PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBAWAKAN ACARA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GARAWANGI

Arja S.Pd

Abstract


Proses Pembelajaran berbicara secara realita sangat memprihatinkan karena masih banyak siswa yang pemalu, tidak berani tampil dan tidak percaya diri, padahal dilihar secara sepintas siswa tersebut mampu berbicara dengan suara nyaring namun bila disuruh maju untuk tampil mereka tidak berani, dari satu kelas yang berjumlah 30 orang yang memberanikan diri untuk tampil membawakan acara hanya 25 % atau 8 orang.

Berdasarkan pernyataan diatas, maka penulis berusaha dan berpikir mencari solusi pemecahannya untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis melakukan penelitian yang dilakukan di kelas VIII A dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran  Demonstrasi Untuk meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membawakan  Acara di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Garawangi†Tahun Pelajara2013/2014.

Dari data yang berupa angket diperoleh gambaran, bahwa pada umumnya siswa senang dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang bervariasi, sehingga mereka tidak lagi malu dan berani tampil didepan umum untuk membawakan acara.

Sesuai dengan tujuan yang dirumuskan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara dalam membawakan acara dan ternyata setelah dilakukan penelitian dapat dilihat dari data yang akurat terbukti dari perkembangan siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga meningkat dari 25 %, 60 % sampai 100 %.

Hasil akhir dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa, Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi dalam pembelajaran membawakan acara sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara.


References


Djoyosuroto, Kunayati, dan M. L. A. Sumaryati, 2000, Prinsip-prinsip Pendidikan Bahasa dan Sastra, Bandung: Nuansa.

Depdiknas, 2006, Standar Kompetensi Kurikulum Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdiknas.

Dr. H. Rahman, M. Pd., 2007, Model-model Mengajar Bahasa dan Pembelajaran Alaprint, Bandung: Jatinangor.

Hadi, sutrisno, 1975, Metode Reserch, Jilid 1, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muhajito, 2005, Model-model Penelitian Tindakan Kelas, Cirebon: Diklat PTK.

Muslich, Mansur, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Olii, Helena, 2008, Public Speaking, Jakarta: PT. Indeks.

Prof. Faturohman, Pupu, M. Sobari, Sutikno, M. Pd., Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: PT. Rafika Aditama.

Teiko, 2007, Teknik-teknik Membawa acara, Kuningan: Diklat MC.

User, Usman, 1996, Moh., Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v7i2.422



Copyright (c) 2017 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]