PERBANDINGAN NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN DENGAN MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Runi Fazalani

Abstract


ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui betapa berpengaruhnya kecanti-kan yang dimiliki oleh seorang perempuan tokoh utama dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Kecantikan dapat mengakibatkan keperibadian seseorang merasa terancam. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan pengaruh cantik terhadap tokoh utama perempuan dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pemahaman secara mendalam dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber datanya novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Data yang bersumber dari satuan-satuan bahasa yang berupa kutipan cerita. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kecantikan yang dimiliki oleh tokoh utama dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan.

KATA KUNCI: psikologi sastra, kecantikan dan perempuan.

 

 

ABSTRACT: The objectives of this reseach are how the influence owned by beauty a women the main character in Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas by Pramoedya Ananta Toer . The beauty can lead the personality of a feeling person threatened. The as for problem to in this research is how the comparison of the beautiful influence of the main character womwns in the Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas  by Pramoedya Ananta Toer. This reseach using qualitative descriptive method with deep understanding and the using literature psychology the approach. The source of the data are Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan dan Midah Simanis Bergigi Emas novel by Pramoedya Ananta Toer. The data source from the language units in the from of story quotes. The research of results show the influence of a beauty possessed by the main character in the Cantik Itu Luka novel by Eka Kurniawan and Midah Simanis Bergigi Emas novel by Pramoedya Ananta Toer.

KEY WORDS: literature psychology, beauty and womens.


References


Frawisandi. (2006). Tubuh Dalam Budaya. Jokjakarta: Liks pelangi aksara.

Siswanto. (2005). Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologi. Yogyakarta: Muhammadyah University Press.

Zaimar, Okke, K.S. (2003). Psikoanalisis dan Analisis Sastra. Depok: Pusat Penelitian Kemas-yarakatan dan Budaya Lembaga Penelitian Universitas Indonesia.

Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Jogjakarta: Pustaka Widyatama.

Eka Kurniawan. (2015). Cantik Itu Luka. Jakarta: PT Gramadia Pustaka Utama.

Rizkiasari, A. O. (2016). Konflik Psikologis Tokoh Perempuan Dalam N Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1, 5(6).

Nurhayati, H. (2008). Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Midah, Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer: Tinjauan Psikologi Sastra (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v14i1.2089



Copyright (c) 2019 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]