KESALAHAN SINTAKSIS PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA SMP NEGERI 254 JAKARTA

Endang Wiyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan sintaksis pada karangan eksposisi siswa kelas IX SMP Negeri 254 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis karangan eksposisi tersebut adalah metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Karangan eksposisi siswa yang diteliti berjumlah 34 karangan. Jenis kesalahan sintaksis yang ditemukan terdiri atas kesalahan pada ketidaktepatan bentuk kata sebanyak 103 kalimat atau 27,8%, kalimat yang tidak tepat dalam pilihan kata/diksi sebanyak 88 kalimat atau 23,7%, kalimat mubazir atau pleonasme sebanyak 87 kalimat atau 23,4%, kalimat yang berstruktur tidak baku sebanyak 42 kalimat atau 11,3%, kalimat yang ambigu sebanyak 20 kalimat atau 5,4%, kalimat yang tidak memiliki logika atau mengalami kesalahan nalar sebanyak 17 kalimat atau 4,6%, dan kontaminasi atau kerancuan kalimat sebanyak 14 kalimat atau 3,8%. Berdasarkan persentase hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa siswa masih menggunakan pilihan kata/diksi yang kurang tepat, struktur kalimat yang tidak baku, bentuk kata yang tidak tepat, kalimat mubazir, kalimat rancu, dan kalimat ambigu. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk menentukan langkah-langkah dalam proses pembelajaran, menyusun materi pembelajaran secara bertahap dari yang mudah ke yang sukar, dari yang sederhana ke yang rumit, dan sebagainya.

Kata Kunci: kesalahan sintaksis, karangan eksposisi

ABSTRACT
 
The purpose of this study is to analyze the syntax error on the exposition of grade IX student in SMP Negeri 254 Jakarta. The method  used  to analyze the exposition  is  content  analysis  method with qualitative approach. The exposition who research  amounted  to 34. In the exposition are found in 140 sentences with 371 syntax error. Types of errors found consisting of  syntax errors in the in appropriateness of  the  sentence  of  103  sentences   or   27,8 %,   a  sentence  that  is  not appropriate in the choice of  words/ diction  as  many as  88  sentences  or  23,7%,   redundant  sentences  or  sentence  or  redundancy  as much as  87 sentences   or  23,4 %,  non-standard  sentence  structure   as  much  as  42 sentences or 11,3%,  an ambiguous sentence of  20  sentences or  5,4%, the sentence  that  has  no logic or reasoning errors  as  much  as  17  sentences  or  4,6 %,  and  contamination or confusion  sentence  of  14  sentences  or 3,8%.  Based on the percentage of findings, can be concluded that students still use not appropriate in the choice of  words/diction, nonstandard  sentence, consisting of  syntax errors in the in appropriateness of  the  sentence,  redundant  sentences  or  sentence  or  redundancy ,  the sentence  that  has  no logic or reasoning , contamination 3n or confusion , and an ambiguous sentences. We hope this research can be used to determine the steps in the learning process, preparing learning materials gradually from easy to difficult, from simple to complex, and so forth.  
 
Keywords: syntax error, exposition article


References


Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Depdiknas. 2013. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

H.P., Achmad. 2008. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif. Bandung: Refika Aditama.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis, Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Research and Development. Bandung : Alfabeta

Sumarlam, dkk. 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago. 2009. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

-------. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Morfologi. Bandung: Angkasa.

--------. 2009. Pengajaran Sintaksis. Bandung : Angkasa

--------.2011. Pengajaran Analisis Konstrastif Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v12i1.2166



Copyright (c) 2019 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]