PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBEL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA MURID SEKOLAH DASAR

Nur Islamiyah, Sitti Aida Aziz, Tarman Tarman, Nadira Nadira, Aziz Thaba

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif scramble berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia siswa SD Islam Terpadu Al-Fatih di Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep. Ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas II di SD Islam Terpadu Al-Fatih. Pengumpulan data menggunakan teknik jurnal dan tes. Data dianalisis dengan teknik parametrick test dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian membuktikan bahwa besarnya nilai Fhitung = 16,875 dan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 3,52 dan 1% = 5,93, ini berarti Fhitung ≥ F tabel baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%, maka Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan murid kelas II di SD Islam Terpadu Al-Fatih, Kabupaten Pangkep.

KATA KUNCI: Alih Kode; Campur Kode; Bahasa.

 

THE INFLUENCE OF PUZZLE-ASSED MEDIA SCRAMBEL COOPERATIVE LEARNING MODEL ON READING ABILITY IN INDONESIAN LANGUAGE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL, PANGKAJENE DISTRICT, PANGKEP REGENCY

 

ABSTRACT: The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of the scramble cooperative learning model assisted by puzzle media on the pre-reading ability of Indonesian students of Al-Fatih Integrated Islamic Elementary School in Pangkajene District, Pangkep Regency. This is an experimental research with one group pretest-posttest design. The sample of this research is the second grade students at SD Islam Terpadu Al-Fatih. Data collection using journal techniques and tests. Data were analyzed using parametrick test techniques using descriptive and inferential statistical techniques. The results prove that the value of Fcount = 16.875 and Ftable value at the significance level of 5% = 3.52 and 1% = 5.93, this means that Fcount ≥ F table is good at the 5% and 1% significance levels, then Ho is rejected, which means There is a significant effect of the application of the cooperative learning model assisted by puzzle media on the beginning reading ability of grade II students at SD Islam Terpadu Al-Fatih, Pangkep Regency.

KEYWORD: Code Switching; Code Mixing; Language.

References


Brata. 2009. “Keterampilan Membaca”. Diakses dari http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2010/03/keterampilan-membaca.html.

Cahyo, Ungki Dwi. 2012. ”Penerapan Media Puzzle Picture pada Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang”. Jurnal Online. Vol. 1, No. 1.

Ekasari. 2013. ”Tingkat Kebermaknaa Media Puzzle dalam Pembelajaran Membaca Permulaan”. Jurnal Metalingua. Volume 3, Nomor 1, hal. 16-27.

Yuniawati, R. 2008. Pelatihan Bermain Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas I SD di Kabupaten Semarang. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Solchan, T. W, Mulyati, Y., Syarif, M., Yunus, M., Werdiningsih, E. & Pramuki, B. E. 2010. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saroh, Eneng Ros Siti dan Damaianti, VIsmaia.S. 2016. “Pengaruh Teknik Scramble Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok dan Memparafrase dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman”. Jurnal Pendidikan Dasar | ISSN 2085-1243 Vol. 8. No.2 Juli 2016 | Hal 144-151.

Rahmat, Acep saeful. 2017. “Pengaruh Metode Sramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD”. Indonesian Journal of Primary Education Vol. 1, No. 2 (2017) 70-76 ISSN: 2597-4866.

Masnati, Masnati. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 020 Tembilahan Hilir”. Jurnal Pajar Vol 1 No.2.

Ratnasari, Prihanti Ika. 2013. ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri melalui Metode Bermain Puzzle pada Kelompok A TK Dharma Wanita Bengle Kecamatan Wonosegoro Boyolali”. Skripsi. IKIP PGRI Semarang.

Estiyani, Fitriya. 2013. “Keefektifan Penggunaan Media Puzzle Huruf dalam Pembelajaran terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Kelas II di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yanti, Nelda. 2014. ”Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Ratusan melalui Media Puzzle Mistar Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 3, No. 3.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5280



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]