KEPRAKTISAN BAHAN AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN SAINTIFIK

Zahra Alwi, Ernalida Ernalida, Yenni Lidyawati

Abstract


ABSTRAK: Perencanaan Pembelajaran merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya pada semester enam. Matakuliah tersebut memberikan panduan untuk calon guru dalam membuat perangkat pembelajaran dan meyimulasikannya. Untuk mengetahui kepraktisan buku ajar Perencanaan Pembelajaran Bahasa  Berbasis Pendidikan karakter dan Pendekatan Saintifik (PPBPKPS) yang sudah dikembangkan dan divalidasi oleh para ahli dan sudah diterbitkan cetakan pertama, perlu diketahui, “Bagaimanakah kepraktisan  buku  PPBPKPS, dilihat dari uji one-to-one dan uji small grup? Metode yang digunakan, bagian dari penelitian dan pengembanganfase keempat, deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 6 kelas Inderalaya dan kelas Palembang, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes,  analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Tingkat kepraktisan yang digunakan mengacu pada kriteria berikut ini. 1) tidak praktis (0—54), 2) kurang praktis (55—59), 3) cukup praktis (60—75), 4) praktis (76—85), dan 5) sangat praktis (86—100). Dari uji kepraktisanbahan ajar PPBPKPS, terlihat dari  4 aspek yang terpenuhi yakni: efektif, kreatif, efisien, dan menarik. Hasil nilai kepraktisan dari data one to one diperoleh rata-rata nilai 80.05 dan dari small grup diperoleh rata-rata 81,03, berarti bahan ajar ini tergolong praktis. Selanjutnya bahan ajar tersebut dapat digunakan oleh mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dan oleh guru di lapangan.

KATA KUNCI: Bahan Ajar; Karakter;  Kepraktisan; Saintifik.

PRACTICES OF TEACHING MATERIALS LEARNING BASED ON CHARACTER AND SAINTIFIC EDUCATION

 

ABSTRACT: Learning Planning is a compulsory subject that must be attended by students of the Indonesian Language and Literature education program FKIP Sriwijaya University in the sixth semester. The course provides guidance for prospective teachers in making learning tools and simulating them. To find out the practicality of textbooks based on Character Learning and Scientific Approaches (PPBPKPS) that have been developed and validated by experts and published the first print, the problem is, " What is the practicality of the PPBPKPS book, seen from the one-to-one test and the small group test? The method used is part of research and development, the fourth phase. The research subjects were 6th semester students of Inderalaya and Palembang classes, data collection techniques using questionnaires, interviews, and tests, the data analysis used was descriptive statistical analysis. The level of practicality used refers to the following criteria. 1) impractical (0-54), 2) rather-practical (55-59), 3) quite practical (60-75), 4) practical (76-85), and 5) very practical (86-100). From the practicality test of PPBPKPS teaching materials, it can be seen from 4 aspects that are fulfilled namely: effective, creative, efficient, and interesting, the results of practicality values from one to one data obtained an average value of 80.05 and from the small group an average of 81.03 means this teaching material is classified as practical. Furthermore, these teaching materials can be used by students in lecturing activities and by teachers in the field.

KEYWORDS: Teaching Material; Practicality; Character, Scientific

References


DAFTAR PUSTAKA

Afrizon, Renol, Wahyuni Satria Dewi. (2019). Kepraktisan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Bermuatan Model Cooperative Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan. http://jep.ppj.unp. ac.id/index.php/jep.

Akhwan, M. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/ Madrasah. Makalah disajikan dalam diskusi dosen Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

Alwi, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Syair Berbasis Kearifan Lokal:Modul dan Compact Disk untuk Kelas IX MTs di Kota Palembang. Disertasi Palembang: UIN Raden Fatah.

Creswell, John W. (2014). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Englewood Cliff, New Jersey: Pearson Merill Prentice Hall.

Cunningsworth, Alan. (1995). Choosing Your Coursebook. Oxford: Heinemann Publishers Ltd.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoretir Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dick, Walter, and Lou Carey. (2015). The Sistematic Design of Instruction. Eigth edition. New York: Harper Collins Colledge Publishers.

Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Thesis. University of Twente, Enshcede.

Gall, Meredith D. Joyce P. Gall, and Walter R. Borg, Educational Research Introduction. Eighth Edition. (2007). USA: Pearson Education, Inc.

Jan van den Akker, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly. Nienke Nieveen, Tjeerd Plomp. (2013). Educational Design Research Part A: Introduction. Netherlands Institute for Curriculum

Development (SLO), Enschede, the Netherlands

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2010). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. International Journal of History Education Vol. 3 No. 1, 11--16.

Richey, Rita C. and James D. Klein. (1997). Desain and Development Research. New York, Routledge.

Zubaedi. (2011). Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312



Copyright (c) 2020 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]