PENERAPAN MODEL BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII H SMPN 21 KOTA MAKASSAR

munirah munirah, Akram Budiman Yusuf, Muhamad Dahlan, Tasmiah Tasmiah

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran berbasisi proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Pada studi awal, penelitian ini melibatkan mitra kerjasama guru Bahasa Indonesia SMPN 21 Kota Makassar untuk mendapatkan informasi terkait kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis teks prosedur dan tempat penelitian dalam menerapkan model pembelajaran berbasis Proyek. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan Langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VII H SMPN 21 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur meningkat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek.  Hasil penelitian data siklus I siswa kelas VII H SMPN 21 kota Makassar dengan pemberian uji test membuat teks prosedur dan pemberian skor. Dengan total skor keseluruhan siswa 4.051 dengan dua kali uji test.  Uji test pertama dengan nilai rata-rata 65,67 sedangkan nilai rata-rata uji test kedua 69,65 keseluruhan dari uji test pertama dan kedua yakni 67,51 dalam kategori cukup, sehingga dilakukan tahapan selanjutnya. Pada data siklus II siswa SMPN 21 kota Makassar dengan pemberian uji test membuat teks prosedur dan pemberian skor. Dengan total skor keseluruhan siswa 4.841 dengan dua kali uji test.  Uji test pertama dengan nilai rata-rata 78,28, nilai rata-rata uji test kedua 83,58. Total rata-rata keseluruhan, yakni 80,63 dalam kategori baik.

 

KATA KUNCI: Kemampuan Menulis; Model Berbasis Proyek; Teks Prosedur;

APPLICATION OF THE PROJECT-BASED MODEL IN IMPROVING PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS FOR CLASS VII H SMPN 21 MAKASSAR CITY

 

ABSTRACT: The purpose of this study was to improve the procedural text writing skills through the application of a project-based learning model. The research method used is quantitative and qualitative description. In the initial study, this research involved partners with Indonesian language teachers at SMPN 21 Makassar City to obtain information related to the conditions of Indonesian language learning in the aspects of procedural text writing skills and research sites in applying the Project-based learning model. The type of research is classroom action research with planning, implementation, observation, and reflection steps. The research subjects were students of class VII H SMPN 21 Makassar City. Data collection techniques were carried out through tests, observations and interviews. Data analysis techniques are qualitative and quantitative descriptions. The results showed that the procedural text writing skills were improved by applying the project-based learning model. The results of the research on data from the first cycle of class VII H SMPN 21 Makassar city by giving a test test to make a procedure text and give a score. With a total score of 4,051 students with two tests. The first test with an average value of 65.67 while the average value of the second test was 69.65 overall from the first and second tests, namely 67.51 in the sufficient category, so the next stage was carried out. In the second cycle of data, the students of SMPN 21 Makassar city by giving a test test made a procedure text and gave a score. With a total score of 4,841 students with two tests. The first test with an average value of 78.28, the second test average value of 83.58. The overall average total, which is 80.63 in the good category.

KEYWORDS: Project Based Model; Procedure Text; Writing Skills

References


Al Aliyah, O. I. (2017). Pengembangan Media Video SlideBerbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Bapala, 4(1).

Akhadiah, Sabarti.dkk .1997. Menulis. Jakarta: Depdikbud

Ariyatna, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).

-----------------------------.1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Chatarina, Y., Maridjo, A. H., & Sabri, T. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas V Sdn 01 Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2).

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114.

Junus, Andi Muhammad. 2011. Keterampilan Berbahasa Tulis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Junus, Andi Muhammad.2009. Pembentukan Kalimat Bahasa Indonesia. Cet.Ke 1.Makassar: Badan Penerbit UNM

Jabrohim. 2003. Metodologi Penelitian Sastra.Yokyakarta: Hanindita Graha Widya

Keraf, G.2010. Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Lestari, S. (2009). Upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan pendekatan kontekstual (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 815-820.

Margono. 2007. MetodelogiPenelitianPendidikan. Jakarta: RinekaCipta. Sudaryono.

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf.Ed.Cet 1.Yogjakarta: Deepublish

Mursalin, R. F., & Cahyani, I. (2018, November). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 1179-1190).

Parera, J Daniel. 1993 Sintaksis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Pratiwi, E., Sunarti, I., & Fuad, M. (2019). Pengembangan LKPD Menulis Cerita Fantasi Dengan Project Based Learning Untuk Siswa SMP. J-SIMBOL (Bahasa dan Sastra Indonesia), 7(2).

Sandy, F., & Kosasih, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUBANG. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2004. Keterampilan Dasar Menulis.Jakarta: Universitas Terbuka

Sundyana.2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VII SMP NEGERI 1 Tumi Jajar. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Suliani, Ni NyomanWetty. 2011. StrategiPembelajaranBahasadan Sastra Indonesia. Materi Ajar: Universitas Lampung.

Suprananto, Kusaeri. 2012. PengukurandanPenilaianPendidikan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia.Surakarta. UNS Press

Semi, M.Atar.1993. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis.Bandung: Angkasa

……………..1993. Metode Penelitian Sastra.Bandung: Angkasa

Sutikno, Sobry.2014.Metode Dan Model-Model Pembelajaran.Lombok: Holistica

Tarigan, Hendry Guntur.2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa

Tarigan, Guntur Henry. 1993. Strategi PengajarandanPembelajaran Bahasa.Bandung: Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Yusuf, A. B. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR. JURNAL KONFIKS, 4(1), 83-94.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4744



Copyright (c) 2021 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]