KOHESI GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL TEKS BERITA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MEDIA SOSIAL KOMPAS.COM

Amora Dyah Megayatma, Dini Restiyanti Pratiwi

Abstract


Teks berita berisi tentang suatu peristiwa yang sedang terjadi sehingga bahasa yang digunakan harus informatif agar dapat dipahami oleh pembaca. Sementara itu, penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk penerapan kohesi gramatikal dan leksikal pada teks berita pembelajaran tatap muka di media sosial Kompas.com pada periode bulan Agustus dan Oktober 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selain itu, objek dari penelitian ini adalah media sosial Kompas.com serta subjeknya adalah teks berita pembelajaran tatap muka yang mengandung kohesi gramatikal dan leksikal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan catat. Sementara itu, analisis data yang digunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan berupa teknik lesap dan ganti. Hasil penelitian ditemukan 100 data pada kohesi gramatikal dan leksikal. Data tersebut terdiri dari 39 kohesi gramatikal dengan uraian 10 referensi, 9 subsitusi, 7 elipsis, dan 13 konjungsi. Sementara itu, kohesi leksikal berjumlah 61 data dengan uraian 10 repetisi, 10 sinonim, 10 antonim, 10 hiponimi, 12 kolokasi, dan 9 ekuivalensi. Berdasarkan data yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa penanda kohesi gramatikal dengan jumlah terbanyak yaitu konjungsi. Sementara itu, pada kohesi leksikal data terbanyak terdapat pada kolokasi. Setiap kohesi gramatikal maupun leksikal yang ada pada teks berita terkait pembelajaran tatap muka di Kompas.com mampu menjadikan wacana menjadi padu serta makna atau isi berita dapat dipahami dan tersampaikan kepada pembaca berita.

KATA KUNCI: Gramatikal; kohesi; dan leksikal.

Teks berita berisi tentang suatu peristiwa yang sedang terjadi sehingga bahasa yang digunakan harus informatif agar dapat dipahami oleh pembaca. Sementara itu, penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk penerapan kohesi gramatikal dan leksikal pada teks berita pembelajaran tatap muka di media sosial Kompas.com pada periode bulan Agustus dan Oktober 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selain itu, objek dari penelitian ini adalah media sosial Kompas.com serta subjeknya adalah teks berita pembelajaran tatap muka yang mengandung kohesi gramatikal dan leksikal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan catat. Sementara itu, analisis data yang digunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan berupa teknik lesap dan ganti. Hasil penelitian ditemukan 100 data pada kohesi gramatikal dan leksikal. Data tersebut terdiri dari 39 kohesi gramatikal dengan uraian 10 referensi, 9 subsitusi, 7 elipsis, dan 13 konjungsi. Sementara itu, kohesi leksikal berjumlah 61 data dengan uraian 10 repetisi, 10 sinonim, 10 antonim, 10 hiponimi, 12 kolokasi, dan 9 ekuivalensi. Berdasarkan data yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa penanda kohesi gramatikal dengan jumlah terbanyak yaitu konjungsi. Sementara itu, pada kohesi leksikal data terbanyak terdapat pada kolokasi. Setiap kohesi gramatikal maupun leksikal yang ada pada teks berita terkait pembelajaran tatap muka di Kompas.com mampu menjadikan wacana menjadi padu serta makna atau isi berita dapat dipahami dan tersampaikan kepada pembaca berita.

KATA KUNCI: Gramatikal; kohesi; dan leksikal.


References


Anjani, E. A. (2013). Kohesi Dan Koherensi Wacana Stand Up Comedy Prancis dan Indonesia. Jurnal Kawistara, 3(3). https://doi.org/10.22146/kawistara.5223

Ardiyanti, D. &, & Ririn Setyorini. (2019). Kohesi Gramatiakl dan Kohesi Leksikal dalam Cerita Anak Berjudul Buku Mini Dea karya Watiek Ideo dan Yuli Rahmawati. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 7–13.

Azis, A. W. (2015). Pemarkah Kohesi Leksikal Dan Kohesi Gramatikal. Dialektika: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 1(1), 72–86. http://dialektika.scienceontheweb.net/index.php/TIKA/article/view/20

Dwinuryati, Y., Andayani, A., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p61-69

Karyati, Z. dan R. (2020). Kohesi Gramatikal Konjungsi dalam Novel Sang Pemimpin: Sebuah Analisis Wacana. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Mahajani, T., Suhendra, & Nurlihayati, N. (2021). Analisis Penggunaan Kohesi Gramatikal Pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(02), 97–102. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Mandowen, K. Y. (2016). Kohesi Gramatikal “Referensi” dalam Wacana MOP Melayu Papua pada Rubrik Breakboss Surat Kabar Harian Cendrawasih Pos. MELANESIA: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra Dan Bahasa, 01(01), 51–76.

Marlina, Y., Sumarti, & Sunarti, I. (2015). Perspektif Wartawan dan Guru Bahasa Indonesia terhadap Paragraf Teks Berita Line Today. Jurnal Kata, 53(9), 1689–1699.

Muhyidin, A. (2021). Kajian Kohesi Gramatikal Subtitusi dan Elipsis dalam Novel Khotbah di Atas Bukit Karya Kuntowijoyo. Deiksis, 13(2), 110. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.7771

Nurfidah. (2020). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia terhadap Kohesi Leksikal dalam Teks Cerpen. BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan Dan Sastra, 01(01), 23–31.

Perangin-angin, L. L. K., & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 737. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.210

Pernando, E., & Rahima, A. (2017). Analisis Kohesi Leksikal dalam Majalah Patriotik LPM Universitas Batanghari Edisi XVI Juli—September 2016. Jurnal AKSARA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–10.

Pitoyo, A. (2021). Ragam Kohesi Leksikal Pada Rubrik Pembaca Menulis Koran Jawa Pos. Efektor, 8(1), 59–68. https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15868

Putri, R. A., Anwar, M., & Ansoriyah, S. (2020). Penyebab Kesalahan Kohesi Leksikal dan Grmatikal dalam Karangan Eksposisi Siswa. Deiksis, 12(02), 206. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.4204

Rohmawati, Siti., Firman Susilo, A. S. (2013). Kohesi leksikal kolom “Opini” oleh Aswandi dalam Surat Kabar Pontianak Post Edisi Juli-Desember 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8), 1–10.

Sanajaya, S., Saragih, G., & Restoeningroem, R. (2021). Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Kumpulan Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(03), 261. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8230

Septianingrum, N. P., & Sabardila, A. (2017). Piranti Kohesi Gramatikal Dan Leksikal Pada Wacana Rubrik “Selebritas” Dalam Majalah Femina Sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Narasi. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 88. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5194

Sriani, I. &, & Sri, A. (2016). Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Wacana Iklan Aqua pada Media Sosial. Kansasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–23.

Suhendra, S., & Patriani, A. (2021). Analisis Penggunaan Kohesi Leksikal pada Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 1(1), 14–22.

Tonang, R. H. (2020). Kohesi Leksikal Pada Surat Kabar Sulteng Raya. Bahasa Dan Sastra, 5(2). https://core.ac.uk/download/pdf/289713704.pdf

Veddayana, C., Anita, F., & Prayoga, R. S. (2021). Kohesi pada Teks Biografi Siswa SMK Kelas XI. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 135–144. https://doi.org/10.32528/bb.v6i1.3916

Wahyuni, S., Zanah, S., & Wiratno, T. (2018). Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Kumpulan Jokes “The God Loves Golfers” karya Ray Foley. 3, 130–138.

Widiatmoko, W. (2013). Analisis Kohesi Dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional Di Majalah Online Detik. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1–7.

Winita, S., & Ramadhan, S. (2020). Kohesi Gramatikal Referensi Dalam Koleksi Cerita Pendek Kompas. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 19(2), 220–233. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24787

Wiyanti, E. (2016). Kajian Kohesi Gramatikal Substitusi Dan Elipsis Dalam Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 188. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4481




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5447



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]