PENINGKATAN KEAKTIPAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KOMPETENSI MENULIS DALAM TEKS PROSEDUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris kompetensi menulis teks procedure dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemis dan Mc Tagart yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Secara keseluruhan (dua siklus) hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match berhasil meningkatkan ketuntasan dari 2 siswa (5,71%) menjadi 29 siswa (82,85%) atau naik 27 siswa (77,14%). Sementara keaktifan siswa mengalami kenaikan dari rata-rata 25 siswa pada siklus 1 (71,42%), menjadi rata-rata 32 siswa pada siklus 2 (94,28 %).
KATA KUNCI: Make a Match; Procedure Text; keaktifan belajar; keterampilan menulis.
IMPROVEMENT OF ENGLISH LEARNING ACTIVITY AND OUTCOMES WRITING COMPETENCY IN PROCEDURE TEXT THROUGH MAKE A MATCH LEARNING MODEL FOR STUDENTS CLASS IX STATE MTs 5 BRASS IN 2019/2020
ABSTRAK: This study aims to determine the increase in learning outcomes and student activeness in English learning competency in writing procedure text by applying the Make a Match learning model. The methodology used was the Classroom Action Research model of Kemis and Mc Tagart which was carried out in two cycles, each of which contained planning, action, observation, and reflection activities. Overall (two cycles) the results of this study were that the application of the Make a Match learning model succeeded in increasing the completeness of 2 students (5.71%) to 29 students (82.85%) or an increase of 27 students (77.14%). While student activeness has increased from an average of 25 students in cycle 1 (71.42%), to an average of 32 students in cycle 2 (94.28%).
KEYWORDS: Make a Match; Procedure Text; active learning; writing skills.Referensi
Agustien, Helena I.R. 2004. Bahan Pelatihan Terintegrasi Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi Bahasa Inggris SMP. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
Aqib, Zainal, 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Bima M, Bahtiar Dkk. 2005. Let’s Talk. Bandung. Pakar Raya.
Hananto, Senno. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Diunduh pada tanggal 14 Oktober 2015 dari http://www.scribd.com/
Hartono, Yuni. 2011. Student Performance Enhancing Efforts to Revealing Monologue in the Procedure Text Through the Demonstration Method in the Ninth Grade Students of SMP Negeri 1 Sumobito Jombang. Diunduh tanggal 14 Oktober 2015 dari http://www.scrib.com.
Hermawan. 2007. Pengertian Keaktifan Belajar Peserta Didik. Diunduh tanggal 12 Oktober 2015 dari http://www.buatskripsi.com.
Nasokha. 2011. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Recount Melalui Pembiasaan Menulis Diary Pada Kelas 8A SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Pedagogik. Vol. 5, No. 2, Mei 2011, hal. 33.
Sardiman. 2001. Aktivitas Belajar. Diunduh tanggal 13 Oktober 2015 dari http://www.buatskripsi.com.
Slamento. 1995. Pengertian Belajar. Diunduh pada tanggal 13 Oktober 2015 dari https://techonly13.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/.
Sudjana, Nana. 1988. Pengertian Belajar. Diunduh pada tanggal 13 Oktober 2015 dari https://techonly13.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/
Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang (Application of Cooperative Learning Model Type Make A Match to Enhance Quality of Learning Social. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2).
Masa, N., Murda, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18.
NAFIS, N. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas III MI Senden Kampak Trenggalek.
Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3).
Hikmawati, R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWAMENULIS TEKS PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(2)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.