PEMEROLEHAN BAHASA ANAK SOMALIA UMUR 4 TAHUN TERHADAP BAHASA KEDUA DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT CIPUTAT TANGERANG SELATAN
Abstrak
ABSTAK: Faktor lingkungan sangat penting dalam pertumbuhan anak, terutama dalam perolehan bahasa anak-anak, semua manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa yang sama dan ada juga yang menggunakan bahasa yang berbeda, dalam penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian pada anak-anak Somalia yang berusia 4 tahun 8 bulan dan akan memperdalam bahasa kedua anak Somalia ini, yang bertepatan sekarang berdomisili di Indonesia, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh informasi mendalam baik secara teori maupun informasi tentang anak somalia yang tinggal di Indonesia. Faktor lingkungan menjadi sangat penting dalam penelitian tentang penguasaan bahasa anak-anak Somalia yang berusia 4 tahun dan 8 bulan.
KATA KUNCI: faktor lingkungan; pemerolehan bahasa; bahasa kedua;anak Somalia.
LANGUANGE AQUISTION OF SOMALI CHILDREN 4 YEARS OLD AGAINST LANGUANGE IN CIPUTAT SOUTH TANGERANG COMUNITY ENVIRONMENT
ABSTRACT: Environmental factors are very important in the growth of a child, especially in the acquisition of children's language, all humans communicate and interact with others using the same language and there are also using different languages, in this study researchers will conduct research on Somali children aged 4 8 months and will deepen the second language of this Somali child, which coincides now domiciled in Indonesia, in this study using a qualitative descriptive method. This method is used to obtain in-depth information both in theory and information on somalia children who live in Indonesia. Environmental factors become very important in research on language acquisition of Somali children aged 4 years and 8 months.
KEYWORDS: Environment; Language Acquisition; Second Language; Somali Children.
Referensi
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolingusitik pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Johan S. dan Albi A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Natsir, N. Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika. Volume 10, nomor 1, Februari.
Nuryani dan Putra K. A. D. (2013). Psikolinguistik. Ciputat: Mahzab Ciputat.
Oktavia, Y. dan Abdullah Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Roekhan, N. (1990). Dimensi-dimensi dalam belajar bahasa kedua. Bandung: Sinar Baru YA3 Malang
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.