STRATEGI KRITIK CERPEN “TELINGA” TERHADAP ORBA: MENINJAU STRUKTUR PRODUKSI DAN IDEOLOGI TEKS

Hadi Prasetyo

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi kritik cerpen “Telinga” karya Seno Gumira Ajidarma (SGA) terhadap rezim Orde Baru (Orba) Indonesia. Hal tersebut akan dijelaskan dengan cara meninjau struktur produksi dan ideologi teks cerpen “Telinga” karya SGA. Untuk menjelaskannya, penelitian ini menggunakan teori kritik sastra materialistis Terry Eagleton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode dialektika. Metode ini memungkinkan peneliti untuk menjelaskan ideologi teks sebagai produk pengolahan estetik atas struktur produksi pada masa Orba. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, cerpen “Telinga” sebagai kritik hadir dengan cara menerobos struktur produksi pada masa Orba yang selalu diatur oleh pemerintah. Struktur produksi pada masa Orba yang berkaitan dengan corak produksi umum didominasi oleh pemerintah. Segala bentuk produksi diatur sehingga muncul ideologi umum represif yang berada dalam naungan ideologi Pancasila. Hal tersebut memengaruhi corak produksi sastra yang dituntut untuk pro-pemerintah. Namun, ideologi kepengarangan SGA justru hadir sebagai bentuk resistensi kepada pemerintah sehingga ideologi estetik dalam cerpen “Telinga” berbentuk kontradiksi dengan ideologi umum pada masa Orba. Kedua, kritik cerpen “Telinga” diartikulasikan dengan ideologi teks yang hadir melalui simbol-simbol. Dalam manifestasinya, cerpen “Telinga” berhasil mengkritik Orba dengan cara menyampaikan fakta realitas tanpa harus digugat oleh pemerintah. Kritik tersebut pada gilirannya juga memanfaatkan narasi satire. Dengan demikian, cerpen “Telinga” sebagai kritik dinaturalisasikan melalui ruang estetik untuk mengungkap fakta yang dibungkam pada masa Orba.

KATA KUNCI: Struktur produksi; estetik; ideologi teks; Orde Baru (Orba); Terry Eagleton

 

 

 “TELINGA” SHORT STORY CRITICISM STRATEGY TOWARDS THE ORBA:

REVIEWING PRODUCTION STRUCTURE AND IDEOLOGY OF THE TEXT

 

ABSTRACT: This research aims to explain the strategy of “Telinga” short story by Seno Gumira Ajidarma (SGA) towards the Indonesian New Order (Orba) regime. It will be explained by reviewing the production structure and ideology of the text of “Telinga” short story by SGA. This research uses Terry Eagleton’s literature’s materialistic criticism theory. The method used in this research is the dialectical method. This method allows the researcher to explain the ideology of the text as a product of aesthetic processing of the production structure during the Orba era. The results showed the following. First, “Telinga” short story as a criticism comes by breaking through the production structure during the Orba era which was always regulated by the government. The production structure during the Orba era related to the general mode of production was dominated by the government. All forms of production are regulated in order that a repressive general ideology emerges under the auspices of the Pancasila ideology. This affected the literary mode of production which was demanded to support the government. However, the SGA’s authorship ideology actually exists as a form of resistance againts the government in order that the aesthetic ideology in “Telinga” short story contradicts the general ideology during the Orba era. Second, “Telinga” short story criticism is articulated with the ideology of the text which is present through symbols. In its manifestation, “Telinga” short story successfully criticizes the Orba regime by delivering reality-based fact without any accusation by government. The critic on its turn also applies satire narracy. Therefore, “Telinga” short story as criticism naturalized through an aesthetic space to reveal silenced fact during the Orba era.

KEYWORDS: Production structure; aesthetic; ideology of the text; New Order (Orba); Terry Eagleton


Full Text:

PDF

References


Ajidarma, S. G. (2010). Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara dalam Trilogi Insiden. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

__________. (2016). Saksi Mata. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Akbar, S. A. (2019). Kritik Sosial atas Rezim Orde Baru dalam Kumpulan Cerpen Penembak Misterius Karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Sosiologi Sastra Marx. Jurnal Fonema, 2(2), 114-131.

Alderson, D. (2004). Terry Eagleton. England: Palgrave Macmillan.

Bennet, T. (2003). Formalism and Marxism. London: Routledge.

Dewanto, N. (1993). Cerpen-cerpen Terbaik Kompas 1992. In Pelajaran Mengarang: Cerpen Pilihan Kompas 1993. Jakarta: Kompas.

Djunuhi, M. S. (2020). Strategi Produksi dan Struktur Ideologi dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban. Atavisme, 23(2), 175-188.

Eagleton, T. (1983). Function of Criticism. New York: Verso.

__________. (1998). Criticism and Ideology: A Research in Marxist Literary Theory. New York: Verso.

Faruk. (2010). Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

__________. (2015). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuller, A. (2011). Sastra dan Politik: Membaca Karya-karya Seno Gumira Ajidarma. Yogyakarta: INSIST Press.

Heryanto, A. (1990). State Ideology and Civil Discourse. In Arief Budiman (ed.), State and Civil Society. Clayton: Centre of Southeast Asian Studies.

Kurnia, S. S. (2002). Jurnalisme Sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maier, H. M. J. (1999). Flying a Kite: The Crimes of Pramoedya Ananta Toer. In Vicente L. Rafael (ed.), Figures of Criminality in Indonesia, the Philippines and Colonial Vietnam. Ithaca: Southeast Asia Program Publications.

Purnamawati, Z., Sangidu, Manshur, F. M., dan Dardiri, T. A. (2019). Ideologi Perlawanan dalam Antologi Puisi Fī Ṭarīqi Al-Fajri Karya Abdullah Al-Baradduni. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, 7(1), 72-89.

Rampan, K. L. (2001). Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Salam, A. & Akmal, R. (2014). Pahlawan dan Pecundang: Militer dalam Novel-novel Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Schwarz, A. (1994). A Nation in Waiting. St. Leonards: Allen & Unwin.

Sunanda, A. (2015). Pandangan Masyarakat tentang Sistem Kekuasaan Sosial dan Politik. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 27(2), 114-125.

Tempo, F. M. (2013). Kekerasan Personal dalam Cerpen “Jakarta, Suatu Ketika” Karya Seno Gumira Ajidarma. Jurnal Madah, 4(1), 25-36.

Turama, A. R. (2016). Representasi Kekuasaan Negara dalam Cerpen Seno Gumira Ajidarma Sebelum dan Sesudah Reformasi: Analisis Gramscian. Jurnal Logat, 3(1), 18-25.

Whitehead, John. (1977). Eagleton’s ‘Criticism and Ideology’. Oxford Literary Review, 2(2), 22-23.

Zamzuri, A. (2018) Cerpen “Matinya Seorang Penari Telanjang” Karya Seno Gumira Ajidarma dalam Perspektif Subjek Slavoj Žižek. Jurnal Aksara, 30(1), 1-16.

Daftar Laman

https://id.wikipedia.org/wiki/Seno_Gumira_Ajidarma. Diakses pada 4 Oktober 2020, pukul 19.45 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembantaian_Santa_Cruz. Diakses pada 22 Januari 2021, pukul 10.15 WIB.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4329



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]