ASPEK LEKSIKO-GRAMATIKAL DALAM LAGU ANAK YANG BERMUATAN MULTIPLE INTELLIGENCE

Tri Agung Bayu Ambarsari, Eka Wijayanti, Ahmad Arif Kurniawan, Arti Prihatini

Abstract


ABSTRAK: Aspek leksikal dan gramatikal perlu dikuasai anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang Sekolah Dasar dengan memanfaatkan lagu anak berbasis multiple intelligence untuk mendukung perkembangan kompetensi kebahasaannya. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan tiga fokus penelitian, yaitu (1) aspek leksikal, (2) aspek gramatikal, dan (3) muatan multiple intelligence pada lagu anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan sistematik review dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Analisis data dilakukan secara komprehensif dan kritis terhadap data berupa hasil-hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek leksikal berupa sinonimi, antonimi, kolokasi, repetisi, dan kelas kata untuk memperkaya kosakata dan pengetahuan morfosemantis anak. Aspek gramatikal berbentuk referensi, elipsis, konjungsi, inversi, substitusi, dan pemasifan kata yang memperkuat pengetahuan morfosintaksis anak. Lagu anak-anak mengandung muatan multiple intelligence yang terwujud dalam aspek leksikal dan gramatikalnya, yaitu (1) kecerdasan matematis logis dalam penggunaan numeralia dan repetisi, (2) kecerdasan naturalis dalam penggunaan nomina, ajektiva, frasa preposisi serta kohesi leksikal (3) kecerdasan interpersonal dalam penggunaan pronomina, kolokasi, dan repetisi, (4) kecerdasan visual spasial dalam nomina, ajektiva, kolokasi, dan repetisi, (5) kecerdasan musikal dalam onomatopeia dan repetisi, (6) kecerdasan kinestetik dalam verba aksi dan repetisi, (7) kecerdasan intrapersonal dalam pronomina dan kolokasi, dan (8) kecerdasan linguistik dalam seluruh jenis kata dan kohesi leksikal.

KATA KUNCI: Aspek gramatikal; aspek leksikal; lagu anak; multiple intelligence; pembelajaran bahasa Indonesia

 

Lexico-Grammatical Aspects in the Nursery Rhymes Charged With Multiple Intelligence

 

ABSTRACT: Lexical and grammatical aspects need to be mastered by children in learning Indonesian at the elementary school level by utilizing children's songs based on multiple intelligence to support the development of language competence. This article aims to describe three research focuses, namely (1) lexical aspects, (2) grammatical aspects, and (3) multiple intelligence content on children's songs in Indonesian learning. This research is a systematic review with documentation data collection techniques. Data analysis is carried out comprehensively and critically of the data in the form of previous research results. The results showed that lexical aspects of synonyms, antonimi, collocation, repetition, and word classes to enrich the child's vocabulary and morphosemantic knowledge. Grammatical aspects are in the form of references, ellipsis, conjunctions, inversions, substitutions, and word aasifans that reinforce a child's morphospholithic knowledge. Nursery rhymes contain multiple intelligence charges manifested in their lexical and grammatical aspects, namely (1) logical mathematical intelligence in the use of numeralia and repetition, (2) naturalist intelligence in the use of nouns, ajecticoes, prepositional phrases and lexical cohesion (3) interpersonal intelligence in the use of pronomina, collocation, and repetition, (4) spatial visual intelligence in nouns, ajections, collocations, and reps, (5) musical intelligence in onomatopeia and reppetisi,  (6) kinesthetic intelligence in action verbs and reps, (7) intrapersonal intelligence in pronouns and colocations, and (8) linguistic intelligence in all types of words and lexical cohesion.

KEYWORDS: Grammatical aspects; lexical aspects; nursery rhymes; multiple intelligence; Indonesian learning

References


Afdhilla, A. B., & Mahendra, S. A. (2020). Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 8(1), 1–10.

Agustina, R. (2016). Aspek Leksikal Dan Gramatikal Pada Lirik Lagu Jika Karya Melly Goeslow. Bahastra, XXXVI(1), 97–106. https://doi.org/10.26555/bahastra.v36i1.5061

Aisyah, N. (2016). Pemakaian Repetisi Dalam Syair Lagu Minang Pada Dua Album Boy Shandy. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 187–200. https://doi.org/10.32528/bb.v1i2.396

Alfin, J. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia. LKiS, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i1.26

Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” II(2), 108–116. https://doi.org/10.30659/pendas.2.2.108-116

Alqahtani, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, 3(3), 21–34. https://doi.org/10.20472/TE.2015.3.3.002

Amilia, F. (2017). Sinonimi Dalam Bahasa Indonesia. Medan Bahasa, 11(2).

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November), 257–276.

Budianto, S. (2020). Pengkayaan Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Siswa Sd Melalui Lagu Anak-Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 67–72.

Caro, K., & Norte, U. (2017). Lexis , Lexical Competence and Lexical Knowledge : A Review. Journal of Language Teaching and Research, 8(2), 205–213. https://doi.org/10.17507/jltr.0802.01

Dewi, E. K. (2016). Pemanfaatan Lagu-Lagu Populer Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Tunas Siliwangi, 2(2), 18 – 25. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p18-25.331

Dewi, M. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” VII(1), 1–11. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Deyne, S. De, Kenett, Y. N., Anaki, D., Faust, M., & Navarro, D. (2017). Large-scale network representations of semantics in the mental lexicon. Frontiers of cognitive science, 174–202.

Fromkin, V., Rodman, R., & Hyams, N. (2018). An introduction to language. Cengage Learning.

Gutama, A. (2020). Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. VIRTUOSO (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 3(1), 23–32.

Hardiyanti, D., & Budiastuti, R. E. (2017). Penerjemahan Kolokasi pada Buku Bacaan Anak Dwibahasa. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan dan Budaya, 7(1), 52–69.

Hart, T. (2015). Language development in kindergarten students using melodic learning Let us know how access to this document benefits you - share your thoughts on our feedback form .

Hasanah, U. (2015). Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Perspektif Munif Chatib. Tarbawiyah, 12(2), 209–232.

HIDAYAH, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291

Inten, D. N. (2019). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4437

Ismiyatin, L., Purnomo, E. A. A., Andriana, M., Huda, M., & Waljinah, S. (2019). Pergeseran Aspek Pragmatis pada Lirik Lagu Anak Modern. 185–189.

Izar, J., Cintya, B., Teresia, M. A., Harianto, N., & Anggelina, F. (2020). Pemerolehan Kelas Kata Nomina Dan Verba Pada Anak Usia 3 Tahun Di Paud Az Zahra Jambi. Jurnal Raudhah, 8(1), 69–80. https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.587

Kamilah, S. (2019). Implementasi Pendekatan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Playgroup & Kindergarten Ananda Mentari Yogyakarta. Yinyang Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 14(2), 291–310. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp

Kusumawati, T. I. (2019). Numeralia Dan Adjektiva Dalam Bahasa Indonesia. Nizhamiyah, IX(1), 59–77. https://doi.org/10.30821/niz.v9i1.430

Lenny, N. (2015). Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3,4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Tunas siliwangi, 1(1), 13–30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89

Machu, M. (2019). Perbandingan Kelas Kata Bahasa Indonesia Dengan Bahasa Melayu Thailand Selatan. Edu-Kata, 6(1), 39–48.

Manaig, M. N., & Bellen, J. A. (2020). Using Familiar Melodies to Develop K- Learners ‟ Vocabulary. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, 7(3), 8–13.

Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VI(02), 635–643.

Miranti, I., Engliana, F. S., & Hapsari. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(2), 167–173.

Muali, C. (2016). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.33650/pjp.v3i2.119

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1, 64–74.

Nugraha, Y. W. A., & Sunaryo, I. (2016). Lagu Anak-Anak Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Paud Kelompok B. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugrahaningsih, Z. L. (2018). Peran Lirik Lagu Dalam Meningkatkan Komunikasi Verbal Pada Anak Austisitk di Sekolah Bina Anggita Yogykarta. promusika, 6(2), 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v6i2.2438

Prihatini, A. (2019). Semantic Network Of The Word Association In The Field Of Law. Litera, 18(3), 430–446. https://doi.org/10.21831/ltr.v18i3.26513

Rahyuni, R. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Matematis-Logis: Konstruk Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 17(1), 570–581. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i1.114

Ramadhani, D. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Anak Melalui Permainan Congklak Angka Di Tk It Permata Sunnah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Ridwan, A. (2016). Gramatikalisasi Verba Hein Dan Sein. Paramasastra, 3(1), 131–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/parama.v3n1.p%25p

Riwanti, D. W., Hardika, & Dayati, U. (2017). Pemahaman pendidik tentang makna lagu anak-anak sebagai pembentuk karakter anak usia dini. Ilmu Pendidikan, 2(2), 151–156. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p151

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.937

Rohmawati, N., Suharto, T., & Meikayanti, E. A. (2020). Analisis aspek gramatikal dan leksikal pada cerpen “filosofi kopi” karya dee lestari. 08.

Saihu, S., & Mailana, A. (2019). Teori Pendidikan Behavioristik Pembentukan Karakter Masyarakat Muslim Dalam Tradisi Ngejot Di Bali. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2233

Salim, M., Markali, A. G., & Wijaya, L. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Sinonimi Kata Kerja Dalam Kalimat Bahasa Tionghoa Pada Mahasiswa Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra. Century, 5(2), 30–46. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/century.6.2.30-46

Sari, I. P., & Setyorini, R. (2018). Aspek Gramatikal dan Leksikal Pada Lirik Lagu “Aku Cinta Allah” Grup Band Wali. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 129–133. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1040

Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana : Konsep, Teori, dan Aplikasi. 1–186.

Sidek, H., & Rahim, H. (2015). The role of vocabulary knowledge in reading comprehension: A cross-linguistic study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 50–56. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.046

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra, 2(1), 111–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/parama.v2n1.p%25p

Sudrajat, K. S. (2018). Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Dalam Kegiatan Pembelajaran Membaca Kelas 1 Di Mi Muhammadiyah Pk Kartasura. Por Ums, 123–132.

Ulfia, S. N. (2019). Pembelajaran Ekstrakurikuler Gerak Dan Lagu Frozen Sebagai Media Penanaman Kecerdasan Interpersonal Siswa Paud Aisyiyah. Doctoral dissertation, UNNES.

Umiyati, M. (2015). Prototipe Semantis Adjektiva Bahasa Indonesia: Kendala Dan Keunikannya. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 61–80. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.1.1.13.61-80

Wahyudi, D., & Alafiah, T. (2016). Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tuti Alafiah. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 255–282. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v8i2.

Wiyadi, M., & Markhamah, M. (2017). Makna Adverbia Penanda Aspek, Sangkalan, Dan Jumlah Pada Teks Terjemahan Alquran (TTA). Doctoral dissertation.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5085



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]