FENOMENA DAN REALITAS SOSIAL BUDAYA SERTA NILAI-NILAI PADA CERITA RAKYAT CIREBON

yusida gloriani, Tri Pujiatna, Maya D. Kurnia

Abstract


ABSTRAK: Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk karya  sastra  lama, yaitu cerita dari  zaman  dahulu  yang  hidup di kalangan rakyat  dan  diwariskan secara lisan. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita rakyat berguna bagi kehidupan masyarakat sekarang ,di antaranya sebagai pembelajaran nilai-nilai karakter dan sebuah kekayaan budaya. Cerita rakyat pada masyarakat Cirebon sangat beragam, ada yang berkaitan dengan nama tempat atau disebut juga legenda, berkaitan dengan kepercayaan atau mite, berkaitan dengan sejarah, maupun berkaitan dengan kehidupan hewan atau fabel, dan lain-lain. Pesan-pesan dalam cerita rakyat ini jika dikaji dengan pendekatan sosiologi sastra akan terungkap misteri sejarah dan nilai-nilai kemasyarakatan yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut. Cerita rakyat Cirebon merupakan cerita yang tumbuh pada masyarakat Cirebon. Cirebon berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya. Masyarakat Cirebon memiliki pandangan hidup yang didasari dari implementasi adat istiadat yang didasarkan pada penjabaran hadis dan al-qur'an, di antara pandangan-pandangan hidup yang dipegang erat oleh masyarakat adat suku Cirebon yaitu "petatah-petitih" (pesan) dari Syekh Syarief Hidayatullah (Sunan GunungJati).

Kata Kunci: cerita rakyat; sosiologi sastra

 

PHENOMENCES AND SOCIAL-CULTURAL REALITY AND VALUES IN THE STORY OF THE CIREBON PEOPLE

ABSTRACT: Folklore is one form of old literary work, namely stories from ancient times that lived among the people and were passed down orally. The noble values contained in folklore are useful for the life of today's society, including learning character values and a cultural wealth. Folklore in Cirebon society is very diverse, some are related to place names or also called legends, related to beliefs or myths, related to history, or to the life of animals or fables, and others. The messages in this folklore, if studied with a sociological literary approach, will reveal the historical mysteries and social values contained in these folk tales. Cirebon folklore is a story that grows in Cirebon society. Cirebon is on the north coast of Java Island or what is known as the Pantura route that connects Jakarta - Cirebon - Semarang - Surabaya. The Cirebon people have a view of life which is based on the implementation of customs which is based on the translation of hadiths and the al-qur'an, among the views of life that are closely held by the Cirebon tribal people, namely "petatah-petitih" (message) from Syekh Syarief Hidayatullah (Sunan GunungJati).

        Keywords: folklore; sociology of literature


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. Retno W., dan Andayani, “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, ISSN: 1693-623X , Vol. 1 No. 1 Tahun 2013, hlm.54-68, http://jurnal.pasca.uns.ac.id )

Murpratama, Dian Ayu . “Aspek Sosial dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, ISSN: 0852 9604, Vol. 1, 2019, [email protected] ).

Ngangi, Charles R. (2011). Konstruksi Sosial dalam Realitas Sosioal. ASE 7(2) Mei 2011. Universitas Sam Ratulangi.

Nurhuda, J. Waluyo, dan Suyitno. “Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami serta Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di SMA”. Jurnal Ilmiah Didaktika, ISSN: 103-117, Agustus 2017,VOL. 18, NO. 1)

Salfia, Nining. (2015). Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro. Humanika 15(3) Desember 2015. Universitas Haluoleo.

Simbar, Frulydese K. Fenomena. (2016) Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Koota Manado. Jurnal Holistik.Tahun X No. 18/ Juli-Desember 2016

Suwardi. (2011). Bahan Kuliah Sosiologi Sastra. Yogyakarta. FBS UNY

Wikipedia. Etnis Cirebon. https://id.wikipedia.org/wiki/Etnis_Cirebon#Pandangan_Hidup_Suku_Cirebon

------------------ Kota Cirebon. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cirebon

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra: Teori dan Kajian terhadap Sastra Indonesia. Kanwa Publisher.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4502



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]