan Wahyuningtyas, Sri. (2010). Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka
Semi, M. Atar. (1988). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya
Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra . Jakarta : Grasindo.
Sudjiman, Panuti. (1986). Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Gramedia
____________. (1990). Kamus Istilah Sastra. Jakarta : UI Press
Sugiantomas, Aan. (1997). Apresiasi Prosa Fiksi (Materi Perkuliahan). Kuningan; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kuningan.
_______________. (2002). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra (Materi Perkuliahan). Kuningan; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kuningan.
_______________. (2002). Kajian Prosa Fiksi dan Drama (Materi Perkuliahan). Kuningan; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kuningan.
Suharianto. (1982).Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta; Widya Duta.
Surakhmad, Winarno. (1982). Pengantar Ilmiah Dasar Metode Teknik, Bandung : Tarsito.
Tarigan,Hendri Guntur.(1986).Prinsip Dasar-Dasar Sastra. Bandung; PT. Angkasa.
Wellek & Warren. (1995). Teori Kesusastraan. Di Indonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum.
DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.186
Copyright (c)
Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan
Pos. 45513 | journal.fon@uniku.ac.id