PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LURAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 DALAM MEMAHAMI ISI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENYIMAK DAN TEKNIK MEMBACA

Yusida Gloriani, Nila Karnilasari

Abstract


Judul penelitian ini adalah Perbedaan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luragung Tahun Ajaran 2014/2015 dalam Memahami Isi Cerpen dengan Menggunakan Teknik Menyimak dan Teknik Membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran tahun 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak? 2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca? 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII 2 dan VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran tahun 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak dan teknik membaca? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif komparatif. Simpulan : 1) kemampuan siswa kelas VII 2 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak berada pada kriteria baik, karena memperoleh nilai rata-rata pada 66,16 yang berada pada rentan (66,00 – 80,00). Jadi hipotesis ditolak. 2) kemampuan siswa kelas VII 8 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca berada pada kriteria cukup, karena memperoleh nilai rata-rata pada 58,44 yang berada pada rentan (56,00-65,00). Jadi hipotesis ditolak. 3) terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII 2 dan VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran 2014/2015 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca dan teknik menyimak hasilnya adalah sebagai berikut. Hasil uji perbedaan dengan menggunakan uji t antara teknik membaca dan teknik menyimak cerpen “Mata” karya Titi Said. Nilai t tabel (dk 70) dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% diperoleh 2,000. Nilai t hitung diperoleh 1,99 Ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, simpulannya tidak menunjukkan perbedaan atau tidak signifikan. Jadi hipotesis ditolak.
Kata kunci: perbedaan kemampuan siswa, memahami isi cerpen, teknik menyimak dan teknik membaca


References


Abiding, Yunus. 2012. Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung. PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Furchan, Arief. 2005. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta.Pustaka Pelajar

Gani, Erizal. 2013. Komponen-Komponen Karya Tulis Ilmiah. Bandung : Pustaka Reka Cipta

Heryadi, Dedi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasik Malaya: Universitas Siliwangi

Heryadi, Dedi. 2008. Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan. Tasik Malaya: Universitas Siliwangi

Nurgiantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Purwandari, Retno Qoni‟ah. 2012. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Familia

Said, Titi. 2004. Kalung Dari Gunung. Jakarta. Bestari

Sugiantomas, Aan. 2011. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia. Kuningan. FKIP Universitas Kuningan

Sugiantomas, Aan. 2012. Kajian Prosa Fiksi Dan Drama. Kuningan. FKIP Universitas Kuningan

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian. Bandung. PT Refika Aditama

Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsido Bandung

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Satuan Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa Bandung

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Satuan Keterampilan Membaca. Bandung. Angkasa Bandung

(http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bhs._dan_sastra_indonesia/19660629199 1031)




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.2235



Copyright (c) 2019 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]