DESAIN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENYIMAK BIPA “AKU SUKA INDONESIA”

Nadra Amalia, Muhammad Arifin

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, dimana kurikulum Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) diharapkan penutur asing yang belajar Bahasa Indonesia mudah mempelajari Bahasa Indonesia. Bahan ajar keterampilan menyimak BIPA ini berpusat kepada pengajar BIPA agar mudah mengajarkan bahasa Indonesia serta penutur asing yang diajarkan bahasa Indonesia dengan cepat mempelajari bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU dapat  menggunakan bahan ajar keterampilan menyimak Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dalam praktik pembelajaran BIPA dikelas ataupun secara daring dimasa pandemi saat ini. Oleh karena itu, bahan ajar keterampilan menyimak BIPA “Aku Suka Indonesia” dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari BIPA serta menjalin kerjasama yang baik antara dosen dan calon pengajar BIPA (mahasiswa).

Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif (mixed research). Metode pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes. Sedangkan teknik analisi data menggunakan model Miles &Huberman untuk data kualitatif dan uji statistik untuk data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama satu tahun dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) pendahuluan/survey meliputi; studi literatur, studi lapangan, mengumpulkan data. 2) analisis data, 3)mendesain model pembelajaran, 4) analisis model pembelajaran, 5)uji coba lapangan.

KATA KUNCI : bahan aja.r;, keterampilan menyimak; bahasa Indonesia untuk penutur asing

BIPA LISTENING SKILLS TEACHING MATERIAL DESIGN

 “AKU SUKA INDONESIA”

ABSTRACT: This research is motivated by the existence of a gap between expectations and reality, where the BIPA curriculum is expected for foreign speakers who learn Indonesian to learn Indonesian easily. This BIPA listening skill teaching material is centered on BIPA’s teachers so that it is easy to teach Indonesian and foreign speakers who are taught Indonesian quickly learn Indonesian. In addition, Indonesian language education students at FKIP UMSU can use teaching materials for Indonesian listening skills for foreign speakers (BIPA) in the practice of learning BIPA in class or online during the current pandemic. Therefore, teaching materials for BIPA listening skills "I Like Indonesia" can make it easier for students to learn BIPA and establish good cooperation between lecturers and prospective BIPA’s teachers (students). This research will be carried out by applying qualitative and quantitative methods (mixed research). Methods of data collection by observation, questionnaires and tests. While the data analysis technique uses the Miles & Huberman model for qualitative data and statistical tests for quantitative data. This research was conducted for one year with the following steps: 1) preliminary/survey includes; literature study, field study, collecting data. 2) data analysis, 3) designing learning models, 4) analysis of learning models, 5) field trials.

KEYWORDS: teaching materials;listening skills;Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

 


References


Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA MELALUI WAYANG KERTAS DI TK. 1(1), 1–6.

Fajarini, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPS. XIX(September), 1–55.

Imam. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS 1 MELALUI TEKNIK PERMAINAN PESAN BERANTAI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Imam. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 111–118.

Kurniasih, D., & Isnaniah, S. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 62. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793

Okitasari, I. (2019). Evaluasi laporan pelaksanaan tugas tenaga pengajar BIPA wilayah ASEAN 2 masa tugas 2015-2018. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 89. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1874

Rosdia. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 250–267.

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 62. https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.223




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]