BAHAN AJAR MATAKULIAH BAHASA INDONESIA UNTUK JURUSAN ILMU HUKUM
Abstrak
ABSTRAK: Artikel ini menguraikan tentang hasil penelitian analisis kebutuhan bahan ajar mata kuliah bahasa indonesi pada jurusan ilmu hukum. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengolahan data dilakukan dengan langkah, reduksi, klasifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matakuliah bahasa indonesia jurusan ilmu hukum mencakup materi tentang (1) membaca dengan analisis untuk mengetahui gagasan atu ide-ide bacaan dan melakukan penilaian bahan bacaan, (3) mendeskripsikan suatu kejadian yang beraspek hukum dalam bentuk tertulis secara objektif, (4) menulis karya ilmiah, (5) menyimak, dan (6) berbicara ilmiah. Penelitian ini juga merekomendasikan penyesuaian silabus mata kuliah Bahasa Indonesia.
KATA KUNCI: Bahan Ajar, Bahasa Indonesia, Ilmu Hukum.
ABSTRACT: This article describes the results of research into the analysis of the needs of Indonesian language teaching materials in the department of law. This research is a qualitative research with descriptive research. Data collection is done by interview and data processing is done by steps, reduction, classification, and conclusion collection. The results of the study show that Indonesian language teaching materials majoring in law include material about (1) reading with analysis to understand thinking or reading ideas and reading reading material, (3) describing cases that have aspects (4) writing scientific papers, (5) listening, and (6) speaking scientifically. Syllabus of Indonesian Language courses.
KEYWORD: Indonesian Language, Legal Studies, Teaching Material.Referensi
Anton, M. Moeliono, dkk. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Attamimi A. Hamid, (1997). Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan, Majalah Hukum dan Pembangunan, Jakarta
Creswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.
Dick, Walter and Carey, Lou. (2001). The Sistemetic Design of Instruction. Illionois: Scott, Foresman and Company.
Karim, M. (2000). Pemilihan Bahan Pengajaran. Jakarta: Penlok P3G.
Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Miles, B.B., dan A.M. Huberman, (1992), Analisa Data Kualitatif, Jakarta: UI Press Modul 5, Bahasa Perundang-Undangan, Diklat Teknis Penyusunan Praturan Perudang-undangan (Legal Drafting), Tahun 2009.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Kemendikbud. (2012). UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.