PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN HAL-HAL MENARIK DARI DONGENG YANG DIPERDENGARKAN MELALUI KERJASAMA KELOMPOK

Arja S.Pd

Abstract


Sebuah penelitian dilakukan untuk mencapai tujuan, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menemukan Hal-Hal Menarik Dari Dongeng Yang Diperdengarkan Melalui Kerjasama Kelompok agar memberikan manfaat bagi peneliti, siswa, dan sekolah.

Prosedur penelitian tindakan kelas terhadap pembelajaran mendengarkan dongeng telah peneliti lakukan sampai 2 (dua) siklus. Pada siklus pertama dirancang dari hasil refleksi kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sementara itu pada fase siklus ke dua dirancang dari hasil refleksi siklus pertama. Dengan cara demikian diharapkan pada siklus kedua seluruh siswa meningkat kemampuannya dalam mendengarkan dongeng dan menemukan hal-hal menarik melalui kerja sama kelompok.

Data yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan mendengarkan dongeng melalui kerja sama kelompok adalah data dari hasil kerja sama kelompok siklus pertama dan siklus kedua. Karena data tersebut berupa angka maka teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik kuantitif.

Hasil observasi ditemukan beberapa peningkatan keterampilan siswa sebagai berikut: Telah terjadi peningkatan keterampilan berfikir kritis ketika siswa ditugasi menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan. Rata-rata keterampilan mendengarkan pada siklus kesatu adalah 57 dan siklus kedua adalah 100.


References


Arikunti, S. 1998. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual. Depdiknas : Direktorat PLP

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasisi Sekolah, Pembelajaran dan Pengajaran Konyekstual. Depdiknas: Direktorat PLP

Muhadjir, N. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Munir,B (2001) Dinamika Kelompok.Jakarta : Universitas Sriwijaya

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam pengajaran bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE

Wardani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v7i2.423



Copyright (c) 2017 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]