PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LURAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 DALAM MEMAHAMI ISI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENYIMAK DAN TEKNIK MEMBACA
Abstrak
Judul penelitian ini adalah Perbedaan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luragung Tahun Ajaran 2014/2015 dalam Memahami Isi Cerpen dengan Menggunakan Teknik Menyimak dan Teknik Membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran tahun 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak? 2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca? 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII 2 dan VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran tahun 2014/2015 dalam memahami isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak dan teknik membaca? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif komparatif. Simpulan : 1) kemampuan siswa kelas VII 2 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik menyimak berada pada kriteria baik, karena memperoleh nilai rata-rata pada 66,16 yang berada pada rentan (66,00 – 80,00). Jadi hipotesis ditolak. 2) kemampuan siswa kelas VII 8 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca berada pada kriteria cukup, karena memperoleh nilai rata-rata pada 58,44 yang berada pada rentan (56,00-65,00). Jadi hipotesis ditolak. 3) terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII 2 dan VII 8 SMP Negeri 1 Luragung tahun ajaran 2014/2015 dalam memahami unsur isi cerpen “Mata” karya Titi Said dengan menggunakan teknik membaca dan teknik menyimak hasilnya adalah sebagai berikut. Hasil uji perbedaan dengan menggunakan uji t antara teknik membaca dan teknik menyimak cerpen “Mata” karya Titi Said. Nilai t tabel (dk 70) dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% diperoleh 2,000. Nilai t hitung diperoleh 1,99 Ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, simpulannya tidak menunjukkan perbedaan atau tidak signifikan. Jadi hipotesis ditolak.
Kata kunci: perbedaan kemampuan siswa, memahami isi cerpen, teknik menyimak dan teknik membaca
Referensi
Abiding, Yunus. 2012. Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung. PT Refika Aditama
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Furchan, Arief. 2005. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta.Pustaka Pelajar
Gani, Erizal. 2013. Komponen-Komponen Karya Tulis Ilmiah. Bandung : Pustaka Reka Cipta
Heryadi, Dedi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasik Malaya: Universitas Siliwangi
Heryadi, Dedi. 2008. Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan. Tasik Malaya: Universitas Siliwangi
Nurgiantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Purwandari, Retno Qoni‟ah. 2012. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Familia
Said, Titi. 2004. Kalung Dari Gunung. Jakarta. Bestari
Sugiantomas, Aan. 2011. Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia. Kuningan. FKIP Universitas Kuningan
Sugiantomas, Aan. 2012. Kajian Prosa Fiksi Dan Drama. Kuningan. FKIP Universitas Kuningan
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian. Bandung. PT Refika Aditama
Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsido Bandung
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Satuan Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa Bandung
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Satuan Keterampilan Membaca. Bandung. Angkasa Bandung
(http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bhs._dan_sastra_indonesia/19660629199 1031)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.