FENOMENA BAHASA RESMI DALAM DOMAIN PENDIDIKAN

Nur Farida, Gigit Mujianto

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi tutur dalam pemakaian bahasa resmi pada domain pendidikan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tiga video dari situs jejaring youtube yaitu; Pertama youtube Mwira Albarizi yang berjudul Juara 2 Video Pembelajaran Bahasa Indonesia SMPN Banjit. Kedua, youtube SDN 1 Pringsewu Selatan yang berjudul Video Rapat Dewan Guru SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Ketiga, youtube Yoga 17 yang berjudul Contoh Video Negosiasi (Tugas Bahasa Indonesia) X MIPA 2. Data penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat yang diucapkan oleh penutur dan mitra tutur yang ada dalam tanyangan video. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak-cata. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu (1) penyajian data, (2) reduksi data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemakaian bahasa resmi pada domain pendidikan ditentukan dari tiga situasi yakni, hubungan peran, tempat peristiwa tutur, dan topik pembicaraan. Dalam pemakaian bahasa resmi pada domain pendidikan hubungan peran ini terjadi pada pendidik dengan peserta didik, kepala sekolah dengan dewan guru, dan antar teman. Tempat peristiwa tutur terjadi dalam domain pendidikan, seperti di dalam kelas, di ruang rapat, dan di lingkugan sekolah. Topik pembicaraan yang ditemukan sudah sesuai dengan pemakaian bahasa resmi dalam ranah pendidikan.

KATA KUNCI: Bahasa Resmi; Domain Pendidikan; Sosiolinguistik

 

THE OFFICIAL LANGUAGE PHENOMENON IN THE EDUCATION DOMAIN

 

ABSTRACT: This study aims to determine the situation of speech in the use use of official languages in the education domain. To fulfill that goal, this research uses descriptive research with a qualitative approach. The data source of this research is three videos from the youtube website namely; First, youtube  Mwira Albarizi entitled Juara 2 Video Pembelajaran Bahasa Indonesia SMPN Banjit. Second, youtube SDN 1 Pringsewu Selatan entitled Video Rapat Dewan Guru SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Third, youtube Yoga 17 entitled Contoh Video Negosiasi (Tugas Bahasa Indonesia)  X MIPA 2. The research data are in the form of  words and sentences spoken by speakers and speech partners in the video. The technique of collecting data is done by listening-note it. Data analysis techniques used in this study are; (1) presenting data, (2) data reduction, and (3) drawing conclusions. The results of this study indicate that the use of official language in the education domain is determined from three situations namely, the role relationship, the place off speech, and the topic conversation. In the use of official languages in the education domain this role relationship occurs in educators with students, principals with the teacher council, and between friends. The scene of the speech occur in the education domain, such as in classroom, in meeting rooms, and in school environments. The topic of conversation was found to be appropriate for the use of official languages in the education domain.

KEYWORDS: Official Language; Education Domain; Sociolinguistic

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4191



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]