PENGEMBANGAN WEBSITE EDUCANDY SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V

Prabawati Nurhabibah, Fikriyah Fikriyah, Komala Dewi

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran interaktif berbasis Website Educandy, (2) kelayakan dari pengembangkan evaluasi pembelajaran interaktif berbasis Website Educandy. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Thiagarajan, juga dikenal sebagai model pengembangan 4-D. Tahap definisi, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap diseminasi adalah empat tahap Produk yang telah dikembangkan secara efektif sebagai hasil dari penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan produk evaluasi pembelajaran interaktif untuk pembelajaran bahasa di Kelas V. Berdasarkan uji kelayakannya oleh ahli media dan materi, validasi kelayakan dari validator ahli media diperoleh persentase validitas sebesar 86,67 persen, sedangkan kriteria sangat layak termasuk dalam hasil validasi kelayakan dari ahli materi I yang diperoleh persentase validitas sebesar 93,33 persen, dan kriteria sangat layak termasuk dalam hasil validasi kelayakan ahli materi II diperoleh persentase validitas sebesar 93,33 persen.

 

KATA KUNCI: Evaluasi Pembelajaran Interaktif, Website Educandy

DEVELOPMENT OF THE EDUCANDY WEBSITE AS A TOOL OF EVALUATION IN INDONESIAN LEARNING FOR CLASS V STUDENTS

ABSTRACT: This study aims to determine (1) the steps for developing an interactive learning evaluation based on the Educandy Website, (2) the feasibility of developing an interactive learning evaluation based on the Educandy Website. The development model used in this study is the Thiagarajan research and development model, also known as the 4-D development model. The definition stage, the design stage, the development stage, and the dissemination stage are the four product stages that have been developed effectively as a result of this research. This study resulted in an interactive learning evaluation product for language learning in Class V. Based on the feasibility test by media and materials experts, the validation of the feasibility of the media expert validator obtained a validity percentage of 86.67 percent, while the very feasible criteria were included in the feasibility validation results from the material expert. I obtained a validity percentage of 93.33 percent, and very feasible criteria included in the results of the validation of the feasibility of material experts II obtained a validity percentage of 93.33 percent.

KEYWORDS: Interactive Learning Evaluation, Educandy Website


References


Agustinasari, Susilawati, E., & Fitriati, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 273–280.

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021, 307–312. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/152

Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45288

Nurhabibah, P., Hanikah, H., & Widiawati, H. (2020). Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 257. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45284

Pratama, R. B., Fikriyah, & Titi, R. (2021). Pengembangan E-Modul Bemuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SDN 2 Waruroyom. Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 16.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4652



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]